Sukses

10 Pebisnis Wanita Paling Berpengaruh Di Dunia (1)

Majalah Fortune merilis daftar 50 wanita paling berpengaruh di dunia tahun 2013.

Majalah Fortune merilis daftar 50 wanita paling berpengaruh di dunia tahun 2013. Tim editor majalah Fortune memilih  wanita dalam daftar `The Most Powerful Women in Business` tersebut berdasarkan empat kriteria.

Seperti dilansir dari CNN Money, Jumat (11/10/2013), kriteria pertama, para pebisnis wanita dinilai berdasarkan peran dan pengaruhnya terhadap ekonomi global.

Kriteria kedua, bisnis yang dipimpinnya harus berjalan sehat dan terarah. Berikutnya yang ketiga, karir yang ditempuhnya dan biodata pebisnis-pebisnis wanita di seluruh dunia. Terakhir yang menjadi penilaian Fortune adalah pengaruh sosial budaya yang diberikannya.

Dari 50 pebisnis wanita paling berpengaruh di dunia, ada satu nama yang sangat familiar di telinga warga Indonesia, Karen Agustiawan.

Presiden Direktur dan CEO Pertamina ini menempati posisi ke-6 di dunia sebagai wanita yang paling berpengaruh. Loncatan besar dilakukannya mengingat di tahun sebelumnya, Karen hanya berada di posisi ke-19. 

Berikut daftar lengkap 10 pebisnis wanita paling berpengaruh di dunia, yakni:


1. Maria das Gracas Foster

Peringkat sebelumnya: 1
Usia: 60 tahun
Jabatan: CEO Petrobas
Negara asal: Brasil

Wanita sukses asal Brasil ini berhasil mempertahankan posisinya tahun lalu dan tetap berada di peringkat pertama deretan wanita pebisnis paling berpengaruh di dunia.

CEO dengan dua anak ini juga menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes dan bertengger di posisi ke-18 tahun ini.

Karirnya diawali saat ia bergabung dengan perusahaan minyak besar milik negara Petrobas pada 1981 sebagai teknisi kimia.

Pada 2012, Petrobas yang dipimpinnya memproduksi sekitar 2 juta barel minyak mentah setiap harinya. Wanita tangguh ini memimpin perusahaan dengan pendapatan US$ 144,1 miliar.

2. Guler Sabanci

Peringkat sebelumnya: 6
Usia: 58 tahun
Jabatan: Chairman dan Managing Director Sabanci Holding
Negara asal: Turki

Naik empat peringkat, tahun ini Guler Sabanci berhasil menembus tiga besar dan berada di posisi kedua sebagai pebisnis wanita paling berpengaruh di dunia.

Dia adalah wanita pertama  dari tiga generasi yang berhasil memimpin perusahaan milik keluarga Sabanci Holding.

Saat ini pendapatan perusahaan yang dikelolanya tersebut berhasil mencapai US$ 14,6 miliar, membuat Sabanci Holding menjadi perusahaan terbesar kedua di dunia. Hingga diusianya yang ke-58 tahun saat ini dia masih berstatus single.

Sabanci memulai karirnya di perusahaan tersebut sejak lulus kuliah. Saat itu dia masih berusia 23 tahun. Karirnya berkembang pesat, dia dengan mudah memegang berbagai jabatan penting di kantornya.

3. Gail Kelly

Peringkat sebelumnya: 2
Usia: 57 tahun
Jabatan: CEO dan Managing Director Westpac
Negara asal: Australia

Pebisnis yang memiliki empat anak ini harus turun satu peringkat ke posisi ketiga wanita paling berpengaruh di dunia.

Kelly memang memiliki banyak prestasi. Dia bahkan pernah mengejutkan banyak orang saat berhasil memenuhi targetnya dan membuat 40% komposisi posisi manajerial di Westpac diisi wanita.

Sebagai pemimpin, dia terkenal dengan gayanya yang tanpa basa-basi dan konsisten. Kelly memimpin 36 ribu karyawan di perusahaan yang berpendapatan hingga US$ 43,9 miliar tersebut.

Sebagai CEO dia belajar untuk menempatkan karyawan pada posisi yang sesuai dengan kapasitasnya. Pendapatan bank tersebut meningkat hingga 10%  pada kuartal II tahun ini.

4. Chanda Kochhar

Peringkat sebelumnya: 5
Usia: 51 tahun
Jabatan: CEO dan Managing Director ICICI Bank
Negara asal: India

Berhasil naik satu peringkat, kali ini CEO dan Managing Director ICICI Bank Chanda Kochhar berada di posisi ke-4 dunia.

Meskipun di awal tahun ekonomi India sempat melambat namun Konchhar sukses memimpin bank swasta terbesar di negaranya tersebut.

Wanita pertama yang menjadi CEO di bank India tersebut mengelola aset senilai US$ 93 miliar dan 3.100 cabang di 19 negara.

Pendapatan perusahaan di tangannya berhasil mencapai US$ 13, 1 miliar. Dalam setahun, laba bank meningkat hingga 25%.

5. Annika Falkengren

Peringkat sebelumnya: 9
Usia: 51 tahun
Jabatan: Presiden dan CEO SEB
Negara asal: Swedia

Sebagai pemimpin di bank SEB Annika Falkengren merupakan satu-satunya CEO wanita di Swedia. Dia bekerja dengan tiga wanita lainnya.

Sementara itu, hampir setengah jumlah perusahaan yang berada di Swedia sedikitnya memiliki tiga wanita dalam dewan direksinya.

Di negaranya, setiap perusahaan harus menunjuk satu wanita untuk menjadi bagian dari dewan direksi. Karir Falkengren lebih baik dari yang lainnya, terbukti dia menjadi salah satu wanita paling berpengaruh di dunia untuk urusan bisnis.

Ingin tahu 5 pebisnis wanita paling berpengaruh di dunia lainnya?, baca kelanjutannya di artikel berikutnya. (Sis/Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.