APEC Takkan Bahas Isu Shutdown AS

Oleh Siska Amelie F Deil pada 03 Okt 2013, 21:39 WIB
Diperbarui 03 Okt 2013, 21:39 WIB
ekonomi-amerika-130825b.jpg
Perbesar
Ketua APEC Business Advisory Council (ABAC) Indonesia Wishnu Wardhana menegaskan isu penghentian operasional pemerintah (shutdown government) Amerika Serikat (AS) tidak akan menjadi bahasan dalam konferensi tingkat tinggi APEC yang digelar di Bali kali ini.

"Krisis yang di Amerika itu isu domestik, tidak dibahas di APEC," ujar Wishnu saat ditemui usai konferensi press di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kamis (3/10/2013).

Meski tak terlalu berpengaruh signifikan pada perekonomian nasional, Wisnu berharap pemerintah tetap menyiapkan sejumlah kebijakan untuk menghadapi isu shutdown AS tersebut.

"Apapun yang terjadi di Amerika pasti berdampak pada negara kita. Tapi dampaknya kecil terhadap ekonomi Indonesia," ujarnya.

Wishnu mengungkapkan, APEC kali ini juga akan menggelar pertemuan para delegasi pengusaha dari negara-negara di Asia Pasifik. Para pebisnis akan fokus membahas kemakmuran masyarakat Asia Pasifik di masa depan. Selain itu, para pengusaha bakal memikirkan persoalan ketahanan pangan dan energi yang saling berkaitan.(Sis/Fik/Shd)