Sukses

Kembalikan Uang Rp 454 Juta, Gelandangan Diganjar Rp 780 Juta

Hidup di tengah kemiskinan tak membuat Glen James, gelap mata saat menemukan tas berisi uang tunai dan cek Rp 454,48 juta.

Hidup di tengah kemiskinan tak lantas membuat Glen James, gelandangan asal Boston, gelap mata saat menemukan tas berisi uang tunai dan cek senilai total US$ 41.900 atau setara Rp 454,48 juta. Pria ini justru memilih mengembalikan tas tersebut pada pihak berwenang.

Seperti diberitakan Liputan6.com, pada Selasa (17/9/2013) lalu. James menemukan tas berisi uang tunai berjumlah US$ 2.400 atau setara Rp 27,31 juta dan cek senilai US$ 39.500 (Rp 449,51 juta) serta sejumlah paspor dan berkas pribadi.

Ternyata kebaikan hati berbuah manis bagi dirinya. Perbuatan James menyentuh banyak orang yang lantas berinisiatif mengumpulkan dana amal baginya.

Seperti melansir Business Insider, Kamis (19/9/2013), aksi mulia James ini mengundang perhatian karyawan perusahaan pemasaran Ethan Whittington. Pria berusia 27 tahun ini yakin bahwa James patut menerima ganjaran yang setimpal atas kebaikannya.

Whittington yang tak punya hubungan keluarga dengan gelandangan itu lalu mulai mengumpulkan dana amal lewat GoFundMe.com. Dia menargetkan untuk mengumpulkan dana sebesar US$ 50.000 atau Rp 542,35 juta untuk James.

Siapa sangka, baru sehari dimulai, dana yang terkumpul sudah mencapai lebih dari US$ 72 ribu atau setara Rp 780,98 juta.

"Kisah James sangat menginspirasi saya. Terlalu banyak berita negatif selama ini. Dan James memberikan harapan bagi banyak orang  untuk mengetahui bahwa dunia bukan tempat yang buruk," jelas Whittington.

Hampir 30 ribu orang mendonasikan uangnya dengan rata-rata US$ 25 per individu. Whittington masih berusaha mencari tahu cara untuk memberikan uang tersebut pada James dan memastikan dana amal tersebut bermanfaat bagi hidup James.

Aksi amal ini bukan hanya tentang uang. Menurut pernyataan Whittington di situs GoFundMe, banyak orang yang juga menyumbangkan pakaian, makanan dan komputer untuk James.

Sebuah perusahaan yang enggan menyebutkan namanya bahkan menawarkan James pekerjaan dan menawarkan bimbingan penggunaan dana amal tersebut.

Whittington pertama kali bicara dengan James kemarin. Suara pria berhati mulia itu terdengar sangat bahagia.  Namun James masih mencemaskan publisitasnya terkait dana amal yang diterimanya.(Sis/Nur)

Baca juga:

Gelandangan Kembalikan Tas Temuan Berisi Cek Rp 449,51 Juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini