Sukses

Perajin Tahu Tempe Siap Akhiri Mogok Lebih Cepat, Asalkan..

Perajin tahu tempe menyatakan siap mengakhiri aksi mogok produksi sebelum tanggal yang telah ditentukan jika pemerintah memenuhi syaratnya.

Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptindo) menyatakan siap mengakhiri aksi mogok produksi sebelum tanggal yang telah ditentukan bila pemerintah bisa segera menurunkan harga jual kedelai yang saat ini sudah mencapai kisaran Rp 9.400 hingga Rp 10.000 per kilogrma (kg).

Ketua Umum Gakoptindo Aip Syarifuddin mengatakan hal itu dilakukan bila harga kedelai telah turun pada Selasa (10/11/2013) ini atau Rabu (11/9/2013) esok. Asosiasi siap menyebarkan edaran kepada anggotanya untuk berhenti melakukan aksi mogok produksi.

"Kami segera ekspose bikin edaran ke seluruh pengrajin dan anggota lain diseluruh Indonesia adalan harga kedelai sekian (kalau sudah turun). Itu kalau kami cocok (dengan harga), maka kami akan mohon mogok produksinya distop," ujar dia seperti ditulis Selasa (10/9/2013).

Aip menilai harga kedelai ideal bagi para perajin berkisar Rp 7.700 sampai maksimal Rp 8.500 per kg. Hal tersebut mengacu pada harga bulan Juli yang mencapai Rp 7.450 per kg ketika dolar belum menyentuh angka Rp 11.000. "Jadi kalau naik ya jangan terlalu tinggilah. Mogok juga yang rugi kami sendiri," lanjutnya.

Sedangkan mengenai harga jual perajin (HJP) kedelai yang dihapuskan, Aip meminta pemerintah untuk mengkaji ulang penghapusan tersebut.

Menurut dia, HJP tersebut harus tetap ada dengan mengacu pada beberapa faktor seperti kurs dolar, jumlah produksi dalam negeri, distribusi, serta harga BBM. "Jadi saya minta diatur lagi oleh pemerintah. Itu kita rundingkan, sepanjang (HJP) masuk akal, kita setuju," tutur dia.

Saat ini jumlah perajin tempe tahu yang tercatat menjadi anggota Gapkindo mencapai 115 ribu pengrajin yang 90% diantaranya memerlukan kedelai paling tidak sebanyak 100 kg per hari untuk produksi dan 10% sisanya memerlukan kedelai diatas 200 kg. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini