Sukses

Lahan Pertanian Kian Susut, RI Sulit Capai Swasembada Pangan

Menteri Pertanian Suswono mengakui beratnya menciptakan swasembada pangan untuk penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa.

Menteri Pertanian Suswono mengakui beratnya menciptakan swasembada pangan untuk Indonesia yang berpenduduk 250 juta jiwa ini. Hal ini dikarenakan banyaknya penyempitan lahan tanam yang setiap tahun semakin berkurang.

"Jadi kita memang untuk mencapai swasembada tantangannnya berat, karena terutama soal lahan yang semakin susut luar biasa, khususnya di Jawa yang selama ini menjadi andalan,"ungkapnya yang ditulis, Jumat (6/9/2013).

Selain lahan yang menjadi kendala utama, faktor iklim dan dukungan anggaran dinilai juga masih sangat kurang memadai. Kendala lainnya yang membutuhkan tambahan adalah untuk pembuatan dan perbaikan irigasi. Sebagian besar irigasi ke area-area perkebunan dan persawahan sudah mengalami kerusakan.

"Kemudian juga irigasi, irigasi yang rusak 52% ini membutuhkan anggran perbaikan Rp 21 triliun, ini cukup besar, anggran yang ada masih sangat kecil,"tegasnya.

Namun sebagai orang nomor 1 di Kementerian Pertanian ini, Suswono mengaku akan berusaha semaksimal mungkin dan mengefektifkan anggaran untuk mencapai target swasembada hingga akhir tahun 2013.

"Kalau memang akhirnya tidak tercapai, tentu kami harus memberikan setidak tidaknya alasan yang bisa diterima, yang kuat, untuk bisa menjadi bahan perbaikan bagi pemerintahan yang akan datang. Tapi kita masih berharap dan optimal target akan kita terus upayakan," pungas Suswono. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini