Sukses

Harga Cabai Rawit dan Bawang Merah Terus Turun

Pedagang sayur mayur merasakan betul penurunan harga yang terjadi pada cabai rawit merah dan bawang merah.

Pedagang sayur mayur merasakan betul penurunan harga yang terjadi pada cabai rawit merah dan bawang merah. Pasalnya harga dua komoditas pangan ini sempat membumbung tinggi saat mendekati lebaran.

Apik (31), pedagang sayur di Pasar Senen mengaku, harga cabai rawit merah sudah menyusut cukup signifikan dari Rp 85 ribu per kilogram (kg) saat H-2 lebaran menjadi Rp 60 ribu per kg saat ini.

"Pernah harga cabai rawit merah mencapai titik tertinggi sampai Rp 100 ribu per kilo sepekan sebelum lebaran. Tapi kondisi ini terjadi selama dua hari saja, lalu turun ke Rp 80 ribu per kg," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (15/8/2013)   

Meski begitu, sambung dia, penjualan cabai rawit merah tetap stabil karena adanya kebutuhan dari masyarakat saat hari raya. Aris mengaku, pihaknya bisa menjual cabai rawit merah sampai 10 kg setiap harinya.

"Pembeli biasanya beli cabai ketengan, gak langsung satu kilo. Karena mereka juga senang dengan kualitas cabai lokal jadi kami di Pasar Senen tidak ada yang menjual cabai impor," paparnya.  

Sementara itu, Aris juga mengatakan, harga bawang merah kini sudah berada di kisaran Rp 50 ribu-Rp 55 ribu per kg. "Memang masih jauh dari harga normal yang hanya Rp 15 ribu per kg. Tapi harga saat ini sudah turun dibandingkan dua hari sebelum lebaran yang mencapai Rp 60 ribu per kilo," tandasnya. (Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini