Sukses

Dapat Subsidi, Tarif KRL Takkan Naik Paling Tidak Sampai 2014

Menteri Perhubungan memastikan tarif KRL takkan naik paling tidak sampai 2014. Hal ini dikarenakan adanya alokasi dana subsidi tarif KRL.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan memastikan tarif kereta api listrik (KRL) tidak akan mengalami kenaikan paling tidak sampai akhir 2014. Alasannya, pemerintah telah menetapkan angkutan KRL sebagai moda transportasi yang mendapatkan alokasi dana Public Service Obligation (PSO).

"Kalau sampai akhir tahun ini biaya KRL tidak akan mengalami kenaikan, karena sampai akhir tahun 2013 sudah ada pemberian subsidi untuk KRL," ujar Mangindaan ketika ditemui sebelum menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Mangindaan menjelaskan, untuk pemberian PSO di tahun 2014, dananya sudah disediakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014. Untuk angka subsidi KRL tersebut, beliau tidak bisa menjelaskan secara detail.

"Kami sudah dijanjikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri, bahwa kami pasti diberikan PSO. Khususnya untuk infrastruktur, akibat dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi," ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat tak perlu mengkhawatirkan akan adanya kenaikan tarif KRL. Subsidi yang berasal dari dana PSO dianggap kekuatan yang penuh agar kenaikan tarif KRL tidak terjadi sehingga tidak meresahkan masyarakat banyak.

Hal ini disampaikan Mangindaan menanggapi kekhawatirkan akan adanya kenaikan biaya angkut KRL pada bulan Desember 2013. Bahkan dirinya memastikan kenaikan tidak akan terjadi paling tidak sampai akhir 2014 mengingat alokasi dana PSO sudah mendapat persetujuan dari Komisi VI DPR RI.

"Kami sudah dapat dukungan dari dana APBN 2014, jadi KRL tidak akan mengalami kenaikan sampai tahun 2014. Kami juga sudah mendapat persetujuan dari DPR RI mengenai tambahan PSO di tahun mendatang," tegasnya. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.