Sukses

BP2P Jawa I Raih Penghargaan Pengelolaan BMN Terbaik di Kementerian PUPR

BP2P Jawa 1 meraih penghargaan Satuan Kerja Terbaik I Bidang Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) Kategori A Kementerian PUPR Tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Bakti PU ke-77 Tahun 2022 menjadi momen membanggakan bagi Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan.

BP2P Jawa 1 meraih penghargaan Satuan Kerja Terbaik I Bidang Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) Kategori A Kementerian PUPR Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah kepada Kepala BP2P Jawa 1, Firsta Ismet saat pelaksanaan upacara Hari Bakti PU di Jakarta, Senin (5/12/2022) lalu.

Pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi dari beratnya tugas dan tanggung jawab para Kepala Satker/PPK dalam mengelola BMN. Selain itu, penghargaan tersebut juga merupakan pelaksanaan amanat Peraturan Menteri PU No 44 tahun 2007 tentang Penerapan Good Governance.

Menurut Kepala BP2P Jawa 1 Firsta Ismet, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama tim yang solid di lingkungan BP2P Jawa 1. Penghargaan ini disebutnya akan memicu tim kerjanya untuk lebih giat lagi dalam mengelola BMN dengan tetap mengikuti pilar-pilar atau pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR.

“Intinya yang menyangkut tertib administrasi, tertib fisik, dan tertib hukum, yang menjadi pedoman bagi kita semua untuk mengelola dan menggunakan BMN sebaik mungkin,” ujar Firsta.

Lebih lanjut Vinsen menyampaikan, penghargaan ini harus dijadikan sebagai ajang kolaborasi di antara seluruh pihak di lingkungan Kementerian PUPR untuk bersama-sama menjadi lebih baik.

Penghargaan ini sebagai bentuk memberikan apresiasi kepada seluruh satker yang telah mengelola, memanfaatkan, menertibkan dan menggunakan BMN secara baik.

"Pertanggungjawaban pengelolaan BMN merupakan cerminan kinerja pelaksanaan anggaran Kementerian PUPR. Tertib pengelolaan, peningkatan kualitas pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian BMN perlu menjadi perhatian yang serius bagi kita bersama," kata Firsta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kementerian PUPR Serah Terima Rusun ASN BSSN Ragunan

Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1 dan Satker Penyediaan Perumahan Provinsi DKI Jakarta meresmikan Rumah Susun (Rusun) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2022).

Acara peresmian ini dihadiri oleh Sekjen Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah; Kepala BSSN, Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian; Wakil Kepala BSSN, Sutanto dan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa 1, Firsta Ismet.

Selain itu, hadir juga Direktur Rumah Susun Kementerian PUPR, Aswin Gradianto Sukahar; Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi DKI Jakarta, Ridwan Dibya Sudharta; Kepala Pusat Data, Informasi dan Teknologi Kementerian PUPR Nazib Faisal dan beberapa pejabat teras dari Kementerian PUPR maupun BSSN.

Sekjen Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah dalam sambutannya mengatakan pembangunan dan peresmian rusun ini merupakan bentuk dukungan dari pemerintah melalui Kementerian PUPR untuk kelancaran operasional dan kinerja birokrasi pemerintahan.

“Pembangunan perumahan nasional sudah diamanatkan dalam RPJMN 2022-2024, arah pembangunan perumahan kita ditargetkan pada peningkatan akses masyarakat pada perumahan yang layak, aman dan terjangkau untuk mewujudkan kota layak huni dan inklusif salah satunya melalui pembangunan rusun ini,” kata Sekjen Zainal, dikutip Minggu (4/12/2022).

Lebih lanjut, pembangunan rusun ASN ini kata Zainal dijalankan pada tahun anggaran 2021 dan 2022 yang memiliki tingkat bangunan mencapai tiga lantai terdiri dari 50 unit kamar, dengan 48 kamar standard dan 2 kamar bagi difabel yang keseluruhan unitnya bisa menampung 100 orang.

“Kementerian PUPR memastikan mereka-mereka yang bekerja akan disediakan perumahan perumahan, tidak untuk dimiliki, tapi untuk ditinggali, dikelola oleh BSSN atau kantor-kantor kementerian atau lembaga lain yang mengelolanya. Khusus Rusun ini akan dikelola oleh BSSN,” ujarnya

3 dari 3 halaman

Kolaborasi

Kementerian PUPR, kata Zainal, sangat bangga bisa berkolaborasi antar kementerian dan lembaga pemerintah ikut membantu ASN BSSN yang masih lajang untuk dapat tinggal secara nyaman di Rusun BSSN ini agar tetap produktif dan semangat dalam bekerja, terlebih lagi mereka memiliki tanggung jawab untuk bekerja 24 jam secara bergantian.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala BSSN, Hinsa Siburian mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas pembangunan Rusun ASN BSSN karena sangat membantu menunjang produktivitas kinerja para ASN di bawah naungannya.

“Sebagai lembaga negara yang melakukan pengamanan siber negara, tentu ASN kami harus bekerja memonitor ruang siber nasional selama 24 jam. Tentunya, ASN kami butuh tempat istirahat yang dekat, terjangkau, nyaman sehingga membuat efisiensi dalam bekerja, karena kebutuhan kinerja kami yang sangat cepat dan tinggi,” ujar Hinsa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.