Sukses

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Pemda Harap Level PPKM Tak Naik

PPKM di wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu diharapkan tidak meningkat saat Liburan Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta Menyambut liburan Natal dan Tahun Baru 2023, Kepulauan Seribu siap menampung para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berwisata di Kepulauan Seribu.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Seribu, Junaedi. Kendati demikian, ia juga menghimbau kepada para wisatawan maupun pengusaha travel agent untuk terus memantau perkembangan Covid-19.

“Kami siap menyambut, kami siap memfasilitasi wisatawan yang ingin berlibur natal dan tahun baru di pulau seribu. Kami juga menghimbau kepada pengusaha pariwisata agar memperhatikan perkembangan PPKM, agar tidak ada kekecewaan dari wisatawan jika terjadi pembatasan pengunjung,” kata Junaedi, usai menghadiri acara Kepulauan Seribu Travel Fair di Mall Lippo Ekalokasari, Bogor, Kamis (8/12/2022).

Junaedi berharap, PPKM di wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu tidak meningkat saat Liburan Natal dan Tahun Baru.

“Kita berharap PPKM tahun ini 0 dan saya sangat merekomendasikan wisatawan datang berbondong-bondong untuk liburan di kepulauan seribu, sesuai dengan arahan bapak Presiden, Liburan di Indonesia aja, Di Jakarta Aja, dan Di Kepulauan Seribu Aja,” ujar Junaedi.

Lebih lanjut, Pemerintah Kepulau seribu juga menyiapkan beberapa Event untuk natal dan tahun baru.

“Seperti tahun lalu kami membuat event raegge dengan mengundang bintang tamu Tony Q Rastafara,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Puji Hastutri membeberkan rencana event yang akan digelar pada malam tahun 2023 dibeberapa pulau di Kepulauan Seribu.

“ Kita punya event tanggal 31 malam, untuk tingkat Kabupaten kami melaksanakan di pulau Untung Jawa, kita menampilkan band-band terbaik. Dan di pulau Panggang kita juga di support oleh Sudin kebudayaan kita juga akan laksanakan dalam rangka malm tahun baru,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi PSN, Kepulauan Seribu Kembangkan Destinasi Wisata Kelas Dunia

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar acara “Kepulauan Seribu Travel Fair” dibeberapa lokasi Mall di Jabodetabek. Tak hanya itu, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mempromosikan Pulau Seribu sebagai Kawasan Strategis Nasional.

Setelah ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Perekonomian sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), Kepulauan Seribu terus mengembangkan sayapnya dengan membuat Grand Desain “Negeri Seribu Pulau” yang rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2023 mendatang.

“Kami ingin memperkenalkan pulau seribu yang memiliki kekayaan alam yang kedepannya kepulauan seribu lebih maju dan lebih terkenal. Makanya saya membuat Grand Desain kawasan negeri 1000 pulau, menjadi Maldivesnya indonesia,” kata Junaedi Bupati Kepulauan Seribu, di Depok Town Square, Jumat (2/12/2022).

Junaedi mengatakan, pemerintah pusat melihat potensi Kepulauan Seribu untuk berkembang kedepannya. Junaedi juga menginginkan Jakarta mempunyai destinasi wisata kelas dunia melalui Kepulauan Seribu.

“Karena potensi itu mengurangi kesenjangan antara pulau dengan daratan, juga peluang tenaga kerja terserap, serta peluang bisnis,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Promosi

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Puji Hastuti mengatakan terus melakukan upaya-upaya promosi untuk memajukan pariwisata di Kepulauan Seribu.

“Kita melakukan upaya-upaya kita lakukan baik event-event pameran didalam kota, Jabodetabek, luar kota, yang bertaraf nasional maupun internasional kita ikut serta melalui dinas pariwisata, ini adalah yang tak lain dan tak bukan dengan tujuan meningkatkan wisata ke kepulauan seribu,” ujar Puji.

Sudah merupakan bagian tugas Sudin Pariwisata, kata Puji untuk meningkatkan Pariwisata Kepulauan Seribu serta meningkatkan kembali perekonomian masyarakat di Kepulauan Seribu.

“Sehingga saat ini recovery pasca covid terus kita upayakan dan selanjutnya kita hampir 70 persen kunjungan wisata sudah kembali normal, jadi upaya upaya ini terus kita lanjutkan,” tutur Puji. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.