Sukses

Menpan RB Azwar Anas Optimis Indonesia Tangguh Hadapi Ancaman Resesi Global

Hasil survei Ekonom Bloomberg, potensi resesi Indonesia hanya sekitar 3 persen, sementara Australia dan China punya potensi sekitar 20 persen.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai negara di dunia tengah dibayang-bayangi ancaman resesi global pada 2023. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas optimistis, Indonesia akan berdiri tangguh menghadapinya dengan gotong-royong lintas sektor baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

“Kalau kita lihat, proyeksinya ini berbagai negara berat karena kondisi ekonomi dunia tidak menentu tetapi ada optimismenya karena negara kita berhasil menangani pandemi dengan baik,” ujarnya saat menjadi pembicara dalam The 17th Annual MarkPlus Conference 2023 di Jakarta, Kamis (8/11/2022).

Hasil survei Ekonom Bloomberg, potensi resesi Indonesia hanya sekitar 3 persen, sementara Australia dan China punya potensi sekitar 20 persen.

Menurutnya, kunci ketangguhan Indonesia adalah berkat orkestrasi kuat arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Orkestrasi dari Pak Presiden ini sangat oke, misalnya yang urus inflasi itu bukan hanya menteri-menteri bidang ekonomi, tapi melibatkan menteri lain seperti misalnya Menteri Dalam Negeri dan Menteri PANRB,” imbuhnya.

Kementerian PANRB sendiri turut ambil andil dalam menjaga ketahanan ekonomi lewat terobosan reformasi birokrasi (RB) tematik. Ada empat fokus yang didorong pada RB tematik, salah satunya adalah peningkatan investasi.

Melalui reformasi birokrasi tematik peningkatan investasi, peningkatan investasi diterapkan untuk meningkatkan competitiveness index, sehingga dapat melipatgandakan investasi.

Mulai awal 2023, indeks reformasi birokrasi di tiap kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah juga dinilai dengan memasukkan indikator peningkatan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesiapan Industri

Pada kesempatan yang sama Founder dan Chairman M Corp Hermawan Kartajaya mengungkapkan kesiapan industri dan para marketers menyambut 2023.

Ia menyebut Indonesia punya peluang menggenjot konsumsi produk dalam negeri lewat momen Presidensi G20, Keketuaan Asean 2023, serta pemilihan umum (pemilu) serentak 2024.

“Intinya kita sambut 2023 ini dengan optimisme tapi jangan ngawur. Tahun 2023 kita bisa manfaatkan keketuan Asean untuk mendorong ekonomi Indonesia, juga lewat Pemilu 2024 yang bisa jadi peluang untuk meningkatkan konsumsi produk-produk dalam negeri,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.