Sukses

Daftar Terbaru 15 Orang Terkaya Dunia di 2022 Versi Forbes

Forbes menemukan lebih dari 1.000 miliarder menjadi lebih kaya dari tahun lalu. Berikut 15 orang terkaya di dunia tahun 2022 versi majalah Forbes.

Liputan6.com, Jakarta - Majalah bisnis dan finansial asal Amerika Serikat, Forbes, setiap tahunnya merilis daftar orang terkaya di dunia. Elon Musk masih merajai posisi miliarder nomor wahid sejagat.

Dilansir dari laman Forbes, Selasa (6/12/2022) tahun ini penurunan status miliarder paling dramatis terjadi di Rusia, di mana terdapat 34 tokoh yang kehilangan status miliardernya menyusul perang Rusia-Ukraina, juga China, di mana tindakan keras pemerintah terhadap perusahaan teknologi menyebabkan berkurangnya 87 miliarder di negara itu.

Namun, Forbes menemukan lebih dari 1.000 miliarder menjadi lebih kaya dari tahun lalu, juga kemunculan 236 miliarder baru selama setahun terakhir, termasuk yang pertama dari Barbados, Bulgaria, Estonia, dan Uruguay.

Amerika masih berada di urutan teratas dengan miliarder terbanyak di dunia, sebesar 735 orang dengan kekayaan kolektif USD 4,7 triliun, termasuk Elon Musk, yang bertengger di urutan pertama orang terkaya di dunia.

Berikut adalah daftar 15 orang terkaya di dunia tahun 2022 versi majalah Forbes :

1. Elon Musk 

Dengan kekayaan bersih sebesar USD 219 miliar, Elon Musk dikenal karena mendirikan enam perusahaan termasuk pembuat mobil listrik Tesla, produsen roket SpaceX, dan startup Boring Company.

2. Jeff Bezos 

Jeff Bezos mendirikan raksasa e-commerce Amazon pada tahun 1994 dari garasinya di Seattle. Dia mengundurkan diri sebagai CEO untuk menjadi ketua eksekutif pada Juli 2021. Kekayaan bersihnya kini mencapai USD 171 miliar.

3. Bernard Arnault & keluarga

Bernard Arnault mengawasi 'kerajaan' LVMH dari sekitar 70 merek fashion dan kosmetik, termasuk Louis Vuitton dan Sephora. Kekayaan Arnault sebesar USD 158 milliar.

4. Bill Gates

Dengan kekayaan sebesar USD 171 miliar, Bill Gates mengubah kekayaannya dari perusahaan perangkat lunak Microsoft menjadi kepemilikan terdiversifikasi termasuk investasi energi nol karbon.

5. Warren Buffett 

Dikenal sebagai "Oracle of Omaha," Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa dengan kekayaan senilai USD 118 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mantan Bos Google hingga Konglomerat India

6. Larry Page

Larry Page mengundurkan diri sebagai CEO Alphabet, induk Google, pada Desember 2019 tetapi tetap menjadi anggota dewan dan pemegang saham pengendali. Kekayaan Page kini senilai USD 111 miliar.

7. Sergey Brin 

Sergey Brin mengantongi kekayaan sebesar USD 107 miliar. Dia mengundurkan diri sebagai presiden Alphabet, perusahaan induk Google, pada Desember 2019 tetapi tetap menjadi pemegang saham pengendali dan anggota dewan.

8. Larry Ellison

Larry Ellison adalah ketua, chief technology officer (CTO), dan salah satu pendiri raksasa perangkat lunak Oracle, dengan kepemilikan saham sekitar 35 persen dan kekayaan bersih sebesar  USD 106 miliar.

9. Steve Ballmer 

Steve Ballmer adalah mantan CEO Microsoft. Dengan kekayaannya yang kini sebesar USD 91,4 miliar, dia memimpin Microsoft dari tahun 2000 hingga 2014.

10. Mukesh Ambani 

Dengan kekayaan bersih senilai USD 90,7 miliar, Mukesh Ambani memimpin dan menjalankan konglomerat India yaitu Reliance Industries senilai USD 104 miliar (pendapatan), yang memiliki kepentingan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, dan ritel.

3 dari 3 halaman

Daftar Orang Terkaya di Dunia Lainnya

11. Gautam Adani & keluarga

Taipan infrastruktur asal India, Gautam Adani menguasai Pelabuhan Mundra, pelabuhan terbesar di negara itu, di negara bagian asalnya Gujarat. Forbes mencatat, Adani mengantongi kekayaan bersih senilai USD 90 miliar.

12. Michael Bloomberg

Michael Bloomberg kini mengantongi kekayaan sebesar USD 82 miliar. Dia merupakan pendiri informasi keuangan dan perusahaan media Bloomberg LP pada tahun 1981.

13. Carlos Slim Helu & keluarga 

Orang terkaya di Meksiko, yakni Carlos Slim Helu dan keluarganya mengendalikan América Móvil, perusahaan telekomunikasi seluler terbesar di Amerika Latin. Mereka memiliki kekayaan bersih senilai  USD 81,2 miliar.

14. Francoise Bettencourt Meyers 

Francoise Bettencourt Meyers, cucu pendiri L'Oreal, merupakan perempuan terkaya di dunia dengan kekayaan bersih sebesar USD 74,8 miliar.

15. Mark Zuckerberg

Pendiri jejaring media sosial Facebook, yang kini berganti nama menjadi Meta, Mark Zuckerberg, telah menjadi pusat informasi selama pandemi Covid-19, tetapi mendapat sorotan karena menyebarkan informasi yang salah tentang vaksin covid-19.

Kekayaan Zuckerberg kini sebesar USD 67,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.