Sukses

Perhatikan Dulu Kisi-kisi Tes Kompetensi CAT PPPK Tenaga Kesehatan 2022 dan Passing Grade

Nantinya peserta akan menghadapi 145 soal dengan sistem pelaksanaannya menggunakan Computer Assited Test atau CAT.

Liputan6.com, Jakarta Seleksi atau tes CAT Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK tenaga kesehatan 2022 dimulai hari ini Selasa, 6 Desember 2022 sampai dengan 20 Desember 2022 mendatang.

Peserta ujian yang akan mengikuti tes diharapkan menyiapkan diri sebaik mungkin agar hasilnya lulus sesuai nilai ambang batas seperti yang telah ditentukan. Salah satunya dengan mempelajari materi ujian seleksi kompetensi PPPK tenaga kesehatan 2022 seperti kisi-kisi yang telah dibocorkan.

Bagi yang belum tahu, pelamar PPPK nakes 2022 akan menghadapi ujian yang terdiri dari empat seleksi. Keempat seleksi tersebut antara lain seleksi kompetensi teknis, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi sosial kultural, dan wawancara.

Nantinya peserta akan menghadapi 145 soal dengan sistem pelaksanaannya menggunakan Computer Assited Test atau CAT BKN.

Sementara itu, soal ujian yang akan keluar nantinya tentu berbeda-beda sesuai jenis seleksi. Untuk mempersiapkan diri, berikut ini disimak kisi-kisi soal seleksi kompetensi PPPK tenaga kesehatan 2022 berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 29 Tahun 2021.

1. Seleksi Kompetensi Teknis

Ujian ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan secara spesifik yang berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

2. Seleksi Kompetensi Manajerial

Seleksi ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, sikap atau perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan beberapa hal, di antaranya:

- integritas

- kerja sama

- komunikasi

- orientasi pada hasil

- pelayanan publik

- pengembangan diri dan orang lain

- mengelola perubahan

- pengambilan keputusan

3. Seleksi Kompetensi Sosial Kultural

Ujian ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait pengalaman berinteraksi dengan masyarakat manemuk dalam hal agama, suku, dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi, dan prinsip. Aspek tersebut harus dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan.

4. Wawancara

Seleksi dengan wawancara ini bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas dari tiap peserta sebagai calon PPPK tenaga kesehatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Ambang Batas

Sementara untuk bobot penilaian, dari 145 soal peserta akan mendapatkan nilai kumulatif paling tinggi sebesar 690 poin. Adapun rinciannya sebagai berikut.

1. Seleksi Kompetensi Teknis

Nilai kumulatif paling tinggi: 450

Jawaban benar: 5

Salah atau tidak menjawab: 0

2. Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural

Nilai kumulatif paling tinggi: 200

Jawaban benar: 1 paling rendah dan 4 paling tinggi untuk kompetensi manajerial; 1 paling rendah dan 5 paling tinggi untuk kompetensi sosial kultural

Tidak menjawab: 0

3. Wawancara

Nilai kumulatif paling tinggi: 40

Jawaban benar: 1 paling rendah dan 4 paling tinggi

Tidak menjawab: 0

Selanjutnya untuk passing grade atau nilai ambang batas PPPK nakes ini antara lain:

a. Nilai 0 untuk seleksi kompetensi teknis yang mengsyaratkan Surat Tanda Registrasi (STR)

b. Nilai 158 untuk seleksi kompetensi teknis yang tidak mengsyaratkan STR

c. Nilai 130 untuk seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural

d. Nilai 24 untuk wawancara

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.