Sukses

Buat Pencari Kerja Begini Cara Menolak Tawaran Kerja Saat Posisi Tidak Tepat

Lantas, bagaimana caranya jika ingin menolak tawaran kerja tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Adalah hal yang menyenangkan ketika mendapat kabar lulus seleksi wawancara kerja. Akan tetapi, perasaan itu mungkin tidak begitu dirasakan bagi kandidat yang sebenarnya tidak cocok untuk posisi yang dilamar.

Lantas, bagaimana caranya jika ingin menolak tawaran kerja tersebut?

Sebelumnya ketahui dulu bahwa pada faktanya LinkedIn menunjukkan rata-rata pencari kerja menemukan pekerjaan baru cocok dapat memakan waktu sekitar enam hingga tujuh bulan. Itu mencakup melamar peluang, mendengar kabar dari departemen perekrutan, melalui proses wawancara dan menanyakan semua pertanyaan yang Anda perlukan untuk memutuskan menerima atau tidaknya tawaran pekerjaan.

Akan tetapi, ingat pula bahwa tidak semua pekerjaan cocok untuk Anda dan beberapa bahkan mungkin menunjukkan tanda bahaya. Beberapa alasan utama seseorang mungkin menolak tawaran pekerjaan biasanya terkait beberapa hal, seperti:

- Gaji undermarket

- Perpanjangan waktu tunggu untuk menerima manfaat

- Tidak ada ruang nyata untuk kemajuan

- Deskripsi pekerjaan yang tidak terlalu spesifik

- Banyak omset di perusahaan atau ulasan buruk

- Tidak ada banyak fleksibilitas atau keseimbangan kehidupan kerja

- Tunjangan dan budaya kerja di bawah standar

- Komuter setiap hari akan menyebalkan

- Tidak bergaul dengan rekan kerja masa depan selama proses wawancara

Jika Anda sudah memasuki proses wawancara dan baru mengetahui beberapa masalah tersebut sehingga tidak ingin melanjutkan dengan mempertimbangkan peran dalam perusahaan, ada beberapa cara yang bijaksana untuk memberi tahu perekrut dan menghentikan prosesnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menolak

Menurut Forbes, seperti melansir Go Banking Rates, Jumat (2/12/2022), "Mempekerjakan manajer menghargai kejujuran, terutama jika itu menghemat waktu mereka."

Jika Anda 100% tegas tidak menginginkan lowongan pekerjaan tersebut, sebaiknya beri tahu perekrut. Kata salah satu pakar Forbes, yang terbaik adalah membuat komunikasi apa pun yang jelas dan sopan sehingga jika ada peluang di masa depan Anda masih dapat dipertimbangkan.

Jika Anda memang berniat menolak pekerjaan, Anda harus melakukannya dengan segera. Hal itu agar perusahaan dapat mencari kandidat lain yang sesuai kualifikasi. Sebab, menunggu terlalu lama itu akan menyia-nyiakan waktu perekrut.

Di samping itu, jangan lupa pula untuk mengucapkan rasa terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan meskipun pada akhirnya Anda menolak tawaran kerja tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.