Sukses

Beli Solar Subsidi Pakai MyPertamina, ke SPBU Harus Bawa Hape?

Untuk memperoleh kode QR, Pertamina menawarkan tiga skema mudah bagi pemilik kendaraan agar dapat menikmati Solar berubsidi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) di sektor hilir tengah melakukan uji coba pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar subsidi lewat MyPertamina. Dalam uji coba yang sudah berjalan sejak 1 Desember 2022 ini pembeli wajib menunjukkan QR Qode atau Kode QR MyPertamina. 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menyampaikan, pemilik kendaraan yang telah terdaftar dalam program Subsidi Tepat Sasaran tak perlu menunjukkan Kode QR melalui handphone saat membeli BBM solar bersubsidi.

Handphone bisa disimpan di saku atau ditinggal di rumah dan pembeli atau konsumen Solar subsidi cukup menunjukkan ke petugas Kode QR atau QR Code yang dicetak.

"QR Code tidak wajib diakses lewat handphone atau gadget. QR Code dapat dicetak dan dibawa ke SPBU saat akan bertansaksi," kata dia seperti dikutip dari akun instagram @ptpertaminapatraniaga, Jumat (2/12/2022).

Untuk memperoleh kode QR, Pertamina menawarkan tiga skema mudah bagi pemilik kendaraan agar dapat menikmati Solar berubsidi. Pertama, pemilik kendaraan dapat mendaftarkan secara mandiri melalui laman website subsiditepat.mypertamina.id.

Kedua, pemilik kendaraan dapat mendaftarkan secara mandiri melalui aplikasi MyPertamina. Terakhir, pemilik kendaraan dapat memanfaatkan booth pendaftaran langsung di SPBU wilayah uji coba pembelian Solar subsidi melalui Kode QR ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Daftar

Berikut tata cara pendaftaran subsidi tepat sasaran melalui website:

- Pertama, konsumen masuk ke website subsiditepat.mypertamina.id

- Selanjutnya, konsumen dapat mengisi seluruh persyaratan dan dokumen yang diperlukan. Lalu, mengupload seluruh dokumen tersebut di website.

- Setelah semua persyaratan dan dokumen terpenuhi, maka konsumen tinggal menunggu verifikasi data maksimal 14 hari kerja

- Jika data sudah cocok, maka konsumen akan mendapatkan kode QR untuk kendaraannya. Jika ditolak, maka akan ada pesan mengenai persyaratan atau dokumen yang belum sesuai untuk kemudian dapat dibetulkan terlebih dahulu.

 

3 dari 3 halaman

Uji Coba 11 Kota

Tahap awal uji coba pembelian Solar bersubsidi melalui Kode QR 11 Kota. Antara lain Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Jepara, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Wonogiri, Kota Mojokerto, Kota Kediri, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Banjarmasin, dan Kota Payakumbuh.

"Jadi, daftarkan kendaraanmu sekarang juga melalui website subsiditepat.mypertamina.id, aplikasi MyPertamina atau booth pendaftaran langsung di SPBU tertentu ya sob!," kata Pertamina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.