Sukses

Tindaklanjuti Kesepakatan di Forum B20, Hanwha Life dan Lippo Group Teken MoU

Hanwha Life Korea dan Lippo Group menandatangani MoU untuk memperluas kerja sama antara kedua perusahaan di berbagai sektor.

Liputan6.com, Jakarta - Hanwha Life Insurance Co Ltd (Hanwha Life Korea) dan Lippo Group menandatangani nota kesepahaman (MoU). Penandatanganan MoU ini untuk memperluas kerja sama antara Hanwha Group dan Lippo Group di berbagai sektor.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh CEO Hanwha Life Insurance Co Ltd Yeo Seung Joo dan CEO PT Multipolar Tbk Adrian Suherman.

Penandatanganan MoU Hanwha Life dan Lippo Group menjadi salah satu agenda dalam kunjungan CEO Hanwha Life Korea ke Indonesia. Sebelumnya, pada 13-14 November 2022, CEO Yeo Seung Joo menghadiri Forum B20, bagian dari rangkaian acara KTT G20 di Bali. Juga, ikut serta dalam pertemuan Korea-Indonesia Business Roundtable bersama Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

CEO Hanwha Life Insurance Co Ltd Yeo Seung Joo, mengungkapkan, Hanwha Life adalah perusahaan asuransi Korea pertama yang masuk ke Indonesia. Secara grup, perusahaan memiliki komitmen yang besar untuk Indonesia.

"Melalui penandatanganan MoU ini, Hanwha Life dan Lippo Group berkomitmen untuk merintis masa depan bersama di Indonesia, sekaligus membuka peluang kerja sama dalam berbagai sektor selain asuransi, misalnya dalam sektor finansial (bank digital, manajemen aset, dll), teknologi digital dan kesehatan.” jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (1/12/2022).

Hanwha Life Insurance Co Ltd merupakan perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di Korea, dengan aset sebesar Rp 1.881 triliun (KRW 163,6 triliun) pada 2021.

Anak perusahaannya, PT Hanwha Life Insurance Indonesia, telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 24 Oktober 2013, dengan aset Rp 2,06 triliun pada Kuartal III 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target Jadi Pertama

CEO PT Hanwha Life Insurance Indonesia Steven Namkoong menjelaskan, kerja sama dengan Lippo Group akan membawa Hanwha Life tumbuh semakin kuat di Indonesia.

"Dengan spirit Add Value, Build Dream dan Lead Culture, Hanwha Life Indonesia siap untuk menjadi No.1 InsurTech dalam kompetensi bisnis,” tegas dia. 

Hanwha Life adalah bagian dari Hanwha Group, grup konglomerasi (chaebol) terbesar ke-7 di Korea yang memiliki pengalaman selama 70 tahun. Pada 2021, total aset Hanwha Group mencapai lebih dari Rp 2.500 triliun (KRW224,6 triliun).

Hanwha Group, yang masuk dalam daftar perusahaan Fortune Global 500 (Rank 306 pada 2022) maupun Forbes Global 2000 (Rank 708 pada 2022), adalah pemimpin global dalam industri petrokimia, aerospace, energi terbarukan, teknologi keamanan, konstruksi, properti, hospitality & leisure, serta finansial.

 

3 dari 3 halaman

Akuisisi

Sementara, PT Multipolar Tbk adalah bagian dari Lippo Group, salah satu grup konglomerasi asal Indonesia yang terbesar di Asia dengan diversifikasi bisnis paling beragam.

Lippo Group bergerak di berbagai sektor, antara lain properti, retail, hospitality & leisure, kesehatan, pendidikan, media, telekomunikasi, elektronik, finansial dan teknologi digital.

Saat ini, Hanwha Group juga sedang dalam proses akuisisi 62,6 persen saham PT Lippo General Insurance Tbk, bisnis asuransi milik Lippo Group. Adapun, sampai dengan 28 November 2022, proses akuisisi ini masih dalam proses persetujuan OJK.

“Penandatangan kerja sama ini menjadi sebuah permulaan bagi Hanwha Life dan Lippo Group untuk bersama-sama meraih peluang yang sangat besar di masa depan.” ujar CEO PT Multipolar Tbk, Adrian Suherman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.