Sukses

Kasau Bersama Wamentan Tanam Sorgum di Padang, Upaya Wujudkan Ketahanan Pangan

Sebagai upaya nyata mewujudkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan Kasau Bersama Wamentan Tanam Sorgum di Landasan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir Kota Padang, Selasa (29/11/2022).

Liputan6.com, Padang Sebagai upaya nyata mewujudkan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo bersama Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Harvick Husnul Qolbi melakukan penanaman sorgum di Landasan Udara (Lanud) Sutan Sjahrir Kota Padang, Selasa (29/11/2022).

Penanaman bibit sorgum di Lanud Padang akan diikuti dengan kegiatan penanaman di seluruh Lanud se-Indonesia.

Wamentan Harvick Husnul Qolbi mengatakan, pihaknya sebelumnya merancang program pencanangan penanaman sorgum dan langsung melahirkan kesepakatan dengan TNI.

Penanaman sorgum ini, lanjut Harvick, telah memperlihatkan peran aktif TNI dalam menyukseskan ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan.

"Sesuai arahan Presiden yang dituangkan dalam amanat UU dan juga diterjemahkan dalam Perpres, maka dari itu segera kita sikapi," ujar Wamentan usai penanaman sorgum di Lanud Padang," Selasa (29/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sorgum Jadi Alternatif Pangan

Harvick mengatakan, penanaman sorgum ialah alternatif produk pertanian, atau agrikultur. Selain padi, kedelai, jagung, sagu, dan kini sorgum bisa jadi alternatif bahan pokok. Diharapkan, katanya, sorgum bisa membuat alternatif pangan di Indonesia kedepan lebih beraneka ragam.

"Sudah disampaikan oleh pak Kasau, ke depan mungkin kita akan membuat pabrik untuk hilirisasi nantinya, tentunya kita sinergikan mana yang perlu untuk masyarakat sekitar untuk Provinsi Sumbar. Misalnya jadi beras sorgum, tepung sorgum," ujarnya.

Ia mengatakan, sorgum adalah tanaman yang rendah gula dan lain sebagainya, sehingga bisa menunjang kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, pencanangan penanaman sorgum ini ialah wujud kerjasama yang baik antara Kementan dan TNI, khususnya TNI AU.

Fadjar menyampaikan TNI AU berkomitmen membantu pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

"TNI AU punya lahan yang cukup luas, dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ini, untuk itu kita wujudkan hari ini," ujar Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Kemudian katanya, TNI AU juga akan menyiapkan lahan di Lanud lain untuk penanaman sorgum.

"Sebelumnya, TNI juga sudah berpartisipasi dalam rangka ketahanan pangan dalam bentuk kain dan tanaman yang lain," pungkas dia.

Untuk diketahui, sorgum adalah tanaman jenis rumput-rumputan dan masih satu keluarga dengan padi, jagung dan gandum.

Tanaman ini dinilai serbaguna yang juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan, pakan ternak, bio energi, dan bahan baku industri.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.