Sukses

Harga Minyak Dunia Bangkit Kembali Usai Beredar Rumor OPEC Pangkas Produksi

Harga minyak mentah Brent yang menjadi patokan dunia juga sempat berbalik positif, tetapi turun 44 sen atau 0,5 persen dan diperdagangkan di USD 83,19 per barel.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak dunia berhasil bangkit dari level terendah dalam satu tahun dan berada di level positif pada perdagangan Senin. Pendorong kenaikan harga minyak dunia hari ini adalah adanya pembicaraan mengenai pengurangan produksi oleh OPEC+ yang mampu mengimbangi kekhawatiran mengenai pembatasan ketat COvid-19 di China.

Mengutip CNBC, Selasa (29/11/2022), harga minyak dunia sangat bergejolak pada perdagangan Senin. Patokan harga minyak AS West Texas Intermediate (WTI) ditutup naik 96 sen atau 1,3 persen menjadi USD 77,24 per barel, setelah sebelumnya menyentuh level terendah sejak Desember 2021 di USD 73,60 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah Brent yang menjadi patokan dunia juga sempat berbalik positif, tetapi turun 44 sen atau 0,5 persen dan diperdagangkan di USD 83,19 per barel, setelah merosot lebih dari 3 persen menjadi USD 80,61 per barel di awal sesi, level terendah sejak 4 Januari 2022.

Kedua tolok ukur harga minyak dunia ini telah membukukan penurunan selama tiga minggu berturut-turut.

“Ada desas-desus bahwa OPEC+ sudah mulai melontarkan gagasan pengurangan produksi pada hari Minggu,” kata kepala analis Kpler, Matt Smith.

“Itu membantu membalikkan kerugian yang disebabkan oleh protes China dalam semalam.” tambah dia.

Analis di Eurasia Group menyarankan dalam sebuah catatan pada Senin bahwa melemahnya permintaan dari China dapat memacu Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia untuk memangkas produksi setelah mengurangi pasokan pada Oktober.

“Keputusan akan bergantung pada lintasan harga minyak ketika OPEC+ bertemu dan seberapa besar gangguan yang terlihat di pasar karena sanksi UE,” tulis grup tersebut dalam catatannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

China

OPEC+ akan bertemu pada 4 Desember. Pada bulan Oktober, OPEC+ setuju untuk mengurangi target produksinya sebesar 2 juta barel per hari hingga tahun 2023.

Desas-desus tentang kemungkinan pemotongan lebih besar daripada aksi jual sebelumnya yang dibangun di atas pandangan lemah dari China, di mana ratusan demonstran dan polisi bentrok pada hari Minggu karena pembatasan COVID yang ketat yang membatasi waktu bebas di antara jutaan penduduk.

China tetap berpegang pada kebijakan nol-COVID, bahkan saat sebagian besar dunia telah mencabut sebagian besar pembatasan.

Direktur Energi Berjangka Mizuho New York Robert Yawger mengatakan, pembelian spekulatif juga membantu membalikkan kerugian di awal.

“Hampir setiap kali kami memiliki beberapa poin persentase bergerak lebih rendah, Anda akan melihat spesifikasi datang pada sore hari dan membeli penurunannya,” katanya.

 

3 dari 3 halaman

G7

Diplomat Kelompok Tujuh (G7) dan Uni Eropa telah membahas batas harga minyak Rusia antara USD 65 dan USD 70 per barel, dengan tujuan membatasi pendapatan untuk mendanai serangan militer Moskow di Ukraina tanpa mengganggu pasar minyak global, dan akan bertemu lagi pada hari Senin.

Namun, pemerintah UE terpecah pada tingkat yang membatasi harga minyak Rusia, dengan dampak yang berpotensi diredam.

Batas harga akan mulai berlaku pada 5 Desember ketika larangan UE terhadap minyak mentah Rusia juga berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.