Sukses

Bibit Tawarkan 5 Jaminan Investasi untuk Generasi Sandwich

Berinvestasi jadi salah satu pilihan milenial yang telah menjadi generasi sandwich (sandwich generation), untuk mengamankan pemasukan.

Liputan6.com, Jakarta Berinvestasi jadi salah satu pilihan milenial yang telah menjadi generasi sandwich (sandwich generation), untuk mengamankan pemasukan.

Sandwich generation sendiri pada dasarnya merujuk pada seseorang yang memiliki peran ganda untuk bertanggung jawab atas kehidupan generasi di atasnya, yakni orangtua atau keluarga yang membesarkannya. Lalu pada generasi di bawahnya, yaitu anak-anak alias keluarga yang sedang ia besarkan.

Merespon hal tersebut, Bibit.id selaku aplikasi investasi reksa dana dan Surat Berharga Negara (SBN) mengklaim, banyak diantara penggunanya yang merupakan bagian dari generasi sandwich.

PR & Corporate Communication Lead Bibit William mengatakan, meski di satu sisi memiliki tanggungan yang tidak ringan, di sisi lain para generasi sandwich juga memiliki impian dan tujuan keuangan yang sedang mereka bangun dan coba wujudkan

"Karena berinvestasi itu bukan hanya persoalan satu dua hari, masyarakat membutuhkan mitra yang kredibel dan terpercaya untuk membantu mereka. Dalam hal ini, Bibit merasa sangat terhormat karena menjadi pilihan utama generasi sandwich dalam berinvestasi," ujar William, Sabtu (26/11/2022).

Menurut dia, ada lima alasan mengapa generasi sandwich memilih berinvestasi di Bibit. Pertama, Bibit telah memperoleh izin dan diawasi pergerakannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai Mitra Distribusi penjualan SBN, Bibit juga terbukti menjadi mitra yang sangat dipercaya oleh masyarakat. "Pada penerbitan Obligasi Negara Ritel seri ORI022 pada 26 September-20 Oktober 2022 dan SBSN ritel seri SR017 pada 19 Agustus-14 September 2022 lalu, Bibit menjadi Mitra Distribusi kategori Fintech yang mencetak penjualan terbanyak pada penawaran ORI022 dan SR01," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih Instrumen Investasi

Kedua, karena generasi sandwich sibuk memikirkan keluarga mereka, terkadang mereka lupa atau bahkan tidak tahu seperti apa profil risiko mereka atau instrumen investasi apa yang paling optimal dengan tujuan keuangan mereka.

"Di Bibit, pengguna bisa berinvestasi sesuai dengan profil risiko dengan dibantu oleh Robo Advisor Bibit yang teruji secara ilmiah serta bisa dimanfaatkan secara gratis," imbuh William.

Selanjutnya, ada fitur Goal Setting yang dapat dimanfaatkan untuk menjadikan investasi lebih terarah dalam rangka mencapai tujuan keuangan.

"Sebagai contoh, untuk generasi sandwich yang bermaksud mengumpulkan dana pendidikan anak sebesar Rp 150 juta dalam waktu 5 tahun ke depan, fitur Goal Setting Bibit dapat menghitungkan berapa jumlah uang yang perlu diinvestasikan setiap bulannya," paparnya.

 

3 dari 3 halaman

Kolaborasi

Kemudian, lewat kolaborasi dengan Bank Jago, Bibit telah menghadirkan fitur Instant Redemption (pencairan instan). Kalau biasanya pencairan reksa dana memerlukan waktu 1-7 hari kerja, para pengguna Bibit yang sudah terhubung dengan Bank Jago atau Bank Jago Syariah bisa mencairkan investasi reksa dananya serta menerima dana penjualannya dalam hitungan detik, termasuk di tanggal merah dan hari libur.

Terakhir, selain produk reksa dana konvensional, generasi sandwich juga bisa berinvestasi di berbagai pilihan produk reksa dana Syariah di Bibit. "Untuk memulai investasi pun sangat sederhana dan bisa dengan dana minimum (Rp 100 ribu dan bahkan Rp 10 ribu)," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.