Sukses

Peserta Kartu Prakerja Gelombang 47 Buruan Beli Pelatihan, Batas Waktu Sisa 6 Hari Lagi

Pembelian pelatihan ini harus dilakukan agar peserta kartu prakerja gelombang 47 bisa mendapatkan insentif sesuai aturan.

Liputan6.com, Jakarta Para penerima kartu prakerja harus bergegas membeli pelatihan kerja. Manajemen meminta penerima kartu prakerja gelombang 47 yang belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertama sebelum 30 November 2022.

Ini disampaikan langsung manajemen kartu prakerja melalui akun instagram resminya @prakerja.go.id, Kamis (24/11/2022).

Pembelian ini harus dilakukan agar peserta bisa mendapatkan insentif kartu prakerja sesuai aturan. Besaran insentif yang diterima senilai Rp 1 juta.

"Panggilan untuk seluruh penerima Kartu Prakerja tahun 2022, khususnya untuk kamu penerima gelombang 47 yang belum membeli pelatihan pertama, segera beli pelatihan pertamamu sebelum 30 November 2022!!!," bunyi akun instagram @prakerja.go.id.

Peserta diminta tidak menyia-nyiakan saldo pelatihan yang diberikan dan kesempatan mendapatkan insentif tunai dari Kartu Prakerja.

Sebab jika sampai 30 November 2022 belum membeli pelatihan pertama, maka kepesertaan akan dicabut dan tidak bisa membeli pelatihan serta mendapat insentif.

Berdasarkan laman resmi Kartu Prakerja, Kamu dapat menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja hanya di Platform Digital yang resmi bekerja sama, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Pintar, Karier.mu, Kemnaker, dan Pijar.

Ada banyak ragam jenis pelatihan yang bisa kamu beli dengan Kartu Prakerja, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha.

Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain. Cek jenis-jenis pelatihan yang tersedia di situs Platform Digital.

Adapun berikut cara membeli pelatihan kartu prakerja:

1. Login ke akun kartu prakerja menggunakan email dan password

2. Usai masuk menuju ke kolom dashboard

3. Lihat 16 digit kartu prakerja dan saldo pelatihan Rp 1 juta untuk beli pelatihan

4. Lihat 7 platform digital pelatihan

5. Pilih pelatihan sesuai keinginan

6. Habiskan saldo pelatihan untuk membeli pelatihan sebanyak-banyaknya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Pembelian Pelatihan

Ada aturan dalam pembelian pelatihan kartu prakerja. Peserta dapat membeli lebih dari satu pelatihan. Namun, hanya boleh membeli pelatihan yang kedua setelah menyelesaikan pelatihan pertama. Pastikan masih mempunyai sisa saldo yang cukup.

Jika saldo pelatihan tidak cukup untuk membeli pelatihan yang, berarti hanya dapat membeli pelatihan dengan besaran sama atau kurang dari jumlah pagu.

Selanjutnya, jika tidak tahu pelatihan mana yang harus beli, bisa mengunjungi situs Digital Platform untuk mencari pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Selain itu, juga bisa melihat rekomendasi pelatihan di dashboard. Atau juga bisa langsung memilih rekomendasi pelatihan yang tersedia di beberapa mitra Platform Digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.