Sukses

Satgas Bencana BUMN Gerak Cepat, Erick Thohir: Cianjur Tak Sendirian

Menteri BUMN menyampaikan duka cita terhadap bencana gempa Cianjur yang meregut ratusan nyawa. Erick Thohir berdoa agar semua korban bisa diberi kekuatan untuk melewati ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir mengerahkan Satuan Tugas Bencana BUMN ke lokasi terdampak gempa Cianjur beberapa saat setelah kejadian. Dia pun menyampaikan duka cita terhadap bencana alam tersebut.

Berbagai bantuan disalurkan. Mulai dari makanan, pakaian, hingga alat berat untuk membantu evakuasi. Beberapa jalan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat diketahui terputus karena longsor.

"Alhamdulillah, Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia telah bergerak cepat membantu penanganan dampak gempa di Cianjur dan sekitarnya," ujarnya melalui Instagram @erickthohir, Kamis (24/11/2022).

"Sejumlah bantuan mulai dari makanan, pakaian, selimut, keperluan bayi, hingga alat-alat berat terus berdatangan," beber Erick.

Dia pun menyampaikan duka cita terhadap bencana tersebut. Erick berdoa agar semua korban bisa diberi kekuatan untuk melewati ini.

Saya mewakili keluarga besar BUMN mengucapkan turut berduka atas bencana yang terjadi. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk melewati ini.

Sejumlah BUMN dari BRI, BNI, PLN, Jasa Marga, hingga Adhi Karya mengerahkan kekuatan untuk membantu korban gempa Cianjur. Dengan begitu, Erick menyimpulkan kalau para korban tidak lah sendirian.

"Cianjur, kamu tidak sendirian," pungkas Erick Thohir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BUMN Hadir

Gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat membuat ribuan masyarakat terdampak dan terpaksa harus mengungsi. Cepat tanggap, BUMN bersama masyarakat gotong royong untuk mempercepat pemulihan pasca bencana.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan BUMN segera terjun ke lokasi terdampak untuk terus melakukan pemantauan sekaligus menyalurkan berbagai kebutuhan bagi warga terdampak.

" Yang terpenting saat ini BUMN hadir di tengah-tengah masyarakat terdampak, mendampingi mereka dan menyampaikan pesan bahwa mereka tidak sendirian. Ke depannya, tentu kita juga fokus dalam membantu pemulihan sejumlah fasilitas seperti sekolah, rumah ibadah, layanan kesehatan yang terdampak gempa," kata Menteri Erick.

Salah satunya, BRI melalui CSR BRI Peduli terjun langsung membantu warga terdampak dengan membangun posko BRI Peduli Bencana yang terletak di Kampung Gunung Lanjung, Desa Cijedil, Kecamatan Cigenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Satuan tanggap bencana BRI, yakni Tim Elang, bahu membahu bersama Satgas BUMN, warga, dan pihak lainnya mengevakuasi dan menjamin kebutuhan warga terdampak.

 

3 dari 4 halaman

Bantuan BRI

BRI menyalurkan bantuan 2.000 makanan cepat saji, 300 paket sembako, obat-obatan, hingga kebutuhan balita kepada warga terdampak gempa. BRI juga mengadakan pemeriksaan Kesehatan bagi pengungsi di posko BRI Peduli Bencana tersebut

Selain itu, Tim elang bersama berbagai pihak terkait juga aktif membantu evakuasi warga yang masih terisolir akibat akses yang terhalang reruntuhan bangunan.Corporate Secretary BRI Aestika Orzya Gunarto mengatakan BRI akan terus bersinergi bersama berbagai pihak untuk mempercepat pemulihan bencana.

"Berbagai bantuan terus kami kerahkan, InsanBRILian (Pekerja BRI) bersama berbagai pihak di lapangan senantiasa gotong royong membantu warga agar pulih lebih cepat dari masa-masa sulit ini," terangnya.

Di samping itu, BRI telah melakukan pemantauan dan inventarisasi aset yang terdampak dan hingga saat ini kondisi Kantor maupun Unit Kerja BRI di daerah terdampak bencana dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan yang signifikan

BRI juga turut berupaya menyiagakan unit kerjanya untuk dapat memberikan layanan perbankan agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih.

Masyarakat bisa mendapat layanan di BRI Kantor Cabang Cianjur, Kantor Cabang Pembantu (KCP) Cirancang, KCP Sukanagara, KCP Cipanas, mau pun 27 unit BRI Unit di seluruh wilayah di Cianjur, Jawa Barat.

 

4 dari 4 halaman

Adhi Karya Kirim Alat Berat

PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) menurunkan sejumlah alat berat untuk bantu tangani dampak bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hal itu menyusul arahan dari Menteri BUMN, Erick Thohir yang meminta perseroan untuk membantu menurunkan alat berat.

"Kami segera mengerahkan satgas bencana kami untuk turun membawa alat berat agar dapat segera membantu. Salah satunya membuka akses jalan dari dampak longsor, kami juga segera berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat serta BUMN yang ikut turun ke lokasi tersebut agar bantuan tepat sasaran," ujar Direktur Utama Adhi Karya, Entus Asnawi dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir langsung mengirim sejumlah bantuan dan tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN ke lokasi gempa Cianjur. Menyusul gempa yang mengguncang dengan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur pada Senin, 21 November 2022 kemarin. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan gerak cepat Kementerian BUMN bersama sejumlah perusahaan pelat merah tersebut.

Arya menyebut, koordinator Satgas Bencana BUMN di wilayah Jawa Barat dipegang oleh PT Jasa Marga Tbk. Saat ini, tim yang dipimpin itu sudah mulai bergerak ke lokasi kejadian.

"Pak Erick Thohir sudah meminta kami menurunkan tim Satgas Bencana BUMN ke lokasi. Koordinator Satgas Bencana (BUMN) adalah dari Jasa Marga, dan mereka saat ini sudah turun ke lokasi, dan sudah berhubungan dengan BPBD serta sedang mendata kebutuhan-kebutuhan yang paling dekat dan terdekat dari kondisi masyarakat di sana," kata dia.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km. Gempa Cianjur yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.
    Kabupaten Cianjur adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat.

    cianjur

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir