Sukses

2 Tips Keuangan Ini Bantu Anda Siap Hadapi Resesi

Salah satu bahaya utama resesi adalah perusahaan akan terpaksa memberhentikan sebagian tenaga kerja.

Liputan6.com, Jakarta Resesi global masih jadi bahan perbincangan di berbagai negara. Menghadapi permasalahan ini, Anda tidak perlu khawatir jika sudah membuktikan sendiri bagaimana kondisi keuangan yang dimiliki.

Seperti Candy Valentino yang menceritakan kisahnya dulu sebagai putri dari dua orang tua yang ayahnya seorang montir mobil dan ibunya seorang pembantu rumah tangga. Uang sulit didapatkannya, katanya.

Sebagai seorang remaja, “Saya melihat orang tua saya bekerja sangat keras, dan saya mulai berpikir tentang bagaimana rasanya menjadi orang yang memiliki gedung daripada orang yang menyewa atau bekerja di sana.”

Valentino kemudian menjadi investor dan pengusaha real estate, serta menjadi pemandu bagi seseorang yang ingin membangun kekayaan. Buku terbarunya yang berjudul Wealth Habits menawarkan panduan untuk mencapai kemandirian finansial.

Akan tetapi, Valentino tahu bahwa membangun kekayaan itu sulit jika pijakan keuangan Anda goyah. Jika terjadi penurunan ekonomi dan salah mengambil langkah, Anda akan tidak siap.

“Hal terpenting yang dapat kita lakukan agar kita dapat bertahan dari kemerosotan ekonomi apa pun, resesi apa pun, adalah membuat keputusan kecil di awal sehingga Anda tidak pernah mengalami masalah sehingga Anda harus khawatir membayar hal-hal yang Anda butuhkan,” katanya seperti melansir CNBC, Rabu (23/11/2022).

Jadi, inilah yang dia bocorkan untuk membantu keuangan Anda mampu melewati masa resesi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diversifikasi aliran pendapatan

Salah satu bahaya utama resesi adalah perusahaan akan terpaksa memberhentikan sebagian tenaga kerja. Agar prospek kehilangan pekerjaan tidak menggelincirkan keuangan, cari berbagai cara untuk mendatangkan penghasilan tetap, kata Valentino.

Dan pastikan itu berasal dari beragam sumber. Ini adalah logika yang juga berlaku untuk membangun portofolio investasi. Dengan menyebarkan taruhan, Anda menurunkan kemungkinan bahwa penurunan dalam jenis bisnis tertentu dapat merusak rencana Anda.

Itu mungkin berarti menemukan pekerjaan sampingan yang tidak akan terpengaruh oleh faktor yang sama dengan pertunjukan penuh waktu Anda.

“Memastikan bahwa arus pendapatan Anda tidak semuanya berada di industri yang serupa atau terkait adalah kuncinya sehingga jika satu pasar memburuk — seperti katakanlah, Anda sibuk di real estat, dan pasar real estat mulai memburuk — Anda memiliki penghasilan dengan cara lain dari jenis sumber lain,” kata Valentino.

 

3 dari 3 halaman

Hiduplah sesuai kemampuan

Sebagai pedoman, Valentino menyarankan untuk menempatkan setidaknya 20 persen dari penghasilan Anda untuk tabungan dan investasi.

“Jika Anda berpikir, ‘Ya ampun, tidak mungkin saya bisa melakukan itu’, itu adalah indikator nomor satu yang memberi tahu Anda bahwa Anda hidup di luar kemampuan Anda,” kata Valentino.

“Jika Anda tidak dapat menabung dan berinvestasi pada diri sendiri terlebih dahulu, maka semua aset yang terdepresiasi ini adalah representasi fisik bahwa Anda hidup di luar kemampuan Anda,” lanjutnya.

Maksud Valentino adalah jika Anda menghabiskan hampir semua gaji setiap bulan, Anda akan berjalan di atas tali. Jika ekonomi bergerak ke selatan, Anda mungkin justru terlilit hutang untuk terus mendanai gaya hidup.

Tentu saja, Anda mungkin kesulitan menabung meskipun tidak membeli sepatu dan bepergian ke Eropa. Dalam kasus tersebut, Anda memiliki dua pilihan, kata Valentino, “Anda menurunkan pengeluaran atau meningkatkan penghasilan untuk meningkatkan laba.”

Jika Anda sudah bekerja keras dan anggaran Anda tipis, kemungkinan untuk meningkatkan penghasilan Anda mungkin terasa berat atau tidak mungkin tercapai. Jika itu masalahnya, cobalah berpikir seperti apa usaha sampingan itu, kata Valentino.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.