Sukses

OPEC Tetap Kurangi Produksi, Harga Minyak Dunia Naik

Harga minyak naik pada hari Selasa naik, setelah eksportir utama Arab Saudi mengatakan OPEC+ bertahan dengan pengurangan produksi

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik pada hari Selasa naik, setelah eksportir utama Arab Saudi mengatakan OPEC+ bertahan dengan pengurangan produksi dan dapat mengambil langkah lebih lanjut untuk menyeimbangkan pasar.

Upaya Arab Saudi ini melebihi kekhawatiran resesi global dan kekhawatiran tentang meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di China.

Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman pada hari Senin juga dikutip oleh kantor berita negara SPA yang menyangkal laporan Wall Street Journal yang mengatakan OPEC sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan produksi dan mengirim harga jatuh lebih dari 5 persen.

Dilansir CNBC, Rabu (23/11/2022), harga minyak mentah Brent naik USD 1,08, atau 1,2 persen, menjadi USD 88,53. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS naik USD 1,14, atau 1,4 persen, menjadi USD 81,18.

"Harga minyak mentah mencoba memulihkan kerugiannya," kata analis Avatrade Naeem Aslam. “Bahwa Arab Saudi telah membantah ada diskusi tentang peningkatan pasokan minyak dengan OPEC dan sekutunya telah mendukung pasar hari ini,” tambahnya.

Uni Emirat Arab, produsen OPEC besar lainnya, membantah mengadakan pembicaraan tentang perubahan perjanjian OPEC+ terbaru, sementara Kuwait mengatakan tidak ada pembicaraan tentang kenaikan produksi.

OPEC, Rusia dan sekutu lainnya, yang dikenal sebagai OPEC+, bertemu pada 4 Desember, sehari sebelum dimulainya langkah-langkah Eropa dan G7 sebagai pembalasan atas invasi Rusia ke Ukraina, yang dapat mendukung pasar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Larangan Ekspor Minyak Rusia

Pada 5 Desember, larangan Uni Eropa atas impor minyak mentah Rusia akan dimulai, seperti rencana G7 yang akan memungkinkan penyedia layanan pengiriman membantu mengekspor minyak Rusia, tetapi hanya dengan harga rendah yang diberlakukan.

"Risiko kritis terhadap kebijakan pembatasan harga adalah potensi pembalasan Rusia, yang akan mengubah ini menjadi kejutan bullish tambahan untuk pasar minyak," Stephen Innes, Managing Partner di SPI Asset Management, mengatakan dalam sebuah laporan.

Kekhawatiran atas permintaan minyak dalam menghadapi kenaikan suku bunga Federal Reserve AS dan kebijakan lockdown ketat China membatasi kenaikan.

 

3 dari 3 halaman

Sentimen China

Beijing menutup taman, pusat perbelanjaan, dan museum pada hari Selasa dan lebih banyak kota di China melanjutkan pengujian Covid massal.

Ibu kota China pada hari Senin memperingatkan bahwa mereka menghadapi tantangan pandemi yang paling parah dan memperketat aturan untuk memasuki kota.

Fokusnya nanti adalah snapshot mingguan terbaru dari pasokan di Amerika Serikat, yang diperkirakan menunjukkan persediaan minyak mentah turun 2,2 juta barel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.