Sukses

Erick Thohir Gerak Cepat, Kirim Satgas Bencana BUMN Bantu Korban Gempa Cianjur

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kalau Satgas Bencana BUMN sudah meluncur ke titik terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kalau Satgas Bencana BUMN sudah meluncur ke titik terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dia menyampaikan dukanya terhadap kejadian tersebut.

Erick mengaku telah memerintahkan Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia untuk bergerak cepat membantu penanganan dampak gempa Cianjur.

"BUMN melalui Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia langsung menuju lokasi terdampak," ujar Erick dalam keterangannya, Senin (21/11/2022).

Erick menyampaikan Satgas Bencana BUMN dipimpin PT Jasa Marga selaku koordinator. Erick menyebut Satgas Bencana BUMN juga telah dan terus berkoordinasi secara instensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan pemerintah daerah.

"Satgas Bencana BUMN juga mengerahkan sejumlah alat berat dan peralatan lain yang dibutuhkan mengingat banyak fasilitas umum yang mengalami kerusakan," sambungnya.

Dia juga meminta Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia melakukan pemetaan terkait kebutuhan mendasar masyarakat terdampak gempa. Menurutnya, BUMN juga berkomitmen melakukan penanganan untuk jangka menengah dan panjang di Cianjur.

"Yang terpenting saat ini BUMN hadir di tengah-tengah masyarakat terdampak, mendampingi mereka dan menyampaikan pesan bahwa mereka tidak sendirian. Ke depannya, tentu kita juga fokus dalam membantu pemulihan sejumlah fasilitas seperti sekolah, rumah ibadah, layanan kesehatan yang terdampak gempa," kata Erick.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kirim Satgas Bencana BUMN

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir langsung mengirim sejumlah bantuan dan tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana BUMN ke lokasi gempa di Cianjur. Menyusul gempa yang mengguncang dengan magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022) siang tadi.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan gerak cepat Kementerian BUMN bersama sejumlah perusahaan pelat merah tersebut.

"Ya, pak menteri pak Erick Thohir sudah meminta kami menurunkan tim Satgas Bencana BUMN ke lokasi," ujarnya kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Arya menyebut, koordinator Satgas Bencana BUMN di wilayah Jawa Barat dipegang oleh PT Jasa Marga. Saat ini, tim yang dipimpin itu sudah mulai bergerak ke lokasi kejadian.

"Koordinator Satgas Bencana (BUMN) adalah dari Jasa Marga, dan mereka saat ini sudah turun ke lokasi, dan sudah berhubungan dengan BPBD serta sedang mendata kebutuhan-kebutuhan yang paling dekat dan terdekat dari kondisi masyarakat disana," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Bentuk Tim Khusus

Menurutnya, Erick Thohir tak hanya meminta mengirimkan bantuan. Tapi, sejumlah BUMN yang diterjunkan juga membentuk tim-tim khusus.

Diantaranya tim logistik, tim medis, tim SAR, tim sanitasi, hingga tim alat berat untuk menangani dampak bencana di lokasi. "Serta kita juga sudah akan menurunkan alat berat untuk membantu penanganan disana, untuk perintis dari kawan-kawan Adhi Karya," ujarnya.

Arya menegaskan, tim Satgas Bencana BUMN tengah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Selanjutnya, direncanakan bantuan yang lebih besar akan dikerahkan ke titik lokasi yang terdampak gempa.

"Jadi, saat ini semua sedang berkoordinasi dan ini semua perintah dari pak Erick untuk kita dorong secepatnya. Dan mereka sudah membantu sebisa yang ada, tapi juga secepatnya turun juga lebih besar ke sana," pungkas Arya.

 

4 dari 4 halaman

Pertamina Pastikan Pasokan BBM-LPG Normal

PT Pertamina Patra Niaga memastikan penyaluran BBM dan LPG tetap berjalan normal. Menyusul adanya gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengonfirmasi hal tersebut.

"PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan secara umum operasional lembaga penyalur BBM dan LPG berjalan normal pasca gempa bumi magnitudo 5,6 pada Senin (21/11) pukul 13.21 WIB dengan titik koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (21/11/2022).

Guna memastikan kondisi di lapangan, Eko menyebut kalau Pertamina tengah melakukan pengecekan lanjutan. Khususnya untuk wilayah terdampak gempa seperti Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada sarana dan fasilitas (sarfas) hingga lembaga penyalur BBM dan LPG di wilayah Regional Jawa Bagian Barat, khususnya Cianjur dan Sukabumi, serta di Jawa Barat secara umum," ujarnya.

Dalam kondisi pasca gempa, Eko mengimbau agen penyalur hingga masyarakat untuk tetap bersiap mengenai potensi dampak susulan.

"Pertamina menghimbau agar seluruh mitra lembaga penyalur dan konsumen tetap waspada, serta terus mengikuti perkembangan informasi mengenai gempa dan dampaknya," kata dia.

"Jika masyarakat membutuhkan informasi terkait produk dan layanan Pertamina, dapat menghubungi Call Center 135," pungkas Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.