Sukses

Ada Gempa Cianjur, Perjalanan Kereta Api Sempat Dihentikan 10 Menit

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta memastikan seluruh perjalanan kereta api (KA) di wilayah kerja tidak terdampak gempa Cianjur

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta memastikan seluruh perjalanan kereta api (KA) di wilayah kerja tidak terdampak gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Guncangan gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 ini terasa kuat hingga wilayah DKI Jakarta.

"Di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta saat ini dalam kondisi aman, lancar dan terkendali, tidak ada gangguan operasional dampak kejadian tersebut termasuk perjalanan KA Pangrango pada lintas Bogor - Sukabumi," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Paska terjadinya gempa, kata Eva, sejumlah kereta api sempat diberhentikan sesaat dengan rentang waktu paling lama hingga 10 menit. Hal ini untuk pemeriksaan kondisi prasarana guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan KA.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi prasarana perkeretaapian seperti jalur rel, jembatan, persinyalan, listrik aliran dan sejumlah prasarana lainnya terpantau dalam kondisi baik serta tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu operasional KA," ungkapnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan, seluruh petugas selalu siaga mengantisipasi semua kemungkinan yang berkaitan dengan alam salah satunya gempa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengawasan Petugas

Pada titik rawan petugas yang berjaga selalu melakukan pengawasan dan pemantau berkala untuk memastikan kondisi prasarana dalam kondisi baik.

"Koordinasi antara petugas penjaga daerah rawan dan semua jajaran operasional termasuk masinis yang selalu mendapatkan pantauan terbaru dari Pusat Pengendali Kereta Api juga dilakukan," jelas Eva.

Daop 1 Jakarta menghimbau kepada pengguna jasa KA agar selalu mengikuti arahan petugas dilapangan jika sewaktu - waktu terjadi kondisi khusus.

3 dari 3 halaman

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Cianjur, Pertamina Langsung Cek Lapangan

PT Pertamina (Persero) langsung melakukan pengecekan ke infrastruktur yang dimiliki di sekitar wilayah terdampak gempa Cianjur. Menyusul, adanya gempa magnitudo 5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, pada Senin (21/11/2022) siang.

Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan, tim dari Pertamina tengah melakukan pengecekan menyangkut infrastruktur yang dimiliki Pertamina. Termasuk juga nantinya soal ketersediaan stok bahan bakar minyak (BBM).

"Sedang dilakukan pengecekan di lapangan," ujarnya kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi.

Dengan pengecekan yang sedang dilakukan, Heppy belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kondisi terkini. Dia mengaku akan memberikan informasi lanjutan pasca pengecekan rampung dilakukan.

"Nanti kami update ya," pungkasnya singkat.

Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jabar, Senin (21/11/2022), pukul 13.21 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gemba berada di 6.84 LS,107.05 BT (10 km Barat Daya Kabupaten-Cainjur-Jabar) dengan kedalaman 10 km.

BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, BMKG mengimbau warga untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Menurut video amatir yang diterima Liputan6.com, sejumlah bangunan terpantau roboh. Bangunan itu diketahui merupakan rumah warga dan beberapa diantaranya adalah warung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Kabupaten Cianjur di Jawa Barat (Jabar) mengalami gempa bumi tektonik yang terjadi di darat, di kedalaman 10 Kilometer, Senin (21/11/2022).

    Gempa Cianjur

  • Gempa Bumi

  • Kereta Api

  • kai