Sukses

Harga Minyak Dunia di Jalur Penurunan Minggu Kedua, Sentuh USD 86,96 per Barel

Harga minyak turun lebih dari USD 2 per barel pada hari Jumat, di jalur untuk penurunan mingguan kedua.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun lebih dari USD 2 per barel pada hari Jumat, di jalur untuk penurunan mingguan kedua. Penurunan ini karena kekhawatiran tentang melemahnya permintaan di China dan kenaikan suku bunga AS lebih lanjut.

Dilansir dari CNBC, Sabtu (19/11/2022), harga minyak mentah Brent turun USD 2,82, atau 3,1 persen, menjadi USD 86,96 per barel pada pukul 13:20. EST, setelah menyentuh level terendah sejak 28 September di USD 85,80. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun USD 2,63, atau 3,2 persn, menjadi USD 79,01.

Kedua tolok ukur menuju kerugian mingguan kedua, dengan Brent di jalur untuk penurunan sekitar 9 persen dan WTI menuju kemunduran 10,5 persen.

Sebagai bagian dari kekalahan tersebut, struktur pasar dari kedua tolok ukur minyak bergeser dengan cara yang mencerminkan berkurangnya kekhawatiran pasokan.

Minyak mentah mendekati rekor tertinggi awal tahun ini karena invasi Rusia ke Ukraina menambah kekhawatiran itu. Selain itu, kontrak berjangka bulan depan melonjak ke premi raksasa di atas kontrak-kontrak di kemudian hari, sebuah sinyal bahwa orang khawatir tentang ketersediaan minyak secara langsung dan bersedia membayar mahal untuk mengamankan pasokan.

Kekhawatiran pasokan itu berkurang. Kontrak WTI saat ini sekarang diperdagangkan dengan diskon untuk bulan kedua, struktur yang dikenal sebagai contango, untuk pertama kalinya sejak 2021, data Refinitiv Eikon menunjukkan.

Kondisi ini juga akan menguntungkan bagi mereka yang ingin menyimpan lebih banyak minyak untuk persediaan nanti, terutama dengan stok yang masih rendah.

"Semakin dalam contango, semakin besar kemungkinan pasar akan menyimpan barel tersebut," kata Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho di New York.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Ekonomi China

China, yang menurut sumber sedang berusaha memperlambat impor minyak mentah dari beberapa eksportir, telah mengalami peningkatan kasus COVID-19. Sementara harapan untuk kenaikan suku bunga AS yang kurang agresif telah terhalang oleh pernyataan dari beberapa pejabat Federal Reserve minggu ini.

“Situasi di China dengan COVID terus menghantui pasar ini,” kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

“Begitu banyak optimisme masuk ke pasar segera setelah mereka mencoba mengatakan bahwa mereka akan dibuka kembali, tetapi kemudian kenyataan di lapangan benar-benar berlawanan dengan analisis yang penuh harapan itu,” tambahnya.

Ketika larangan Uni Eropa terhadap minyak mentah Rusia mulai terlihat pada 5 Desember, prospek lebih banyak pasokan minyak dari Rusia yang menekan pasar minyak mentah spot juga membebani harga berjangka.

 

3 dari 3 halaman

Kekhawatiran Resesi

Kekhawatiran resesi telah mendominasi minggu ini bahkan dengan pengetatan pasokan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, bersama-sama dikenal sebagai OPEC+.

“Di sisi permintaan, ada kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi,” kata Naeem Aslam dari Avatrade. "Jalur resistensi paling sedikit tampaknya condong ke sisi bawah."

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga lebih kecil 50 basis poin (bps) pada pertemuan kebijakan 13-14 Desember setelah empat kali kenaikan berturut-turut sebesar 75 bps, jajak pendapat Reuters menunjukkan.

OPEC+, yang memulai putaran baru pengurangan pasokan pada November, mengadakan pertemuan kebijakan pada 4 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.