Sukses

KTT G20 Hasilkan 6 Kesepakatan soal Keuangan dan Kesehatan, Apa Saja?

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) Indonesia pertemuan antara Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan anggota G20, menghasilkan enam kesepakan

Liputan6.com, Jakarta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT G20) Indonesia pertemuan antara Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan anggota G20, menghasilkan enam kesepakan terkait menangani masalah kesehatan global yang kritis melalui kerja sama multilateral.

Pertama, banyak anggota G20 mengutuk keras perang agresi Rusia terhadap Ukraina tidak dapat dibenarkan dan tidak beralasan. Anggota G20 menyerukan diakhirinya perang.

Dilansir dari keterangan resmi G20, Rabu (16/11/2022). Delegasi G20 menyatakan keprihatinan tentang kerusakan yang disebabkan oleh konflik di kritis infrastruktur kesehatan, serta korban pada petugas kesehatan, yang paling terkena dampak secara tidak proporsional, yakni kelompok rentan, perempuan dan anak-anak.

Mereka menyatakan perang justru memperburuk pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, krisis ketahanan pangan global dan malnutrisi, dengan dampak kesehatan dan ekonomi yang diakibatkannya.

Beberapa anggota mencatat berbagai pandangan yang telah dikemukakan tentang perang yang tidak menguntungkan dan berkelanjutan antara Rusia dan Ukraina, dirasa memang tidak tepat untuk membahas masalah geopolitik di forum ini.

Dua anggota khawatir dengan banyaknya ketegangan geopolitik, konflik dan kontroversi lain semacam ini di banyak bagian dunia, dan menyatakan pandangan yang tidak tepat untuk mengutuk salah satu anggota di forum G20 ini.

Kesepakatan kedua, anggota G20 menekankan pentingnya akses yang tepat waktu, adil dan universal terhadap keamanan, vaksin, terapi dan diagnostik (VTD) yang terjangkau, berkualitas serta efektif dampak covid-19.

Anggota G20 menyadari dampak pandemi COVID-19 terus dirasakan di seluruh dunia. Mereka menegaskan kembali komitmennya untuk membawa mengendalikan pandemi sesegera mungkin, menempatkan orang-orang di pusat kesiapsiagaan dan tanggapan.

Selain itu, anggota G20 akan memperkuat upaya kolektif untuk mempersiapkan, mencegah, mendeteksi, melaporkan, dan menanggapi keadaan darurat kesehatan, khususnya mempromosikan ketahanan sistem kesehatan global, nasional dan regional, dan masyarakat, dan pencapaian Cakupan Kesehatan Universal (UHC).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerataan Vaksinasi

Negara G20 juga menyambut meningkatkan vaksinasi COVID-19 tingkat di seluruh dunia dan mendorong upaya lebih lanjut untuk meningkatkan vaksinasi, terutama di berpenghasilan rendah dan menengah-bawah negara.

Meskipun pencapaian vaksinasi masih jauh dari target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 70 persen dari orang yang divaksinasi lengkap di semua negara. Mereka akan terus mendukung nasional dan upaya internasional untuk mengatasi kesenjangan ini, termasuk melalui Access to COVID-19 Tools Accelerator (ACT-A) pilar dan lembaga saat dunia bertransisi ke pengendalian virus jangka panjang.

Ketiga, anggota G20 mendukung upaya mendesak yang sedang berlangsung untuk memperkuat arsitektur kesehatan global untuk pandemi pencegahan, kesiapsiagaan dan respon (PPR).

Mereka mendukung pekerjaan Badan Perundingan Antar Pemerintah yang akan menyusun dan merundingkan instrumen yang mengikat secara hukum, maupun yang tidak mengikat secara hukum.

Namun keputusan akan dibuat oleh Majelis Kesehatan Dunia, untuk memperkuat PPR pandemi dan kelompok kerja pada Peraturan Kesehatan Internasional yang akan mempertimbangkan amandemen yang ditargetkan untuk Internasional Peraturan Kesehatan (IHR) (2005).

Mereka mendukung pekerjaan WHO dalam mempromosikan upaya untuk meningkatkan PPR pandemi pemerintahan, sistem, dan pembiayaan sesuai dengan negara anggota.

 

3 dari 4 halaman

Peran Global

Disisi lain, anggota G20 juga menyadari peran yang inovatif dan fleksibel kemitraan dalam kesehatan global, seperti Gavi, Global Fund, CEPI, Unitaid, FIND, dan kumpulan Paten Obat-obatan, dapat bermain dalam kolaborasi erat dengan WHO, UNICEF, dan Negara-negara anggotanya dalam membangun ketahanan dan respons kesehatan global kapasitas terhadap ancaman pandemi di masa depan.

Kesepakatan keempat, Gugus Tugas Gabungan Keuangan-Kesehatan G20 (Satgas), diketuai bersama oleh Italia dan Indonesia dan dibantu oleh Sekretariat yang diselenggarakan oleh WHO dengan dukungan dari Bank Dunia, telah memajukan mandatnya dari Pemimpin G20 Deklarasi Roma 2021 untuk berkontribusi dalam memperkuat arsitektur kesehatan global.

Di bawah Presidensi G20 Indonesia, itu telah mempromosikan tindakan kolektif untuk menanggapi pandemi, menilai kesenjangan pembiayaan PPR pandemi, mengkatalisasi pendirian fasilitas keuangan, dan menjajaki berbagai opsi yang ditujukan untuk mengembangkan pengaturan koordinasi antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan.

Kelima, panel Independen Tingkat Tinggi G20, serta WHO dan Bank Dunia memperkirakan ada kesenjangan pembiayaan PPR pandemi sekitar Rp 10 miliar.

Sebagaimana yang diusung oleh Kepresidenan G20 Arab Saudi, Kepresidenan G20 Italia dan dilanjutkan dengan Kepresidenan G20 Indonesia, mereka menyambut baik adanya tambahan sumber daya keuangan, untuk membantu membiayai kesenjangan kritis dalam menerapkan IHR (2005) dan meningkatkan kapasitas PPR.

Mereka menyambut baik pembentukan Dana Perantara Keuangan baru untuk PPR Pandemic Func ('Dana Pandemi') diselenggarakan oleh Bank Dunia.

Ini bertujuan untuk mengatasi kesenjangan PPR pandemi yang kritis dan membangun kapasitas di tingkat nasional, regional dan tingkat global, membawa tambahan sumber daya keuangan untuk PPR pandemi, mengkatalisasi investasi pelengkap, dan memfasilitasi pendekatan yang terkoordinasi dan koheren untuk penguatan PPR pandemi.

Mereka berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas pengembangan negara-negara untuk PPR pandemi melalui Dana Pandemi, dan akan dilakukan evaluasi inventarisasi Pandemi Dana pada akhir tahun pertama untuk memastikan dana tersebut dijalankan sesuai kebijakan yang telah diatur.

Saat ini pandemic fund telah terkumpul lebih dari USD 1,4 miliar, dan tentunya jumlah tersebut akan bertambah. Oleh karena itu, mereka memanggil pada donor baru untuk bergabung dengan Dana Pandemi.

 

4 dari 4 halaman

Terakhir

Kesepakatan terakhir, yaitu penting untuk melanjutkan kerjasama antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan untuk PPR pandemi.

Anggota G20 memperpanjang amanat Satgas, dan meminta Sekretariat Satgas untuk bekerja sama dengan Ketua Satgas, Kepresidenan G20 India, Troika G20, dan anggota G20 untuk menyepakati rencana kerja Satuan Tugas untuk 2023, dengan mempertimbangkan memperhitungkan perencanaan multi-tahun.

Pada tahun 2023 Gugus Tugas akan terus diketuai oleh Indonesia dan Italia, mewakili negara maju dan perspektif ekonomi baru, dan akan terus memanfaatkan keahlian WHO, Lembaga Keuangan Internasional dan organisasi terkait lainnya, dengan dukungan Kepresidenan G20 India 2023.

Untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah, anggota G20 mengundang organisasi-organisasi regional utama untuk bergabung dalam pertemuan-pertemuan Gugus Tugas.

Anggota G20 akan bekerja erat dengan WHO untuk memastikan Gugus Tugas terus melengkapi arsitektur PPR pandemi global, dan tidak ada duplikasi dan fragmentasi lebih lanjut dari sistem tata kelola kesehatan global.

Memenuhi amanat dari Deklarasi Pemimpin Roma G20, pada tahun 2023 Gugus Tugas akan terus mengembangkan pengaturan koordinasi antara Kementerian Keuangan dan Kesehatan, dan berbagi praktik dan pengalaman terbaik dari koordinasi keuangan-kesehatan sebelumnya untuk mengembangkan tanggapan bersama terhadap pandemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.