Sukses

Menteri Basuki jadi Fotografer Dadakan Jokowi di Hutan Mangrove Bali, Intip Gayanya

Gaya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono jadi fotografer dadakan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeliling melihat kawasan hutan mangrove di Balai Pengelolaan Hutan Mangrove di Bali

Liputan6.com, Jakarta Pagi ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para jurnalis asing berkeliling melihat kawasan hutan mangrove di Balai Pengelolaan Hutan Mangrove di Bali. Menariknya dalam rombongan media official tersebut, ada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Basuki Hadimuljonoterlihat membawa kamera profesional yang menggunakan lensa tele (panjang). Sosoknya kian mencuri perhatian ketika karena bergaya santai dengan mengenakan topi yang dibalik.

Dia pun ikut mengabadikan momen presiden dengan kamera yang dikalungkan di lehernya. Bak wartawan foto profesional, Basuki menjepret tiap momen berharga pagi itu.

Basuki tampak lincah dan ikut bergabung dengan rombongan. Tingkah pola tersebut sontak membuat awak medai yang menyaksikan siaran langsung kegiatan tersebut langsung tertawa.

"Ya ampun lucu banget Pak Bas," kata salah satu awak media di Ruang Mangapura, Media Center, Bali Convention Center, (BICC), Kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11).

"Sudah kaya wartawan senior saja yah," seru wartawan lainnya.

Meraka pun mengabadikan momen langka tersebut sambil tertawa dan memuji kesederhanaan Basuki yang bisa melebur dengan para jurnalis media asing. Beberapa yang lain juga masih menantikan sorotan kamera ke arah Basuki untuk mengabadikan momen serupa.

Selain Basuki, dalam media tour tersebut terlihat juga ada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dan Gubernur Bali I Wayan Koster. Namun keduanya hanya mendampingi Presiden Jokowi yang menjelaskan hutan mangrove tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Ajak Tamu Negara KTT G20 Jalan Pagi di Hutan Mangrove Bali

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Delegasi Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20) ke Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Gubernur Bali Wayan Koster.

Agenda ke Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali, merupakan salah satu agenda resmi dari para delegasi G20 yang hadir di Bali, sebelum nanti melanjutkan kembali working group.

Tujuan ke Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali adalah mengajak para delegasi kembali ke alam, menunjukkan kekayaan Indonesia, juga bagaimana Indonesia berkontribusi untuk ikut pelestarian lingkungan dunia.

Hutan mangrove sendiri adalah salah satu bagian penting paru-paru dunia yang berkontribusi dalam penyediaan udara bersih secara global. Biasanya hutan ini didominasi dengan tumbuhan berkayu dan tumbuh di sepanjang garis pantai dan subtropis.

Mangrove yang tumbuh berjajar menjadi benteng pencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

Hutan mangrove juga mempunyai beberapa keterkaitan dan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan manusia, baik fungsinya dalam penyediaan bahan pangan, papan, kesehatan, dan untuk lingkungan.

Adapun secara administrasi Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Berdasarkan penelusuran bahwa Kawasan Taman Hutan Raya tercatat seluas 1.373,5 ha memiliki potensi berupa panorama alam yang indah dengan letak yang sangat strategis karena berada di pusat pertumbuhan bisnis dan pariwisata Bali. 

3 dari 4 halaman

Atasi Krisis Iklim

Agenda di Taman Hutan Raya Mangrove Ngurah Rai Bali merupakan bagian dari tema yang dipilih Presiden Joko Widodo dalam pelaksanaan KTT soal menangani krisis iklim.

Pemerintah berharap Indonesia sebagai salah satu negara dengan hutan mangrove terbesar, dapat menginspirasi dunia dan sekaligus bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup karena mangrove mampu menyerap karbon, melindungi lahan, dan mencegah abrasi laut.

Dikutip dari laman setneg.go,id, secara total, Tahura Ngurah Rai berada memiliki luas 1.373,5 hektare, terbentang di dua daerah tingkat dua yakni Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Tahura ini memiliki 33 jenis mangrove, dengan terbanyak jenis perapat atau pidada putih yang dalam bahasa Bali disebut prapat --sehingga masyarakat lokal juga menyebut lokasi ini sebagai Tahura Prapat.

Di lokasi, panitia sudah menyiapkan bangunan kayu berbentuk elips tempat para pemimpin G20 berdiri dan menanam mangrove. Serangkai mangrove Rhizhopora apiculata membentuk tulisan “G20” di tengahnya. Panitia menyediakan puluhan lobang tanam yang akan dimasukkan bibit mangrove Rhizopora mucronata oleh para tamu, termasuk Presiden Jokowi.

Merujuk data Badan Pusat Statistik per Desember 2021, luas ekosistem mangrove atau bakau di Indonesia mencapai 3,63 juta hektare (Ha) atau 20,37 persen dari total dunia.

Papua menjadi menjadi pulau dengan ekosistem mangrove terluas mencapai 1,63 juta Ha, disusul Sumatera 892,835 Ha, Kalimantan 630.913 Ha.

4 dari 4 halaman

Ekosistem Mangrove

Adapun Bali menjadi pulau dengan ekosistem mangrove terkecil yakni seluas 1.894 Ha. Luasan itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan hutan mangrove terluas di dunia. Menyusul Brasil di posisi kedua dengan 1,3 juta Ha, lalu diikuti Nigeria (1,1 juta Ha), Australia (0,97 juta Ha), dan Bangladesh (0,2 juta Ha).

Laman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melansir mangrove memiliki banyak manfaat bagi ekosistem. Mangrove dapat menyuburkan tanah di sekitarnya, menjadi hunian bagi ikan-ikan kecil dan kepiting, menjernihkan air, melindungi pantai dari erosi karena mengadang hempasan ombak secara langsung, mengatasi banjir kawasan pesisir, dan dapat diolah menjadi pakan ternak.

Secara ekonomi, ekosistem mangrove pun menyimpan potensi besar. Bagi masyarakat di sekitar, mangrove dapat diolah menjadi ragam hiasan atau kerajinan. Adapun bagi pemerintah, pengembangan ekosistem mangrove dapat menjadi tambahan pendapatan negara lewat perdagangan karbon. Saat ini, harga jual karbon dunia berkisar USD 5-10 per ton CO2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.