Sukses

Produk Kelautan Berpeluang Jadi Penopang Ketahanan Pangan Indonesia

Indonesia memiliki potensi produk hasil kelautan yang cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki potensi produk hasil kelautan yang cukup besar. Bahkan, dengan ini, produk kelautan Indonesia bisa menopang ketahanan pangan nasional.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melihat peluang tersebut. Ini didasari oleh prediksi meningkatnya kebutuhan protein sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

"Ini bisa jadi krisis pangan bagi beberapa negara, tapi bagi Indonesia sebagai negara maritim justru menjadi peluang," ujar Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Erwin Dwiyana saat berbicara di forum "Bincang Bahari: Menjadikan Ikan sebagai Solusi Ketahanan Pangan," mengutip keterangan resmi, Senin (14/11/2022).

Erwin mengungkapkan Indonesia memiliki sumber daya perikanan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Bagi pengembangan SDM dalam negeri, ikan bisa menjadi solusi atas persoalan stunting sekaligus mencetak generasi unggul. Adapun Harkannas ke-9, menjadi momentum untuk kembali mengingatkan publik terkait hal tersebut.

"Bicara stunting, bukan hanya tentang kurang tinggi atau kurang berat badan, tapi juga menyelamatkan kecerdasannya dengan asupan kaya omega 3," terang Erwin.

Tak hanya itu, Erwin menyebut ikan juga memiliki peluang pasar yang besar dan bisa berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Bahkqn, total nilai pasar ikan bersirip menyentuh angka USD175 miliar di tahun 2028.

Senada, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Darliansjah mengatakan pandemi Covid-19 menyadarkan pemerintah di berbagai negara tentang pentingnya ketahanan pangan. Terlebih masyarakat lebih orientasi terhadap pangan yang aman dan menyehatkan dan kondisi ini membuat produk pangan berbasis daging putih atau ikan cenderung naik signifikan.

Sebagai respons atas kondisi tersebut, Pemprov Kalteng telah merumuskan ikan sebagai bagian ketahanan pangan yang ditunjukkan dengan pembangunan sentra pangan seperti sentra perikanan budidaya, sentra perikanan tangkap, dan sentra pengolahan ikan.

"Sudah kami masukkan ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJPMD) 2021-2026, ikan sebagai bagian ketahanan pangan dan bagian upaya penurunan prevalensi stunting," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Periode Emas

Dalam forum yang sama, Ketua Forikan Pusat, dr. Djoko Maryono mengingatkan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sebagai periode emas yang tidak akan dapat diputar kembali. Dia pun meminta setiap orang tua untuk memberikan perhatian lebih saat anaknya berada pada periode tersebut.

"Pada 1.000 HPK adalah cetak biru otak anak terbentuk, sehingga mutlak diperlukan pemenuhan gizi secara cukup di periode tersebut," terang Djoko.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Zulfinasran menegaskan kesiapan daerahnya menjadi tuan rumah Harkannas ke-9 yang digelar pada 21 November nanti. Sebagai daerah yang terletak di Teluk Tomini, Parigi Moutong menawarkan hasil perikanan terbaik untuk didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia dan pasar ekspor.

"Kami sangat siap menjadi tuan rumah Harkannas, harapannya melalui kegiatan ini kita ingin menunjukkan potensi dan peluang perikanan di Parigi Moutong," tegasnya.

Sebagai informasi, Harkannas ke-9 akan dipusatkan di Parigi Moutong mulai 19-21 November mendatang. Sejumlah kegiatan seperti lomba masak ikan tingkat nasional, bersih pantai hingga panen udang akan menjadi bagian dari gelaran Harkannas tahun ini.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengingatkan masyarakat tentang pentingnya makan ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Melalui program yang dilakukan bersama kementerian/lembaga tersebut, Menteri Trenggono berharap peningkatan angka konsumsi ikan (AKI) setiap tahun.

 

3 dari 4 halaman

Ajak Masyarakat Konsumsi Olahan Ikan

Tak terasa momen Hari Ikan Nasional (Harkannas) sudah dekat. Setiap tanggal 21 November, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyelenggarakan peringatan Harkannas. Tahun ini, puncak peringatan Harkannas berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah mulai 19-21 November 2022 mendatang.

Jelang acara puncak Harkannas, KKP kembali menggaungkan kampanye konsumsi olahan ikan. Selain komposisi gizinya yang tak kalah dengan ikan impor, harganya pun lebih terjangkau dan mudah diolah.

"Jadi kita mesti bangga, menu ikan khas Nusantara sangat berprotein tinggi," kata Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Widya Rusyanto saat menjadi pembicara di webinar bertajuk "Makan Ikan Cegah Stunting, Tingkatkan Kinerja Otak dan Ketahanan Nasional", Selasa (8/11/2022).

Webinar yang dibuka Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Erwin Dwiyana ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9.

 

4 dari 4 halaman

Nilan Protein Ikan

Widya menyontohkan ikan bandeng dalam 100 gram menu ikan Palumara, memiliki nilai protein mencapai 20 gram, setara dengan ikan salmon. Kemudian kandungan besi (FE) nya mencapai 2 miligram dibanding ikan salmon yang hanya 0,25 miligram. Bahkan cakalang asap dan abon tuna, masing-masing memiliki kandungan protein sebesar 34,2 gram dan 27,2 gram.

Dalam kesempatan ini, Widya mengajak masyarakat untuk suka makan ikan. Selain bergizi dan bisa diterima semua kalangan, olahan ikan juga hemat energi karena lebih cepat matang saat diolah dibanding protein hewani lainnya.

"Tidak ada alasan untuk tidak suka ikan, gizinya pasti, lebih terjangkau dan juga hemat energi karena cepet diolah," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.