Sukses

Di Depan Pebisnis Kelas Dunia, Menko Airlangga Yakin Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,4 Persen

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ekonomi Indonesia kuartal III tumbuh 5,72 persen (year-on-year/yoy).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 bisa sentuh 5,4 persen. Hal itu disampaikan kepada para pebisnis kelas dunia dalam acara B20 Summit 2022, di Nusa dua Bali, Senin (14/11/2022). B20 Summit 2022 ini merupakan gelaran untuk meramaikan Presidensi G20 Indonesia.

“Kami berharap ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,4 persen pada 2022, jauh lebih tinggi dari perkiraan awal oleh organisasi global. Bahkan pada kuartal III tahun ini kami tumbuh sebesar 5,72 Persen yoy,” kata Airlangga Hartarto.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ekonomi Indonesia kuartal III tumbuh 5,72 persen (year-on-year/yoy) atau tumbuh sebesar 1,8 persen dari kuartal II/2022. Kata Airlangga, sebagian besar pertumbuhan ini berasal dari sektor transportasi, akomodasi, makanan dan minuman, serta manufaktur mesin.

“Pemulihan ekonomi kami berasal dari perjalanan transportasi dan penyimpanan, akomodasi, makanan, minuman dan Manufaktur Mesin. Sektor itu semua adalah sektor yang menguntungkan,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga menyoroti soal inflasi. Tercatat Inflasi Indonesia masih terbilang rendah dibanding negara lain. BPS mencatat inflasi Indonesia sebesar 5,71 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada Oktober 2022.

Hal itu bisa terjadi, karena Indonesia mengatasi inflasi yang tinggi melalui reformasi keuangan dan struktural secara mendalam. Bahkan, Pemerintah telah mengeluarkan berbagai bantuan sosial, salah satunya berupa Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Kartu Prakerja ini didesain sebagai sebuah produk yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan meningkatkan literasi digital, sekaligus meningkatkan inklusi keuangan.

“Untuk beradaptasi dengan masa depan dalam menciptakan peluang baru bagi mereka yang terkena dampak disrupsi teknologi dan pandemi, kami telah mengembangkan sistem pendidikan berkala online melalui Kartu Prakerja,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sederet Pemimpin Dunia Tiba di Bali Hadiri KTT G20, Joe Biden hingga Menlu Rusia

Para tamu undangan perhelatan acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 mulai berdatangan. Salah satunya yaitu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kedatangan Presiden AS Joe Biden disambut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

"Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut Bapak Presiden Joe Biden yang mendarat di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One,” ujar Sandiaga, Minggu malam di Denpasar Bali.

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Presiden AS Joe Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20.

“Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami menyampaikan keinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Selain Joe Biden, pemimpin negara anggota G20 lainnnya juga sudah tiba di Indonesia, seperti Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida dan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol.

Sementara untuk Rusia, meskipun Presiden Vladimir Putin batal hadir langsung ke KTT G20, namun sudah ada Menteri Luar Negeri Rusia S Lavrov yang sudah tiba di Indonesia sebagai perwakilan.

Berikut daftar pemimpin dunia yang telah hadir di Indonesia guna menghadiri KTT G20 Bali.

1. Presiden AS Joe Biden

2. Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida

3. Presiden Korsel Yoon Suk-yeol

4. Menlu Rusia Sergey Viktorovich Lavrov

5. Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon

6. Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen

7. Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser

8. Chairman World Economic Forum Klaus Martin Schwab

9. Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo

10. Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa.

3 dari 3 halaman

Menko Luhut Pastikan 16 Pemimpin Dunia Terbang ke Bali Hadiri KTT G20

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. memastikan persiapan gelaran akbar KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022 hampir 100 persen. Ia memastikan persiapan ini akan rampung 2 sampai 3 hari mendatang.

"Ini sudah siap dalam 2-3 hari lagi, tinggal teknis kecil," kata Menko Luhut saat meninjau persiapan KTT G20 di Bali, Senin (7/11/2022).

Luhut juga menambahkan bahwa sebanyak 16 pemimpin dunia sudah memastikan kehadirannya dan akan mengikuti rangkaian kegiatan selama acara berlangsung serta bilateral meeting dengan Indonesia, maupun leaders meeting, dan quadrilateral meeting.

Menko Luhut menegaskan bahwa Presidensi G20 Indonesia jadi kegiatan bersejarah karena baru akan digelar kembali di Indonesia 20 tahun lagi. Dirinya berharap agar media dapat mempublikasikan kegiatan ini dengan baik.

"Oleh sebab itu, kita harus kompak. Kesatuan dan persatuan itu penting. Tidak ada manusia yang sempurna, pasti ada kekurangan. Presiden kasih contoh untuk kerja keras, jadi ayo tunjukkan bangsa ini bukan bangsa ecek-ecek, tapi bangsa besar. Berbanggalah," ujar Menko Luhut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.