Sukses

Gen Z Wajib Tahu, Yuk Raih Financial Freedom dengan 3 Cara Ini!

Sudah saatnya Gen Z belajar dalam meraih financial freedom di usia muda supaya bisa tetap bersenang-senang, namun investasi masa depan tetap jalan terus.

Liputan6.com, Jakarta Hidup berdampingan dengan teknologi, Generasi Z atau Zoomer sering disebut dengan istilah digital native. Arus deras informasi yang berasa dari dunia digital, media, bahkan media sosial menjadi sumber pembelajaran bagi para Gen Z dalam mendapatkan pengetahuan mengenai keuangan.

Memiliki penghasilan sendiri dan tidak bergantungan pada orang tua tentu suatu pencapaian besar dalam hidup seseorang. Sudah saatnya Gen Z belajar dalam meraih financial freedom di usia muda supaya bisa tetap bersenang-senang, namun investasi masa depan tetap jalan terus. Mau tau caranya? Yuk, simak beberapa tips dibawah ini, dijamin bebas cemas.

1. Kenali Prioritas dari Menabung

Salah satu kunci dalam mengatur keuangan agar tidak boncos adalah dengan mengenali prioritas dari menabung. Penting agar uang yang ditabung memiliki tujuan tertentu sehingga dirimu bisa menemukan cara terbaik untuk membuat uang itu tumbuh dan mulai membangun kekayaan. Kamu bisa memulai prioritas tersebut dengan membuat perencanaan keuangan atau financial plan.

Perencanaan keuangan ini dapat kamu gunakan untuk menghitung cash flow hingga menyusun strategi dan financial goals. Dengan perencanaan keuangan yang matang, kamu dapat membagi pemasukan ke dalam beberapa kategori untuk digunakan. Seperti kategori pengeluaran untuk kebutuhan, tabungan, kesenangan hingga investasi untuk masa depan. Dengan begitu pemasukan dan pengeluaran keuangan akan tersusun dengan rapi.

2. Menjadi Freelance Kreatif

Berdampingan dengan era digital, kamu bisa  meraih financial freedom di usia muda dengan mencari alternatif pemasukan lain. Salah satunya dengan mencoba menjadi seorang freelance yang memungkinkan kamu melakukan pekerjaan tambahan dimanapun dan kapanpun.

Contoh pekerjaan freelance kreatif yang bisa kamu lakukan adalah menjadi copywriting, content creator, dan desain grafis. Selain menambah pengalaman dan portfolio, pundi-pundi keuangan pun akan bertambah. kamu juga akan menambah pundi-pundi keuanganmu. Menarik bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Investasi eMAS Online

Salah satu cara meraih financial freedom di usia muda untuk Gen Z adalah dengan memulai investasi sedini mungkin. Manfaat dalam investasi untuk meningkatkan nilai dari harta atau nominal yang kamu punya. Misalnya, kamu berinvestasi melalui emas, nilainya cenderung naik setiap harinya. Semakin lama menyimpan emas, nantinya akan mendapatkan nilai jual yang semakin tinggi.

Nah, salah satu platform investasi emas digital yang bisa kamu gunakan adalah melalui fitur eMAS di aplikasi DANA.

Berdasarkan hasil suveri Jakpat Apps bulan Juli 2022, DANA menjadi aplikasi investasi tabungan emas paling populer. DANA menempati posisi pertama dengan capaian sebanyak 43 persen koresponden memilih DANA untuk investasi emas. Hasil ini tentu saja menjadi salah satu bukti kalau investasi di DANA aman dan terjamin.

Ditambah lagi, setiap transaksi di DANA dilindungi DANA Protection, yang menjamin keamanan transaksi dengan sistem keamanan yang canggih, dan dinamis, sehingga para penggunanya bisa Bebas Cemas saat bertransaksi digital.

Setiap melakukan transaksi memakai DANA, pasti pengguna akan dilindungi oleh PIN DANA, Kode OTP dan juga DANA Viz. Kalau terjadi suatu kendala pun, DANA selalu siap membantu dengan adanya fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA. Di fitur ini, kamu bisa langsung melaporkan kendalamu sekaligus mengecek progress penyelesaian dari kendala tersebut. Gak cuma itu aja, kamu juga bisa menghubungi DANA Customer Care 24 Jam lewat fitur ini lho!

Yang paling bikin tenang, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali sesuai dengan syarat & ketentuan yang berlaku, jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi.

Mau jadi Gen Z yang meraih financial freedom dengan Bebas Cemas & #BebasDrama? Yuk, download aplikasi DANA sekarang juga, dan jangan ragu untuk menggunakan DANA untuk menginvestasikan keuangan kamu secara aman dan tenang.    

 

(*/Ayr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini