Sukses

Penyaluran BSU 2022 Target Beres Akhir November, Kini Sudah 10 Juta Penerima

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menargetkan penyaluran Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah (BSU) tahun 2022 melalui PT Pos Indonesia akan selesai pada akhir November 2022.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menargetkan penyaluran Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah atau BSU 2022 melalui PT Pos Indonesia akan selesai pada akhir November 2022.

"Insya Allah PT Pos Indonesia akan menyelesaikan proses penyaluran BSU ini dalam waktu 2 minggu kedepan, atau kira-kira akan selesai pada tanggal 22 November nanti, seperti tadi yang telah disampaikan langsung oleh Pak Dirut ," kata Menaker Ida, Kamis (10/11/2022).

Hal itu disampaikan Menaker saat meninjau proses penyaluran Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah (BSU) tahun 2022 di PT Pos Indonesia KCU Bekasi, Rabu (9/11/2022). Proses penyaluran melalui PT Pos Indonesia ini merupakan tahap ke-7 penyaluran BSU tahun 2022. 

Adapun secara nasional, BSU tahun 2022 telah tersalurkan kepada 10.321.436 Orang atau setara 80,30 persen. Sedangkan tahap VII yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia sudah tersalurkan kepada 1,2 juta orang. 

Menaker menjelaskan, pencairan BSU di PT Pos Indonesia sendiri dilakukan melalui 3 cara. Pertama, penerima BSU datang langsung ke PT Pos Indonesia terdekat.

Kedua, pencairan dilakukan secara kolektif di perusahaan atau tempat tertentu yang ditunjuk oleh PT Pos Indonesia. Ketiga, jika penerima bantuan subsidi upah berhalangan hadir seperti sakit, maka petugas PT Pos Indonesia akan menghampiri langsung penerima BSU ke rumah atau rumah sakit yang bersangkutan. 

Lebih lanjut, untuk penyaluran melalui Kantor Pos, penerima bisa mendatangi langsung lokasi atau mengeceknya terlebih dulu melalui aplikasi Pospay. Untuk diketahui, Pospay merupakan aplikasi digital yang dimiliki Kantor Pos.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cek Penerima BSU

Berikut cara mengecek penerimaan BSU 2022 melalui aplikasi Pospay. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Unduh aplikasi Pospay yang tersedia di Play Store dan App Store

2. Buka aplikasi

3. Apabila belum memiliki akun, kamu bisa melakukan pendaftaran lebih dulu

4. Untuk melakukannya, kamu tinggal memasukkan username, password, serta OTP dan membuat PIN

5. Setelah akun berhasil dibuat, kamu tinggal login dalam aplikasi

6. Begitu berhasil masuk, kamu tinggal mengklik logo Kemnaker

7. Selanjutnya, klik BSU Kemenaker 1 di opsi Jenis Bantuan

8. Setelahnya, pilih 'Ambil Foto Sekarang' untuk mengunggah foto e-KTP

9. Kemudian lengkapi identitas diri, dan klik Lanjutkan

10. Berikutnya, aplikasi PosPay akan menampilkan status penerima BSU

11. Kode QR akan muncul apabila kamu tercatat sebagai penerima BSU

12. Kamu tinggal menunjukkan kode QR tersebut ke Kantor Pos untuk melakukan pencairan BSU

3 dari 4 halaman

BSU 2022 Telah Disalurkan ke 10,32 Juta Pekerja

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan,secara nasional, penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU)  2022 telah mencapai 10,32 juta pekerja. Angka ini setara 80,30 persen dari total target. 

Hal tersebut diungkap saat meninjau proses penyaluran BSU  2022 di PT Pos Indonesia KP Premier Jakarta Timur, Rabu (9/11/2022). Proses penyaluran melalui PT Pos Indonesia ini merupakan tahap ke-7 penyaluran BSU tahun 2022.

"Setelah kita menyelesaikan penyaluran BSU melalui Bank Himbara, maka untuk tahap yang ke-7 ini penyalurannya dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Ada 3,6 juta yang disalurkan di PT Pos Indonesia," kata Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis, Rabu (9/11/2022).

Turut hadir mendampingi Menaker, Dirjen PHI dan Jamsos Kemnaker, Indah Anggoro Putri dan Dirut PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi.

Pencairan BSU di PT Pos Indonesia sendiri dilakukan melalui 3 cara. Pertama, penerima BSU datang langsung ke PT Pos Indonesia terdekat. Kedua, pencairan dilakukan secara kolektif di perusahaan atau tempat tertentu yang ditunjuk oleh PT Pos Indonesia. Ketiga, jika penerima BSU berhalangan hadir seperti sakit, maka petugas PT Pos Indonesia akan menghampiri langsung penerima BSU ke rumah atau rumah sakit yang bersangkutan.

"Mudah-mudahan dengan penyaluran melalui 2 model ini, melalui Bank Himbara dan Kantor Pos ini mudah-mudahan bisa tersalur 100 persen hingga akhir tahun 2022 ini," kata Menaker.

Dirut PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi, menambahkan, PT Pos Indonesia sebagai salah satu penyalur BSU juga telah bekerja secara maksimal, di mana PT Pos Indonesia membuka layanan penyaluran BSU setiap hari, termasuk di hari Sabtu dan Minggu.

"Maksimal 2 minggu lagi selesai," ujar Faizal.

4 dari 4 halaman

Layani BSU 2022, Kantor Pos Indonesia Buka Senin-Minggu hingga Pukul 20.00 WIB

PT Pos Indonesia (Persero) kebagian tugas dari pemerintah menyalurkan bantuan subsidi upah atau BSU 2022.  Bantuan langsung BBM ini mulai disalurkan serentak di seluruh Kantor Pos di seluruh daerah di Indonesia sejak 2 November 2022.

Kali ini BSU Rp 600 ribu diberikan kepada 3,6 juta penerima yang terdata sebagai pekerja, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris mengatakan, demi percepatan penyaluran BSU sekaligus memberi kemudahan kepada pekerja, Kantor pos memperpanjang waktu pelayanan. Dari jam operasional hanya buka Senin-Sabtu menjadi Senin hingga Minggu sampai pukul 20.00 WIB.

"Karena ini program nasional, program besar, kami berkoordinasi tetap dengan stakeholder terkait. Kami lakukan evaluasi harian, kami melakukan vidcon (video conference) dengan teman-teman lapangan untuk melihat progres dari penyaluran ini," katanya.

Haris menegaskan seluruh penerima BSU telah dibuatkan rekening secara kolektif. Namun, Pos Indonesia membantu proses pencairan dana BSU secara tunai kepada para penerima BSU. Untuk itu pihaknya akan menyesuaikan lokasi pembayaran dengan perusahaan masing-masing.

Jika dalam satu perusahaan terdapat jumlah penerima BSU yang dinilai cukup (sedikitnya 20 orang), maka pihak Kantorpos akan menerjunkan petugas langsung ke titik lokasi, seperti perusahaan, pabrik, atau kantor di mana pekerja atau karyawannya menerima BSU.

Kemudian bila ada info masalah atau kendala di lapangan akan dicarikan solusi yang terbaik, sehingga penyaluran bantuan BSU 2022 ini bisa terlaksana dengan lancar seperti penyaluran bantuan sebelumnya.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.