Sukses

Berjuang Melawan Pandemi, Daftar 20 Pebisnis Wanita Terkuat Asia 2022

Dalam hal ini ada sekitar 20 wanita dalam daftar Pengusaha Wanita Terkuat Asia 2022 telah datang dengan berbagai strategi yang membantu bisnis mereka melonjak meskipun ketidakpastian normal baru.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Asia-Pasifik tahun ini sebagian besar telah beralih ke era pascapandemi di mana pemerintah, masyarakat, dan bisnis belajar hidup dengan Covid-19. Dengan transisi ini muncul pertanyaan terkait cara memulihkan diri dari dampak pandemi selama hampir tiga tahun ini.

Ada sekitar 20 wanita dalam daftar Pengusaha Wanita Terkuat Asia 2022 telah mampu bertahan dengan berbagai strategi yang membantu bisnis mereka tetap bertahan dan bahkan menjadi lebih baik meskipun ketidakpastian di tengah era kenormalan  baru.

Beberapa beroperasi di sektor yang paling terpukul seperti logistik, properti, dan konstruksi, sementara yang lain terus berinovasi di berbagai bidang seperti teknologi, farmasi, dan komoditas.

Para wanita yang disorot tahun ini adalah pendatang baru dalam daftar yang telah dibuat sejak 2019, yang semakin memperluas jaringan perintis wanita di wilayah tersebut. Mereka dipilih karena prestasi mereka dalam peran  saat ini dalam menjalankan bisnis dengan pendapatan yang cukup besar dan menunjukkan kepemimpinan yang kuat sepanjang karier.

Dilansir dari Forbes, Rabu (9/11/2022), ini dia deretan Pengusaha Wanita Terkuat Asia 2022 yang mampu mempertahankan bisnis di tengah masa transisi pascapandemi:

Ghazal Alagh

Salah satu pendiri dan kepala inovasi, Konsumen Honasa

Usia: 34

Asal: India

Perusahaan Alagh, yang menaungi merek perawatan pribadi Mamaearth, The Derma Co., Aqualogica, dan Ayuga menjadi unicorn pada awal Januari. Saat itu perusahaan menutup putaran pendanaan USD 52 juta yang dipimpin oleh perusahaan modal ventura Sequoia Capital India, senilai USD 1,2 miliar.

Dia mendirikan perusahaan yang berbasis di Gurgaon bersama suaminya, Varun, yang merupakan CEO, pada tahun 2016.

Akiko Amano

Sutradara, Souke Hanabi Kagiya

Usia: 52

Asal: Jepang

Amano bukan hanya wanita pertama yang mengepalai perusahaan kembang api keluarganya Souke Hanabi Kagiya, di mana teknik dan keterampilan membuat dan meluncurkan kembang api telah diturunkan selama hampir 360 tahun. Akan tetapi, dia juga menjadi wanita pertama yang menjalankan pembuat kembang api di Jepang.

Souke Hanabi Kagiya menempati peringkat di antara perusahaan paling terkenal di Jepang di salah satu perdagangan paling tradisional di negara itu. Ini dapat melacak akarnya kembali ke 1659, dan telah terlibat dalam pertunjukan kembang api tahunan di atas sungai Sumida Tokyo, salah satu pertunjukan kembang api paling signifikan secara budaya di Jepang, sejak 1733.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kristy Carr

Pendiri dan CEO, Bubs Australia

Usia: 49

Asal: Australia

Carr mendirikan pembuat susu formula Bubs Australia pada tahun 2006 setelah berjuang melalui bulan-bulan awal menjadi ibu dan alergi makanan putrinya. Mantan eksekutif pemasaran Cathay Pacific di Hong Kong mengembangkan formula susu kambing untuk membantu transisi putrinya dari ASI.

Bubs, sekarang menjadi penjual teratas di pengecer Australia seperti Coles dan Woolworths, juga membuat gelombang di Cina dan AS "Saya selalu cukup berwirausaha," kata Carr. “Sebagai seorang anak, saya memiliki banyak kios limun.”

Choi Soo Yeon

CEO, Naver

Usia: 41

Asal: Korea Selatan

Choi diangkat pada bulan Maret ke posisi teratas di perusahaan internet terbesar Korea Selatan (kapitalisasi pasar) dan grup terbesar kelima di negara itu setelah chaebol Samsung, SK, Hyundai dan LG. Dia mengambil kendali dari Han Seong-sook yang berusia 55 tahun, pemimpin wanita pertama Naver.

Julie Coates

CEO dan direktur pelaksana, CSR

Usia: 59

Asal: Australia

Coates memimpin CSR perusahaan produk bangunan pada September 2019, tepat sebelum wabah Covid-19 mendatangkan malapetaka pada ekonomi global. Berdasarkan pengalamannya selama puluhan tahun menangani logistik dan transformasi bisnis di raksasa supermarket Australia Woolworths Group dan mengelola pembuat makanan Goodman Fielder, dia mengarahkan bisnis yang berbasis di Sydney melalui gangguan rantai pasokan selama dua tahun terakhir.

Robyn Denholm

Ketua, Tesla

Usia: 59

Asal: Australia

Denholm, yang pekerjaan pertamanya dilaporkan memompa bensin di stasiun layanan orang tuanya di Sydney, telah mengarahkan nasib Tesla sejak menjadi ketua dewan pada tahun 2018. Orang Australia itu telah menjadi direktur independen di Tesla sejak 2014 dan menggantikan pendiri Elon Musk sebagai ketua empat tahun lalu.

 

 

3 dari 5 halaman

Febriany Eddy

Presiden Direktur dan CEO, Vale Indonesia

Usia: 45

Asal: Indonesia

Eddy adalah salah satu dari sekelompok kecil wanita di seluruh dunia yang memimpin operasi pertambangan besar. Tahun lalu, ia diangkat sebagai presiden direktur dan CEO penambang nikel Vale Indonesia, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh produsen terbesar dunia, Vale yang berbasis di Brasil.

Herjati

Direktur Utama, Sillo Maritime Perdana

Usia: 56

Asal: Indonesia

Dalam lima tahun sejak dia mengambil alih perusahaan pelayaran yang berbasis di Jakarta, Herjati menggandakan penjualan Sillo Maritime lebih dari dua kali lipat, dengan penjualan mencapai USD 101 juta pada akhir tahun 2021.

Doris Hsu

Ketua dan CEO, GlobalWafers

Usia: 61

Asal: Taiwan

AS sedang bekerja keras untuk meningkatkan produksi semikonduktor dalam negeri, memberlakukan CHIPS dan Science Act senilai USD 52 miliar tahun ini untuk menarik investasi. Hsu menjawab panggilan itu. Dia memimpin GlobalWafers, salah satu pemasok wafer silikon terbesar di dunia yang digunakan dalam pembuatan chip.

Pada bulan Juni perusahaan mengumumkan akan menginvestasikan hingga USD 5 miliar di pabrik wafer baru di Sherman, Texas, yang akan menciptakan sebanyak 1.500 pekerjaan.

 

4 dari 5 halaman

Kwee Wei Lin

Kepala hotel, Pontiac Land Group

Usia: 46

Asal: Singapura

Ketika Covid-19 menjungkirbalikkan industri pariwisata pada Maret 2020, Kwee baru saja mengambil alih kendali sebagai presiden Singapore Hotel Association. 160 anggotanya mewakili sekitar 80 persen kamar hotel Kota Singa yang melayani jutaan pengunjung setiap tahun sebelum pandemi membanting perbatasan.

Soma Monda

Ketua, Steel Authority of India Ltd.

Usia: 59

Asal: India

Wanita pertama yang memimpin Steel Authority of India Ltd. (SAIL) yang dikelola negara telah memimpin pembuat baja untuk mencatat pertumbuhan pendapatan sejak mengambil alih kepemimpinan pada tahun 2021. Pendapatan tahunan tumbuh sebesar 50 persen, menjadi lebih dari 1,03 triliun rupee (USD 13,7 miliar), sementara laba melonjak tiga kali lipat menjadi 120 miliar rupee, untuk tahun yang berakhir 31 Maret 2022, didorong oleh peningkatan produksi serta lonjakan permintaan untuk produk baja seperti batangan, pelat, dan batangan. Selama periode itu, perusahaan melunasi utang hampir 220 miliar rupee.

Mutiara

Direktur Utama, Murni Sadar

Usia: 64

Asal: Indonesia

Kehilangan kedua orang tuanya pada tahun 2004 karena kanker paru-paru adalah salah satu hal yang mendorong dokter Mutiara untuk berwirausaha. “Sebelum orang tua saya meninggal, saya kelelahan karena membawa mereka keliling dunia selama dua tahun, mencari obat terbaik. Saya menemukan bahwa ada kebutuhan akan rumah sakit kanker di Indonesia, sehingga pasien tidak perlu pergi ke luar negeri untuk berobat,” kenang Mutiara dalam wawancara media pertamanya pada bulan September dari kantornya di Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta.

Anna Nakajima & Mizuki Nakajima

Pendiri, Coly

Usia: 33

Asal: Jepang

Saudara kembar Anna dan Mizuki Nakajima menemukan celah yang signifikan di pasar game Jepang—kekurangan game yang menarik bagi wanita—dan mengisinya. Mereka meluncurkan aplikasi smartphone Coly pada tahun 2014, dan tahun lalu mendaftarkan perusahaan tersebut di Bursa Efek Tokyo.

Park Jeong-rim

Co-CEO, KB Securities

Usia: 58

Asal: Korea Selatan

Menjejak jejak di industri pialang yang didominasi laki-laki Korea Selatan, Park pada tahun 2019 adalah wanita pertama yang memimpin KB Securities, cabang pialang KB Financial Group (perusahaan jasa keuangan terbesar di Korea berdasarkan kapitalisasi pasar). Sejak itu dia memimpin perusahaan untuk mencatat keuntungan bersama co-CEO Kim Sung-hyun, dengan KB Securities membukukan laba bersih 594 miliar won (USD 519 juta) tahun lalu, naik 130% dari

 

5 dari 5 halaman

Pearlyn Phau

CEO Grup, Singlife dengan Aviva

Usia: 54

Asal: Singapura

Sudah lebih dari setahun sejak veteran perbankan itu mengambil alih Singlife dengan Aviva, yang terbentuk dari mega-merger senilai S$3,2 miliar (USD 2,3 miliar) antara unit Singapura dari raksasa asuransi Inggris Aviva dan perusahaan asuransi digital Singlife.

“Ini sangat menarik, bukan hanya karena ini adalah industri baru bagi saya, tetapi juga … untuk membangun sesuatu dari awal,” kata Phau dalam panggilan video dari kantornya di Singapura. “Saya melihat industri asuransi cukup banyak di mana industri perbankan konsumen sekitar delapan tahun yang lalu.”

Mengatasi frustrasi pelanggan yang umum, seperti formulir dan jargon asuransi yang tak terhitung jumlahnya, adalah prioritas bagi Phau dan timnya yang terdiri dari 1.500 orang.

Sineenuch Kokanutaporn

Managing Director, Thai Eastern Group Holdings

Usia: 48

Asal: Thailand

Sineenuch, wanita pertama yang mengepalai agribisnis keluarganya, mengumumkan Thai Eastern Group Holdings (TEGH) pada bulan September, mengumpulkan 1,3 miliar baht (USD 33,9 juta). Rencananya: untuk menambahkan grup tersebut ke dalam jajaran lima besar produsen karet blok negara tahun depan dengan meningkatkan kapasitas produksi lebih dari 45 persen. Ini menumpang pada pemulihan pasca-pandemi industri ban dan permintaan global untuk karet, karena laba bersih naik lebih dari 42 persen menjadi 367 juta baht pada paruh pertama tahun ini.

Namita Thapar

Direktur Eksekutif; Bisnis India, Emcure Pharma

Usia: 45

Asal: India

Seorang pemimpin bisnis, pelatih kewirausahaan, juri reality show, dan penulis—Thapar, 45 tahun, memiliki banyak topi. Sebagai direktur eksekutif Emcure Pharma, dia mengawasi bisnis India dari perusahaan berbasis Pune senilai 61 miliar rupee (USD 730 juta) yang didirikan ayahnya, Satish Mehta, lebih dari empat dekade lalu. Thapar bergabung dengan pembuat antivirus HIV, kardiovaskular dan obat lain pada tahun 2007 sebagai kepala keuangan setelah enam tahun bertugas di AS di pengembang perangkat medis Guidant, di mana dia bekerja di bidang keuangan dan pemasaran.

Wallaya Chirathivat

Presiden direktur dan CEO, Central Pattana

Usia: 60

Asal: Thailand

Wallaya memiliki rencana ambisius untuk pengembang properti ritel terbesar di negara itu. Dia mengalokasikan 200 miliar baht (USD 5,24 miliar) untuk secara signifikan memperluas jejaknya di Thailand dan di seluruh dunia, meningkatkan jumlah pusat perbelanjaan sepertiga menjadi 50 selama lima tahun ke depan dan menambahkan 34 hotel ke dalam tiga portofolio.

Wang Ying

Ketua, Chengdu Easton Biopharmaceuticals

Usia: 57

Asal: Cina

Wang mendirikan Chengdu Easton Biopharmaceuticals pada tahun 2009. Perusahaan, yang mengembangkan, memproduksi, dan menjual berbagai macam obat generik termasuk pereda nyeri dan obat penyakit jantung, mulai berdagang di Shanghai STAR Market pada September 2020 dan terus berkembang di bawah kepemimpinan Wang.

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, pendapatan naik 16% menjadi 897,6 juta yuan ($123 juta), sementara laba bersih meningkat 5% menjadi 195,5 juta yuan.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini