Sukses

Bio Farma Bakal Beri Layanan Kesehatan di KTT G20

PT Bio Farma bakal melayani aspek kesehatan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali 15-16 November 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta PT Bio Farma bakal melayani aspek kesehatan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali 15-16 November 2022 mendatang. Khususnya sebagai pelayanan kesehatan tingkat dua, atau setingkat menteri dan delegasi.

Direktur Transformasi dan Digital PT Bio Farma (Persero) Soleh Ayubi menjelaskan kalau bagian itu diambil sebagai antisipasi kepada para delegasi KTT G20. Sementara, lapis pertama atau tingkat kepala negara biasanya dicakup oleh tim kesehatan khusus.

Dalam pelaksanaannya, Bio Farma turut juga menyiapkan dari sisi apotek klinik, hingga rumah sakit. Baik yang dimiliki oleh Kimia Farma ataupun yang dimiliki Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

"Peran Bio Farma pada saat pelaksanaan G20 itu kami menjadi bagian dari tadi kesiapan kesehatan bersama dengan apotek, klinik, rumah sakit yang dimiliki oleh BUMN baik Kimia Farma maupun IHC itu kami disiapkan untuk kebutuhan layanan kesehatan," kata dia dalam Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Selasa (8/11/2022).

Dia menerangkan fungsinya aebagai tim kesehatan di lapis kedua. Termasuk juga dalam menangani keperluan pelayanan bagi kelompok diluar pimpinan negara.

"Tapi kami biasanya dilayer ke dua, layer pertamanya masing-masing tim kepresidenan kan ada sendiri. Kami men-support di layer kedua. Sama yang untuk non countries leader," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan BUMN Lain

Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chain Reynaldi Istanto mengungkap dukungan BUMN kepada transisi energi bukan teori semata. Namun bisa diwujudkan dengan berbagai upaya yang dilakukan.

"Disini untuk mendukung energy transition ini kita bukan hanya sekedaer teori, jadi memang untuk energi transisi ini di KTT G20 langsung medorong bagaimana ekosistem daripada EV, mobil listrik, bus listrik dan motor listrik," kata dia dalam Ngopi BUMN di Kementerian BUMN, Selasa (8/11/2022).

Dia menyebut pemerintah telah melakukan kerja sama dengan produsen mobil listrik seperti Toyota, Wuling, dan Hyundai dalam menyediakan armada. Total ada 962 mobil listrik yang akan digunakan di KTT G20 di Bali.

"Nah tentu kita di BUMN dimana perannya? Disinilah BUMN melalui PLN dan juga Pertamina Patra Niaga juga mendukung dari pengembangan SPKLU-nya atau charging stationnya," terangnya.

Di sisi stasiun pengisian baterai itu, BUMN telah menyediakan sebanyak 300 stasiun pengisian di Bali. Rinciannya, 68 unit merupakan ultra fast charging, 21 unit fast charging, 200 homecharging, dan 11 bus charging.

"Kami juga mendukung untuk bus listrik. Kita memang disini INKA memproduksi bus listirk pertama kali di KTT G20 ini juga mendukung 24 unit bus listrik ukuran 8 meter, ini juga momentum showcasing produk BUMN bisa ke arah energi terbarukan," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan Lainnya

Di sisi lain, Ketua PMO G20 ini juga menyebut ada dukungan untuk motor listrik dari Gesits bekerja sama dengan Gojek. Ini dengan menyediakan sekitar 66 motor listrik yang juga dipamerkan di ajang KTT G20.

"Jadi inilah upaya kita untuk mendorong transisi energi di KTT G20, ini merupakan showcasing kita untuk energi transisi," paparnya.

Kemudian, dari sisi infrastruktur dasar, ada upaya PLN yang merelokasi PLTG Grati ke Bali sebesar 100 MW. Ada juga Telkom Indonesia yang menyiapkan keandalan jaringan koneksi di lokasi utama KTT G20, termasuk jaringan 5G di 128 titik.

"Angkasa Pura I, ini jadi pintu masuk daripada KTT G20, disini inikan banyak pertama paling petrama delegasi turun itu kan airportnya. Disini kami juga melakukan revitalisais besar di angkasa pura, beautifikasi di terminal internasional, di VIP, dan juga VVIP. Serta doemestik juga kami perhatikan dengan melakukan perbaikan-perbaikan," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Percantik Jalan Tol

Di sisi lain, Jasa Marga dan ITDC juga turut melakukan persiapan dalam menyambut para delegasi KTT G20. Mulai dari mempercantik jalan tol dari bandara dihiasi dengan PLTS yang dikerjasamakan dengan Bukit Asam.

"Berikutnya adalah kami juga di Jasamarga adalah akses utama merupakan akses jalan, kami pembenahan jalan tol, biutifikasi, dan juga ada showcasing PLTS yang merupakan kerja sama antara jasa marga dan bukit asam," kata dia.

"Pelindo juga merupakan pintu masuk daripada logistik, dan juga disini kami telah mulai buka cruise utk bersandar di Bali. Karena memang kami memiliki visi, kami ingin menjadikan ini Benoa Hub, agar menjadi destinasi cruise untuk wisatawan lokal dna dunia," tambah dia.

Selanjutnya, ITDC selaku salah satu area utama dari rangkaian KTT G20. Kementerian BUMN juga menyiapkan upaya mempercantik di area ITDC dan pembangunan charging station di area ITDC untuk mendukung transisi energi ke energi terbarukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.