Sukses

Harga Emas Stabil, Investor Fokus Data Inflasi AS

Harga emas di pasar spot berakhir turun 0,34 persen ke level USD 1.674,49 per ounce, setelah naik lebih dari 3 persen pada perdagangan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas stabil pada perdagangan Senin di dekat posisi tertinggi dalam tiga pekan yang dicapai pada perdagangan Jumat lalu. Gerak harga emas pada perdagangan Senin ini didukung oleh pelemahan dolar AS.

Sementara itu, investor tengah menanti data inflasi AS yang akan keluar di akhir pekan ini. Data ini akan mempengaruhi rencana kenaikan suku bunga Bank Sentral AS atau the Fed.

Mengutip CNBC, Selasa (8/11/2022), harga emas di pasar spot berakhir turun 0,34 persen ke level USD 1.674,49 per ounce, setelah naik lebih dari 3 persen ke level tertinggi sejak 13 Oktober di USD 1.681,69 per ounce pada perdagangan Jumat.

Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,06 persen menjadi USD 1.677,60 per ounce.

"Pelemahan nilai tukar dolar AS, imbal hasil obligasi yang sedikit turun ikut membantu harga emas dan seluruh kompleks logam mulia mengalami penguatan," kata analis senior RJO Futures, Bob Haberkorn.

Dolar AS menambah pelemahan ke level terendah dalam lebih dari satu minggu. Hal ini membuat emas lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Data pada Jumat kemarin menunjukkan pengusaha AS mempekerjakan lebih banyak pekerja dari yang diharapkan pada Oktober, tetapi kenaikan tingkat pengangguran menjadi 3,7 persen meningkatkan harapan bahwa bank sentral AS akan kurang agresif pada kenaikan suku bunga ke depan.

Meskipun emas dipandang sebagai lindung nilai inflasi, suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Emas Diprediksi Melemah Minggu Ini, Siap-Siap Beli?

Harga emas melonjak hampir USD 50 pada hari Jumat (4/11) pekan lalu, karena laporan pekerjaan AS terbaru dan China mengisyaratkan kemungkinan pelonggaran kebijakan Covid-Zero-nya. Namun kehati-hatian tetap disarankan karena semua reli cepat sebelumnya telah digunakan sebagai peluang jual.

Dilansir dari laman Kitco News, Senin (7/11/2022), emas memiliki awal yang spektakuler hingga November setelah melaporkan kerugian bulanan beruntun terpanjang dalam lebih dari lima dekade.

Apalagi sebelumnya dipenuhi berita yang menyebabkan kebingungan di pasar, setelah The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin untuk keempat kalinya berturut-turut.

Di akhir hal-hal yang dovish, Powell mengatakan bahwa bank sentral AS sekarang memperhatikan "pengetatan kumulatif" dan potensi "keterlambatan" yang dengannya kebijakan moneter mempengaruhi inflasi dan aktivitas ekonomi.

Tetapi di sisi hawkish, ketua Fed menekankan tingkat tertinggi suku bunga perlu lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya dan menambahkan jendela untuk soft landing telah menyempit.

Dalam laporan pekerjaan AS bulan Oktober menunjukkan tingkat pengangguran naik menjadi 3,7 persen, meskipun ada kenaikan pekerjaan yang lebih tinggi dari perkiraan.

"Laporan ini menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja sedang mendingin, dan itu adalah kabar baik. Emas melonjak karena dolar mengalami hari terburuk sejak Maret 2020. Pasar sekarang percaya bahwa Fed telah menangani berbagai hal dengan baik dan bisa bergerak lebih lambat," kata analis pasar senior OANDA Edward Moya.

 

3 dari 4 halaman

Peluang Suku Bunga The Fed Naik Lagi

Tetapi perlambatan laju kenaikan suku bunga tidak berarti bahwa The Fed tidak akan naik lebih tinggi. Pasar mulai memperkirakan The Fed akan naik ke 5,25 persen dan imbal hasil 2 tahun jauh dari itu, kata Moya.

Menyusul berita tersebut, imbal hasil Treasury 2 tahun naik lebih dari 50 basis poin dan mendorong di atas imbal hasil 10 tahun. Ukuran resesi utama yang sekarang berada di dekat level tertinggi 40 tahun.

"Pasar berpikir bahwa ekonomi melambat, dan itu tercermin dalam kurva imbal hasil di sini, dengan 2-tahun dan 10-tahun," kata kepala strategi pasar komoditas global TD Securities Bart Melek.

Tapi itu bahkan bukan gambaran keseluruhannya. Ekspektasi pasar terhadap pelonggaran China pada kebijakan Covid-Zero juga mendorong emas lebih tinggi.

"Kami mendapat spekulasi bahwa China akan mencabut pembatasan Covid-Zero itu atau setidaknya melonggarkannya, yang mendorong seluruh pasar," kata Melek.

Meskipun adanya laporan ketenagakerjaan AS, banyak analis tidak percaya reli ini akan bertahan, karena tren jangka panjang untuk emas telah bearish.

"Ini kemungkinan besar adalah jenis rally short-squeeze yang seharusnya dijual di sini. Terlalu dini bagi emas untuk naik. The Fed belum selesai," kata Melek.

TD Securities memproyeksikan emas turun di bawah USD 1.600 dalam beberapa bulan ke depan karena melihat tingkat dana federal memuncak pada 5,5 persen alih-alih proyeksi sebelumnya di bawah 5 persen.

"Ketika ekonomi melambat, Anda akan mulai melihat lonjakan suku bunga riil. Dan bank sentral tidak akan membeli emas sebanyak yang mereka lakukan pada kuartal terakhir ini. Biaya pengangkutan akan mahal," tambah Melek.

Presiden Phoenix Futures and Options Kevin Grady, mengatakan setiap kali emas reli baru-baru ini, penjualan masuk ke pasar, dia melihat banyak orang keluar dari emas sebelumnya, dan ini adalah reli short-covering. Emas masih akan mengalami masa sulit.

4 dari 4 halaman

Prediksi Harga Emas

Semua mata sekarang tertuju pada harga emas, yang berada di sekitar USD 1.685 per ounce. "Ini adalah batas tertinggi dari kisaran yang telah kami alami. Kita mungkin akan melihat penolakan terhadap rapat umum ini," kata kata ahli strategi pasar senior RJO Futures, Frank Cholly.

Pada saat penulisan, emas berjangka Comex Desember diperdagangkan pada USD 1.676,40, naik 2,79 persen hari ini. Cholly menyarankan keluar dari posisi buy dan mengambil beberapa keuntungan sebelum kekuatan dolar kembali. Tetapi jika emas bergerak di atas level USD 1.685 per ons, maka prospek berubah.

"Jika kita berada di atas USD 1.685, maka saya akan memikirkan kembali strategi itu," kata Cholly.

Apakah emas bisa naik atau tidak di atas level resistensi kunci berikutnya dan kemudian pindah ke USD 1.700 per ounce akan bergantung pada data inflasi minggu depan. Jika data menunjukkan tekanan harga turun, emas bisa naik ke wilayah itu, kata Moya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.