Sukses

Pupuk Kaltim Dukung Pengembangan Wisata Labuan Bajo

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mendukung pengembangan potensi wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, melalui budaya olahraga

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mendukung pengembangan potensi wisata Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, melalui budaya olahraga dengan mengikutsertakan para atletnya dalam IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengatakan perusahaan memfasilitasi para atlet dari perwakilan karyawan di IFG Labuan Bajo Marathon 2022 untuk membawa nama Pupuk Kaltim di ajang tersebut. Hal ini menindaklanjuti arahan Pupuk Indonesia (PI) agar perusahaan di lingkup PI Grup mendukung kegiatan tersebut dan menumbuhkan geliat pariwisata nasional, sekaligus mendorong budaya olahraga di lingkup BUMN.

"Pupuk Kaltim senantiasa mendukung berbagai upaya pemulihan ekonomi masyarakat, baik di sektor pariwisata maupun lainnya. Termasuk olahraga, dengan terus mendorong budaya pola hidup sehat bagi karyawan,” ujar Qomaruzzaman dalam keterangannya dikutip dari Antara, Rabu (2/11/2022).

Keikutsertaan Pupuk Kaltim pada ajang ini sekaligus bentuk dukungan perusahaan terhadap pengembangan potensi wisata Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi super prioritas (DSP) di Indonesia untuk menumbuhkan kembali geliat pariwisata daerah sekaligus mendorong minat masyarakat akan budaya olahraga, khususnya lari.

Lima pelari dari Klub Atletik Pupuk Kaltim turut berpartisipasi dalam ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang digelar BUMN Holding Asuransi Indonesia Financial Group (IFG) di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Atlet perwakilan Pupuk Kaltim masuk dalam kategori 10K untuk kelas Master (40 tahun ke atas) dan Open (di bawah 40 tahun). Untuk kelas Master 2 pelari dan Open 3 pelari.

Tak sekadar berpartisipasi, seluruh perwakilan Pupuk Kaltim mampu meraih prestasi membanggakan karena masuk 10 besar peserta terbaik untuk kategori 10K. Bahkan salah satu peserta atas nama Achmad Lucky meraih Juara 3 di kelas Open 10K.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skala Besar

IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan ajang maraton berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism. Ajang ini terbagi dalam enam kategori, yakni Marathon, Half Marathon, 10 kilometer (10K), 5 kilometer (5K), Ekiden dan Kids Dash dengan total peserta mencapai 1.200 orang.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Kementerian BUMN mendukung penuh kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dan berharap bisa memberikan dampak positif peningkatan perekonomian masyarakat lokal, terutama untuk pemulihan ekonomi pascapandemi.

“Indonesia punya potensi besar untuk sport tourism, sebuah konsep yang menggabungkan kegiatan olahraga dengan pariwisata. Salah satunya Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi super prioritas sehingga ajang ini diharapkan bisa turut mendukung visi dan misi pemerintah untuk meningkatkan pariwisata di daerah,” ujar Arya.

3 dari 3 halaman

Tak Cuma Lomba Lari, Labuan Bajo Marathon 2022 Hadirkan Pesta Rakyat

Lomba lari marathon terbesar di Indonesia Timur akan digelar di Labuan Bajo pada 29 Oktober 2022. IFG Labuan Bajo Marathon 2022 tak hanya menghadirkan lomba lari saja tapi turut menggelar Culinary and Cultural Festival serta festival budaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setelah dua tahun pandemi Covid-19.

Culinary and Cultural Festival merupakan bazar UMKM, yang melibatkan usaha kuliner dan kerajinan lokal setempat. Acara ini diselenggarakan di Waterfront, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai dari 27 hingga 29 Oktober 2022.

“Kami telah memberikan pelatihan pada para pelaku UMKM dan memberi kesempatan pada mereka untuk memamerkan produknya di Culinary and Cultural Festival. Ini menjadi salah satu tujuan kami menggelar rangkaian acara “IFG Labuan Bajo Marathon 2022” untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Labuan Bajo,” ujar Direktur SDM IFG yang membawahi fungsi TJSL, Rizal Ariansyah.

Selain bazar UMKM, juga digelar lomba dayung sebagai salah satu ajang meramaikan Labuan Bajo Marathon 2022 sekaligus upaya menggairahkan pariwisata di Labuan Bajo.

“Lomba dayung diharapkan bisa memperkenalkan kekayaan budaya setempat serta membangkitkan semangat berprestasi,” tambah Rizal.

Rangkaian acara ini juga didukung penuh oleh pemerintah setempat. Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengharapkan, event ini dapat membangkitkan semangat warga untuk berprestasi di aneka cabang olah raga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.