Sukses

Cara Cek Tagihan Listrik di Laman PLN, PLN Mobile, Hingga Tokopedia

Ketahui cara cek tagihan listrik mulai dari website resmi PLN, PLN Mobile, hingga platform e-commerce Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta - Pengecekan tagihan listrik menjadi rutinitas masyarakat setiap bulannya. Cek tagihan listrik bisa dilakukan secara online di berbagai platform, mulai dari website resmi PLN, PLN Mobile, hingga platform e-commerce Tokopedia.

Seperti diketahui, membayar tagihan listrik dengan tepat waktu merupakan hal yang penting, agar aliran listrik tidak diputuskan sementara oleh PLN terutama pengguna pascabayar.

Agar hal tersebut tidak terjadi, masyarakat harus mengecek tagihan listrik secara rutin setiap bulannya. Pengecekan bisa dilakukan dengan dua cara dan keduanya bisa dilakukan secara online dari rumah.

Berikut adalah cara cek tagihan litrik melalui platform e-commerce Tokopedia, dikutip dari laman resmi Tokopedia, Selasa (1/11/2022) : 

- Kunjungi Halaman Tokopedia > PLN > Tagihan Listrik.

- Masukan nomor pelanggan Anda pada kolom yang tersedia.

- Selanjutnya, klik Tombol "Bayar" / "Beli".

- Setelah itu, rincian tagihan listrik akan secara otomatis muncul jika nomor pelanggan yang dimasukkan tepat.

- Anda juga bisa langsung membayar tagihannya secara langsung melalui berbagai metode pembayaran yang tersedia.

Adapun cara mengecek tagihan listrik salah satunya adalah melalui website resmi PLN sebagai berikut :

- Pertama, buka halaman website resmi PLN untuk pengecekan secara online di http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php.

- Masukkan nomor ID PLN ke dalam kolom No Pelanggan.

- Kemudian, klik tombol "Cek tagihan".

- Jika nomor ID yang dimasukkan benar, maka nama pelanggan, besar daya serta jumlah tagihan listrik akan muncul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat PLN Mobile

Selain itu, PLN juga memberikan kemudahan kepada masyarakat melalui layanan PLN Mobile, ini dalam bentuk aplikasi.

Aplikasi tersebut tidak hanya bisa dibuat untuk mengecek tagihan listrik, tetapi juga bisa digunakan untuk mengecek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progres permohonan, dan sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan.

Cara-cara untuk mengecek tagihan listrik melalui PLN Mobile adalah sebagai berikut.

1. Install aplikasi PLN Mobile melalui Google Playstore.

2. Kemudian pilih menu “Token & Pembayaran”.

3. Selanjutnya masukkan Nomor ID.

4. Klik “Periksa”.

5. Setelah itu, tampilan pada pelanggan pasca bayar akan muncul nominal tagihan pemakaian. Anda bisa memilih tagihan tersebut, kemudian klik tombol "Pilih Tagihan", lalu akan muncul Detail Tagihan dan klik "Lanjutkan Pembayaran". Terakhir, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan untuk melakukan pembayaran.

6. Sedangkan bagi pelanggan prabayar dapat melakukan pembelian token melalui menu tersebut, dengan mengeklik tombol "Beli", selanjutnya muncul Detail Token, klik "Lanjutkan Pembayaran", terakhir pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.

3 dari 3 halaman

Cek Tagihan Listrik via SMS

Dikutip dari laman resmi Tokopedia, cara praktis untuk melihat tagihan listrik lainnya adalah dengan layanan SMS Gateway.

Pertama, Anda perlu mengetik SMS dengan format REK<spasi>NO ID Pelanggan. Saat tahap tersebut selesai, kirimkan ke nomor 8123.

Agar semakin mudah untuk mendapatkan informasi tagihan setiap bulannya, Anda juga bisa mengaktifkan SMS berlangganan dengan cara mengirim SMS dengan format PLN<spasi>ON<spasi>Nomor ID dan ke 8123.

Tarif SMS sesuai operator yang digunakan mungkin diperlukan untuk layanan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.