Sukses

BSU 2022 Tahap 7 Sudah Cair Lewat Kantor Pos, Simak Cara Ambilnya!

Penyaluran BSU 2022 tahap 7 dilakukan melalui kantor PT Pos Indonesia. Ini karena tidak semua penerima BSU memiliki nomor rekening bank Himbara

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sempat tertunda karena masalah data yang belum cocok, akhirnya Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 tahap 7 senilai Rp 600.000 sudah disalurkan. Kali ini, penyaluran BSU 2022 Tahap 7 ini melalui PT Pos Indonesia. 

Hal ini disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di sela-sela gelaran JobFair Nasional di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

"BSU tahap 6 sudah selesai, sekarang kami tinggal menyelesaikan untuk mentransfer ke PT Pos Indonesia (Tahap 7) sudah berjalan," ujarnya.

Ida menyampaikan, penyaluran BSU tahap 7 dilakukan melalui kantor PT Pos Indonesia. Ini karena tidak semua penerima BSU memiliki nomor rekening bank Himbara atau memiliki rekening yang bermasalah.

"Jadi dengan demikian kami berharap, dalam waktu yang tidak lama semuanya akan selesai tersalurkan baik yang melalui bank Himbara maupun melalui PT Pos Indonesia," kata Menaker beberapa waktu lalu.

Adapun, syarat penerima manfaat BSU 2022 yakni menjadi peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan Juli 2022. Lalu, Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan NIK.

Kemudian, calon penerima BSU mempunyai gaji atau upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta. Sementara bagi Pekerja yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji atau upah tersebut menjadi paling banyak sebesar Upah Minimum Kabupaten/Kota atau Provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Selanjutnya, BSU diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima program Kartu Prakerja, Program Keluarga Harapan, atau Banpres Produktif untuk Usaha Mikro pada tahun berjalan, dan dikecualikan untuk PNS dan TNI/POLRI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alur Penyaluran

Menaker menambahkan, penyaluran BSU tahun 2022 diharapkan dapat terselesaikan pada akhir Oktober 2022. Sedangkan masyarakat yang merasa sudah ditetapkan sebagai calon penerima BSU namun belum ditetapkan sebagai penerima, diharapkan untuk terus memantau status penyaluran di akun SIAPKerja atau laman web bsu.kemnaker.go.id.

"Silahkan cek melalui akun SIAPKerja. Di situ yang eligible atau eligible tapi tidak memenuhi syarat (BSU) karena sudah menerima bantuan lain, tidak punya nomor rekening (Bank Himbara), itu bisa dicek," ucapnya.

Selanjutnya, berikut alur penyaluran BSU Rp 600.000 melalui PT Pos Indonesia:

1. Pos Indonesia melakukan pembukuan rekening Pos Giro secara kolektif untuk seluruh penerima BSU.

2. Menyalurkan langsung ke penerima BSU

- Penerima bisa datang langsung ke kantor pos dengan menunjukkan KTP dan surat undangan

- Petugas pos datang ke komunitas/perusahaan

- Diantar langsung ke rumah penerima BSU.

 

3 dari 3 halaman

Pencairan BSU Tahap 7 Molor, Warganet Serbu Akun Kemnaker

Sebelumnya, penyaluran program Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap VII senilai Rp 600.000 molor dari waktu yang telah dijadwalkan. Seharusnya, penyaluran BSU tahap VII telah dilakukan pada Kamis (27/9) kemarin.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat mendampingi PresidenJoko Widodo meninjau penyaluran Bantuan Subsidi Upah di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (25/10/2022).

"Data sudah ada di PT Pos Indonesia sedang dalam proses cleansing, dan dana sudah disalurkan ke masing-masing PT Pos masing-masing daerah dan akan disalurkan Insyaallah pada 2 hari ke depan," kata Menaker Ida.

Terkait penyaluran BSU tahap VII lewat PT Pos Indonesia, ini karena tidak semua penerima BSU memiliki nomor rekening bank Himbara. Selain itu, terdapat calon penerima memiliki rekening yang bermasalah.

"Jadi dengan demikian kami berharap, dalam waktu yang tidak lama semuanya akan selesai tersalurkan baik yang melalui bank Himbara maupun melalui PT Pos Indonesia," kata Menaker.

Akan tetapi, hingga memasuki Jumat (28/10) penyaluran BSU tahap VII tak kunjung dilakukan. Kondisi ini membuat masyarakat ramai-ramai menyerbu akin instagram resmi @Kemnaker untuk menanyakan alasan BSU tak kunjung cair.

"Kapan cairnya kita yg berstatus calon ini tolong dong jangan dikasih harapan," tulis akun instagram @prihatinlin.

Pengguna instagram lainnya juga mengeluhkan mundurnya waktu penyaluran BSU tahap VII dari jadwal yang telah ditetapkan. Dia pun mempertanyakan pihak Kemnaker yang tak kunjung merespon pernyataan dari masyarakat melalui kolom komentar instagram.

"Min ini sdh hari jumat, kmarenan di berita bilangnya hari ini mulai disalurkan, tolong beri kami kejelasan gmn proses pencairan tahap 7," tulis akun @hyeri_amanda.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.