Sukses

Pemuda Indonesia Kurang Tahan Banting dalam Berwirausaha

Minat pemuda dalam wirausaha di indonesia sangat tinggi yakni 81 persen, namun hanya 8 persen pemuda yang memiliki bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi, Kementerian PPN/BAPPENAS, Ahmad Dading Gunadi mengungkapkan minat pemuda dalam wirausaha di indonesia sangat tinggi yakni 81 persen, namun hanya 8 persen pemuda yang memiliki bisnis.

Dading menjelaskan banyak para pemuda menghadapi tantangan dari sisi kompetensi, pengalaman, sumber daya, jejaringan, dan dukungan keluarga untuk memulai menjalankan usahannya.

"Yang menjadi wirausahanya tidak banyak kaya negara-negara lain, minatnya saja yang banyak besar tapi yang jadi cuma dikit," ujar Dading, di Hotel Ashley, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Tak hanya itu, tantangan bagi pemuda juga dalam mentalitas seperti ketekunan, kegigihan, ketahanan dan kopetensi belum terbangun dengan baik.

"Dukungan keluarga yang belum optimal, dimana keluarga cenderung menungkung pilihan karir pemuda untuk menjadi PNS atau sebagai karyawan di suatu perusahaan dengan penghasilan pasti," jelas Dading.

Akses terhadap permodalan, pemasaran, bahan baku, infrastruktur transportasi dan internet serta aturan perpajakan dan perizinan usaha yang belum ramah bagi para pemuda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Pemerintah Belum Optimal

Serta belum optimalnya peran pemerintah untuk membangun iklim usaha yang kondusif untuk mendorong kewirausahaan pemuda, kata dia.

"Belum ada pendataan pemuda wirausaha, tata kelola pemerintahan dalam enegloaaan program pengembanagn keriusahaan," terang dia.

Di sisi lain, target rasio kewirausahaan pada tahun 2021 3,55 persen namun capaiannya hanya 2,89 persen hal tersebut disebabkan oleh adanya pandemi covid 19 yang melanda selama 2 tahun.

 

3 dari 3 halaman

Target Pemerintah

Kendati begitu, target pemerintah di tahun 2024 untuk rasio kewirausahaan yakni sebesar 4 persen."Itu karena pandemi jadi semua pihak-pihak atau sektor tertekan, rasionya sangat kecil. Tahun 2024 harus mencapai 4 persen," tuturnya.

Lebih lanjut, apabila capaian target di tahun 20224 tersebut memenuhi, maka Indonesia akan menjadi negara yang dari kelas menengah ke atas hingga menjadi kelas maju.

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.