Sukses

Taruna Kemenhub Adu Jotos di Monas, Siap-Siap Kena Sanksi

Kemenhub menyesalkan terjadinya insiden keributan antara beberapa taruna setelah acara Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi Tahun 2022 di Monas, Jakarta, Selasa (25/10) kemarin

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyesalkan terjadinya insiden keributan antara beberapa taruna setelah acara Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi Tahun 2022 di Monas, Jakarta, Selasa (25/10) kemarin. Video yang menampilkan keributan antar taruna sendiri menjadi viral di media sosial dan menuai kritik dari netizen.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, Kemenhub akan menjatuhkan sanksi terhadap taruna yang terbukti terlibat dalam insiden baku hantam tersebut. Hal ini sesuai dengan tata tertib taruna pada sekolah BPSDMP, taruna dilarang melakukan kekerasan ataupun terlibat perkelahian.

"Kepala BPSDMP telah memerintahkan untuk memberikan sanksi bagi yang terbukti melanggar. Kepala BPSDMP (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) juga meminta sekolah untuk mengawasi secara ketat kegiatan taruna agar kejadian tersebut tidak meluas," kata Adita dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Rabu (26/10/2022).

Adita menyampaikan, insiden kekerasan anta taruna ini juga bersifat perorangan bukan atas nama sekolah. Temuan ini diperoleh dari pengumpulan data dan informasi oleh pihak BPSDMP Kemenhub maupun para taruna.

"BPSDMP telah melakukan mediasi dan menyelesaikan permasalahan dimaksud sambil terus melakukan pendalaman-pendalaman untuk mencari penyebab yang memicu insiden dimaksud," ungkapnya

Untuk mengeratkan rasa persatuan dan kebersamaan, BPSDMP memberikan pengarahan dan pembekalan kepada para perwira yang baru dilantik hari ini yang nantinya akan melaksanakan tugas di sekolah sekolah BPSDMP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harapan Kemenhub

Diharapkan para perwira transportasi ini dapat secara persuasif menyebarluaskan pesan untuk meningkatkan rasa persatuan antar taruna sekolah BPSDMP.

"Keberagaman dari sekolah-sekolah BPSDMP, dapat menjadi kekuatan dalam melaksanakan transportasi yang menghubungkan Indonesia," lanjut Adita.

Sebelumnya, beredar sebuah video yang memperlihatkan seorang taruna yang tengah berseragam putih dan cokelat terlibat aksi saling pukul. Kejadian tersebut terjadi pada Selasa (25/10) pagi tadi.

Video tersebut beredar dan viral di media sosial dari unggahan akun Twitter @txtdrberseragam.

"Terjadi keributan di WISPA 2022 KEMENHUB, penyebab karena saling senggol antar taruna," kutip dari akun Twitter tersebut.

Diketahui WISPA merupakan Wisuda Terpadu Perwira Transportasi yang digelar oleh Kementerian Perhubungan. Acara tersebut digelar di Monas, Jakarta Pusat pagi tadi.

 

3 dari 3 halaman

Dikeroyok

Dari video tersebut tampak sejumlah taruna yang berbaju putih saling memukul rekannya secara membabi buta. Beberapa diantaranya pun sempat dikeroyok hingga terjatuh bahan ditendang.

Menanggapi kejadian tersebut Kapolsek Gambir, Kompol Binsar H Sianturi mengatakan kejadian tersebut dipicu lantaran adanya kesalahpahaman.

"Setelah selesai acara pelantikan sempat ada kesalah pahaman antar perwira Kemenhub," ujar Binsar saat dikonfirmasi, Selasa (251/10)

Pasca acara tersebut pun diwarnai dengan aksi pukul memukul. Tidak berselang lama pihak Polsek Metro Gambir yang mengetahui kejadian langsung turun tangan dan mendamaikan pihak yang terlibat.

"Tadi ada miskomunikasi ada keributan tapi sudah diselesaikan tadi usai acara pelantikan," imbuhnya.

"Tadi ada anggota kami yang ke sana untuk mendamaikan," lanjut Kapolsek Gambir.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.