Sukses

Menko Luhut: Atletik Salah Satu Olahraga Pemersatu Bangsa

Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan yang juga selaku Ketua Umum PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) menegaskan bahwa atletik merupakan salah satu pemersatu bangsa.

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang juga selaku Ketua Umum PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) menegaskan bahwa atletik merupakan salah satu pemersatu bangsa Indonesia.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Student Athletics Championships Seri Yogyakarta, Minggu (23-10-2022).

“Student Athletics Championships yang diselenggarakan ini merupakan salah satu upaya untuk kita bersama-sama dari berbagai ras dan budaya, mempersatukan bangsa Indonesia, dengan cara meningkatkan kemampuan dan semangat atletik seperti ini,” kata Menko Luhut di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu (23/10/2022).

Lebih lanjut, Menko Luhut memaparkan cabang olahraga atletik adalah Ibu dari segala cabang olahraga yang lain atau dikenal dengan the mother of sports.

Oleh sebab itu, dirinya berpesan bahwa atletik sepatutnya harus bisa melahirkan talenta-talenta terbaik yang ada dan menorehkan berbagai prestasi bagi Indonesia di tengah ratusan juta potensi yang ada.

“Oleh sebab itu, saya bercita-cita bahwa cabang olahraga ini dapat dikenal dan dinikmati sebagai cabang olahraga yang tidak pernah memandang kasta, namun tetap menjadi penyumbang medali dalam setiap kejuaraan yang ada, dan lebih daripada itu, cabang olahraga inilah yang diharapkan dapat menguatkan persatuan dan kesatuan kita semua sebagai warga negara dengan berbagai kegiatan yang diadakan serentak di seluruh provinsi di Indonesia,” paparnya.

Diketahui Student Athletics Championships ini menjaring setidaknya lebih dari 22 ribu peserta dengan melibatkan setidaknya 400 sekolah yang ada dan menggaet 20 ribu pengunjung untuk tahu dan peduli akan hadirnya ajang pencarian bakat terbesar untuk mencari talenta muda atletik terbaik di Republik ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencarian Bakat

Kegiatan pencarian bakat yang di adakan di 10 provinsi dengan salah satunya di Yogyakarta ini nantinya akan memilih kembali 300 atlet terbaik yang kemudian akan di lombakan kembali dalam ajang National Championship di Jakarta Desember mendatang.

“Dari hasil inilah para putra-putri terbaik dari daerah akan diseleksi sebagai pemenang dan berhak mewakili daerahnya untuk mengikuti kunjungan dan pendidikan di negara maju yang memiliki prestasi atletik terbaik seperti Amerika dan beberapa negara lainnya,” ujarnya.

“Selain itu para talenta muda ini nantinya juga akan kami ikutsertakan dalam program training center yang akan melibatkan para pelatih terbaik dan program atletik terbaik hingga memiliki tujuan untuk dapat mengharumkan nama Atletik Indonesia di kancah global. Hal ini kami lakukan semata-mata sebagai bentuk kecintaan kami kepada negara ini,” pungkas Menko Luhut.

Selain Menko Luhut, hadir juga di lokasi yakni Pengurus PB PASI baik pusat dan daerah, para peserta, official team DBL Indonesia, para sponsor serta para penonton yang semakin memeriahkan jalannya pertandingan.

3 dari 3 halaman

Menko Luhut: Jokowi Minta Tony Blair Promosikan IKN

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta langsung mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair untuk mempromosikan peluang investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikannya usai mendampingi Jokowi saat bertemu dengan Tony Blair, yang kini menjabat sebagai Dewan Penasihat IKN di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

"Presiden minta Tony Blair, dan Tony Blair kebetulan menawarkan diri juga untuk membantu promosikan ibu kota baru ini ke internasional," ujar Luhut.

Luhut mengatakan, Tony Blair juga menyampaikan sejumlah pemikiran terkait strategi promosi yang dapat dilakukan pemerintah Indonesia.

Tony Blair menyebut pemerintah dapat melakukan promosi ke beberapa negara lain seperti pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) dan China, serta sejumlah perusahaan asing di kawasan Asia untuk berinvestasi di IKN.

"Tadi pikiran dari Pak Tony Blair, pengusaha dari Uni Emirat Arab dengan Tiongkok. Kemudian tadi Saudi dengan Korea itu joint company," lanjutnya.

Menko Luhut melanjutkan, nantinya selain perusahaan asing, perusahaan dari Indonesia juga akan turut berkontribusi dalam pembangunan IKN dengan menanamkan modalnya di sana.

"Perusahaan dari Indonesia itu nanti bahu-membahu dalam membangun IKN karena pembangunan ini bukan hanya gedungnya saja, tetapi seperti Presiden sampaikan, termasuk juga kepada rohnya," tambahnya.

Selain itu, Luhut menyebut Tony Blair sangat puas dengan paparan dan materi yang disajikan soal proyek IKN Nusantara. Termasuk, Jokowi yang turut mengajak kepada para investor untuk berinvestasi di IKN.

"Tony Blair sangat puas sekali dengan apa yang disajikan tadi malam oleh panitia juga Presiden hadir di sana, launching IKN ya," pungkas Menko Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.