Sukses

Ikut Perintah Jokowi, Wamendag Jamin Sektor Perdagangan Amankan Pertumbuhan Ekonomi

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menekankan sektor perdagangan dalam dan luar negeri mampu menopang ekonomi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menekankan sektor perdagangan dalam dan luar negeri mampu menopang ekonomi Indonesia. Menyusul perintah Presiden Joko Widodo terkait berbagai peluang dan tantangan ekonomi kedepannya.

Merespons gejolak ekonomi global, Wamendag Jerry menyebut kalau pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah. Di sektor perdagangan dalam negeri, Kemendag telah mengamankan ketersediaan dan keterjangkauan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Kemudian meningkatkan dukungan infrastruktur dan sarana perdagangan, memperlancar perdagangan bahan baku dan bahan pendukung industri. Selanjutnya, melakukan trasnformasi sistem perdagangan menuju digitalisasi, membina dan meningkatkan kapabilitas pelaku perdagangan dan lain-lain.

Sedangkan dalam perdagangan luar negeri, Kemendag telah membuka akses dan jaringan pasar bagi produk-produk Indonesia. Lalu, melakukan pengamanan perdagangan agar kebijakan perdagangan luar negeri Indonesia bisa berjalan baik dan terus memperjuangkan kepentingan dan kedudukan Indonesia dalam rantai pasok global.

“Kita menggarap dengan serius potensi-potensi perdagangan sekaligus membuka pasar-pasar non tradisional untuk pengembangan ekspor dan juga memunculkan serta membina komoditas perdagangan baru seperti aset kripto," kata dia mengutip keterangan resmi, Jumat (21/10/2022).

Jerry mengaku optimistis ekonomi Indonesia akan makin tumbuh dan bertahan meskipun negara-negara lain, termasuk negara maju mengalami resesi. Perdagangan Indonesia menurut Jerry akan makin kuat dengan dukungan seluruh instansi dan pelaku usaha yang semakin kreatif dalam mengelola potensi ekonomi masyarakat.

"Sesuai arahan Presiden, kami siap bekerja semaksimal mungkin dan optimis kinerja perdagangan akan meningkat. Bukan hanya dalam segi produk, sumber daya dan sumber daya intitusi Indonesia semakin bagus. Bisa kita lihat anak muda khususnya dan pengusaha Indnesia sangat progresif dan kreatif," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kinerja Baik

Di sisi lain, dari sisi institusinya pun makin menunjukkan kinerja yang apik. Hal ini semakin membuatnya percaya diri kalau sektor perdagangan mampu menopang ekonomi Indonesia.

"Kita bisa lihat hal tersebut di kementerian dan lembaga negara maupun asosiasi-asosiasi seperti KADIN, HIPMI dan lain-lain. Karena itu yakin sektor perdagangan akan menjadi backbone ekonomi Indonesia dalam menghadapi kondisi global saat ini," tuturnya.

Informasi, Wamendag Jerry bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Mendag Zulkifli Hasan, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Menseskab Pramono Anung dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 pekan ini.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Optimis

Sebagaimana diketahui, dalam Pembukaan TEI 2022, Presiden menekankan perlunya optimisme sekaligus kewaspadaan dalam menghadapi perkembangan ekonomi dunia terbaru. Indikator-indikator ekonomi Indonesia seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, neraca perdagangan dan lain-lain menunjukkan kuatnya struktur ekonomi Indonesia.

Meskipun demikian, Jokowi mengajak semua pihak untuk waspada dan terus bekerja mengamankan sektor ekonomi. Menurut Wamendag Jerry, Kementerian Perdagangan bertekad sepenuhnya melaksanakan arahan Presiden tersebut.

Presiden sendiri secara khusus menyebutkan prestasi perdagangan luar negeri Indonesia yang mencapai surplus berturut-turut selama 29 bulan. Dalam beberapa periode surplus tersebut bahkan mencapai rekor tertinggi. Dalam sektor perdagangan dalam negeri, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan juga relatif berhasil dalam menjaga ketersediaan barang dan daya beli masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.