Sukses

Bukan Elon Musk atau Jeff Bezos, Kenalkan Orang Terkaya dalam Sejarah Manusia

Kekayaannya berasal dari penambangan garam dan deposit emas di kerajaan Mali.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membicarakan orang terkaya di dunia, nama Elon Musk, Jeff Bezos, Bill Gates, dan Gautam Adani sudah tidak asing. Berbeda dengan Mansa Musa yang mungkin namanya terasa asing di telinga. Padahal sebenarnya dialah yang menjadi orang terkaya dalam sejarah.

Siapakah dia sebenarnya?

Dilansir dari laman National Geographic, Kamis (13/10/2022), Mansa Musa ialah penguasa Kerajaan Mali yang memimpin sejak 1312-1337 M. Selama masa pemerintahannya, Mali menjadi kerajaan terkaya di Afrika dan Mansa Musa menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Kekayaannya berasal dari penambangan garam dan deposit emas di kerajaan Mali. Selain itu, ada pula sumber kekayaannya yang lain yaitu gading gajah.

Bagi yang penasaran dengannya, simak fakta-fakta Mansa Musa berikut ini seperti dilansir dari laman South China Morning Post.

Sultan Kekaisaran Mali

Di Mandinka, "Mansa" berarti sultan atau kaisar. Tercatat bahwa Musa Keita lahir sekitar tahun 1280 M pada masa Dinasti Keita.

Ia dilahirkan dalam keluarga penguasa dan mulai memimpin kerarajaan pada 1312 M. Saat itu saudara laki-lakinya Mansa Abu-Bakr turun takhta untuk melakukan ekspedisi mewah di laut.

Menurut sejarawan Shibab al-Umari, Abu-Bakr selalu terpesona dengan Samudra Atlantik dan dilaporkan pergi dengan armada sekitar 2.000 kapal dengan ribuan pria, wanita dan budak – tetapi dia tidak pernah kembali.

Akhirnya Mansa Musa menjadi sultan kesembilan dari kerajaan Afrika Barat, yang sudah dianggap sangat kaya pada saat ia naik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerajaannya Kaya Garam, Emas, dan Tanah

Sejarawan memperkirakan bahwa Kerajaan Mali pada saat itu adalah produsen emas terbesar di dunia, yang memiliki lebih dari setengah total pasokan dunia.

Musa yang memimpin, kerajaan terus berkembang secara fenomenal, berkat karyanya dalam memperluas perdagangan di wilayah tersebut. Kekayaannya terus meroket dari penambangan garam dan deposit emas yang signifikan, serta perdagangan gading gajah.

Bukan hanya garam dan emas, di bawah pemerintahannya, kerajaan itu berkembang pesat membentang lebih dari 3.000 km dari Samudra Atlantik ke Niger modern, menggandeng lebih dari 24 kota, termasuk Timbuktu.

Dilaporkan bahwa dia tidak pernah kalah dalam pertempuran. Sementara dalam banyak kasus, wilayah bergabung dengan Kerajaan Mali dengan sukarela karena kualitas hidup yang lebih tinggi.

Melakukan ziarah yang paling boros sepanjang masa

Sebagai seorang Muslim yang taat, Musa memulai perjalanannya ke Mekah dari tahun 1324-1325, yang sekarang disebut sebagai “ziarah paling boros dalam sejarah manusia”.

Musa memiliki visi untuk membuat namanya dikenal dunia dan ziarah gurun sejauh 6.500 km ini adalah kesempatan sempurna untuk melakukannya. BBC melaporkan bahwa Musa meninggalkan Mali dengan sekitar 60.000 pria dan wanita, dari pejabat kerajaan hingga pengemudi unta dan budak.

Dilaporkan bahwa banyak dari para pelancong ini mengenakan sutra Persia dan brokat emas dari ujung kepala hingga ujung kaki – termasuk para budak. Unta – sekitar 100 di antaranya – membawa karung berisi emas murni.

Perjalanan itu membawa Musa dan rekan-rekannya melalui gurun Sahara dan Mesir, mencapai Kairo, di mana kaisar akan dengan murah hati memercikkan uang atau emas. Dia menghabiskan begitu banyak emas sehingga mengacaukan ekonomi lokal dan menyebabkan inflasi massal selama 10 tahun setelah kepergiannya.

 

3 dari 3 halaman

Peninggalan Mansa Musa

Setelah kembali, Musa menjalankan misinya untuk merevitalisasi kota-kota di kerajaannya. Berkat perkembangan arsitekturnya di wilayah tersebut, reputasinya terus berkembang. Dia bekerja dengan cendekiawan Islam, termasuk keturunan langsung Nabi Muhammad dan seorang penyair dan arsitek Andalusia bernama Abu Es Haq es Saheli, dan membayar mereka hingga 200kg emas untuk usaha mereka.

Selain itu, dia juga membangun sekolah, perpustakaan, dan masjid serta membantu Timbuktu menjadi pusat budaya dan pendidikan.

Pada akhirnya Musa pun tutup usia pada tahun 1337 ketika menginjak 57 tahun. Takhta kerajaan kemudian jatuh ke tangan putra-putranya, namun akhirnya kerajaan itu runtuh.

Kekayaan yang sebenarnya

Menurut perkiraan, kekayaan bersih Mansa menyentuh angka USD 400 miliar hingga USD 500 miliar, meskipun mungkin sulit untuk menghitung secara detail kekayaan berdasarkan emas, garam, dan tanah. Namun, banyak sejarawan setuju bahwa kekayaannya "lebih kaya daripada yang bisa digambarkan siapa pun".

Namun demikian, Mansa Musa akan dikenang bukan hanya karena gunungan emasnya, tetapi juga karena kemurahan hati dan komitmennya terhadap keyakinan Islamnya, promosi pendidikan dan pembiayaan pengembangan budaya terbesar kerajaannya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.