Sukses

Erick Thohir di Peluncuran Vaksin IndoVac: Sejak Awal Saya Yakin, Indonesia Bisa Produksi Mandiri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan vaksin IndoVac, vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan vaksin IndoVac, vaksin Covid-19 produksi PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/10/2022). Peluncuran ini dihadiri sejumlah menteri yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri BUMN erick Thohir.

“Indovac (selama) 1,5 tahun juga diam, enggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi! Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Kesehatan, dorong terus Biofarma sehingga nanti akan betul menghasilkan revenue yang semakin besar bagi negara,” jelas Jokowi.

Erick Thohir menambahkan, dirinya dan Menteri Kesehatan terus-menerus melaporkan perkembangan pembuatan vaksin Indovac dari awal hingga sampai sampai mendapat izin edar kepada Presiden Jokowi. Hingga saat ini adalah momen yang ditunggu-tungg yaitu vaksin karya anak bangsa ini sudah jadi dan siap diedarkan.

"Vaksin IndoVac adalah pemberian nama dari Bapak Presiden, yang hari ini meluncurkan dan mengapresiasi vaksin dengan bahan baku lokal, karya anak bangsa," jelas dia.

Selama ini para menteri memang bekerja keras untuk menanggulangi pandemi Covid-19 dari berbagai sisi termasuk sisi kesehatan. Para menteri terus berdiplomasi ke luar negeri untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dua tahun lalu.

Erick Thohir pun juga mendorong agar BUMN juga bisa mengembangkan vaksin Covid-19 sendiri. Banyak yang belum tahu, Bio Farma sebagai BUMN yang memproduksi IndoVac adalah produsen vaksin ke-5 terbesar di dunia, memproduksi 3 miliar dosis vaksin yang diekspor ke 153 negara.

"Karena itu sejak awal saya yakin, vaksin Covid-19 di Indonesia bisa diproduksi mandiri, tanpa perlu impor," jelas Erick.

"Mulai hari ini, vaksin IndoVac di luncurkan," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Luncurkan Vaksin Indovac: Enggak Pernah Bersuara, Tahu-Tahu Jadi!

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja BUMN, PT Biofarma, yang berhasil melahirkan vaksin Covid-19 produksi dalam negeri. Diketahui, dalam pengerjaannya mulai dari hulu ke hilir, semua dikerjakan di Indonesia.

“Mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin covid sendiri. Saya kira sebuah kerja keras SDM-SDM muda kita dalam menggarap sebuah vaksin baru dari hulu ke hilir,” kata Jokowi saat peresmian Vaksin Indovac di Bandung, seperti dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (13/10/2022).

Jokowi juga memuji proses 1,5 tahun kelahiran Indovac yang tidak membutuhkan banyak suara. Menurut Jokowi, kerja dalam diam PT Biofarma perlu mendapat apresiasi.

“Indovac (selama) 1,5 tahun juga diam, enggak pernah bersuara, tahu-tahu jadi! Pak Menteri BUMN, Pak Menteri Kesehatan, dorong terus Biofarma sehingga nanti akan betul menghasilkan revenue yang semakin besar bagi negara,” harap Jokowi.

Jokowi menyebut, Biofarma memiliki rekam jejak unggul dalam memproduksi 3 miliar dosisi vaksin dan diekspor ke 153 negara. Biofarma termasuk produsen vaksin yang masuk dalam lima besar kategori produsen bermacam vaksin.

 

3 dari 3 halaman

Produksi

Nantinya, untuk Indovac, Biofarma juga mengaku siap melakukan produksi hingga 20 juta dosis di tahun pertama dan bertambah di tahun-tahun berikutnya jika dibutuhkan hingga 120 juta dosis.

“Mulai hari ini kita bisa memproduksi vaksin covid sendiri dengan kapasitas di tahun ini 20juta dosis, di tahun depan 40 juta dan kalau pasar masih memerlukan bisa mencapai 120 jt dosis vaksin,” Jokowi menutup.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.