Sukses

Lewat Album Baru Midnights, Taylor Swift Buktikan Tak Hanya Jago Nyanyi Tapi Juga Berbisnis

Desas-desus di sekitar rilis album ke-12 ini membuktikan Swift bukan hanya seorang penulis lagu yang hebat, tapi dia juga sosok yang jenius untuk memasarkannya.

Liputan6.com, Jakarta Promosi dari album terbaru Taylor Swift Midnights yang akan dirilis pada 21 Oktober mendatang membuktikan bahwa dia tidak hanya menjadi penyanyi terkenal, tapi juga sosok yang jenius dalam dunia bisnis dan pemasaran.

Video Swift sendiri yang mengumumkan nama trek satu per satu telah mengumpulkan lebih dari 83 juta viewers di TikTok. Bahkan ada 8 juta orang yang menyukai postingan pengumuman albumnya di Instagram. Ribuan penggemar memposting teori mereka tentang makna tersembunyi di balik pakaian, aksesori, dan pilihan kata.

Desas-desus di sekitar rilis album ke-12 ini membuktikan Swift bukan hanya seorang penulis lagu yang hebat, tapi dia juga sosok yang jenius untuk memasarkannya.

Kecerdasan promosinya telah menjadikan Swift sebagai salah satu artis rekaman terlaris sepanjang masa. Strateginya berisi pelajaran pemasaran yang melampaui industri musik dan hiburan. Seperti kesuksesan periklanan Ryan Reynolds setelah Deadpool, perusahaan dan CEO tidak diragukan lagi dapat mengambil manfaat dari mempelajari buku pedoman promosinya.

“Taylor Swift adalah salah satu artis pop utama yang paling terpolarisasi di luar sana. Orang-orang menyukainya atau membencinya,” kata pakar branding dan penulis buku laris The Kim Kardashian Principle: Why Shameless Sells (and How to Do it Right) Jeetendr Sehdev seperti dilansir Fortune, Rabu (12/10/2022).

“Ketika mencapai skala Richter yang ekstrem, Anda tidak hanya memiliki penggemar yang Anda buat menjadi fanatik. Orang-orang fanatik itu memiliki tingkat dedikasi yang melampaui apa pun yang pernah Anda lihat. Itu sesuatu yang lain,” sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terus-menerus menemukan jati dirinya

Hampir dua dekade lalu, Swift debut di panggung sebagai penyanyi country asli Nashville. Topi cowgirl, sepatu bot, dan rambut besar adalah bagian besar dari gaya pribadinya.

Sejak itu, dia menemukan kembali jati dirinya. Ada era glamor 1989, di mana dia tampil di Victoria's Secret Fashion Show dan mengelilingi dirinya dengan supermodel. Kemudian saat 2017, ia mengadopsi kepribadian edgy dengan pakaian serba hitam dan lagu-lagu seperti "I Did Something Bad”.

Sementara itu, dalam film dokumenter Netflix 2020 Miss Americana, Swift berbicara tentang tekanan yang dia rasakan untuk terus-menerus menemukan kembali dirinya sendiri.

"Artis wanita yang saya tahu harus membuat ulang diri mereka sendiri, seperti, 20 kali lebih banyak daripada artis pria," kata Swift, "atau Anda akan kehilangan pekerjaan."

Swift telah menguasai keterampilan ini, yang sangat penting di era digital, kata pakar manajemen André Spicer dalam The Guardian.

“Dalam ekonomi digital kita, menjadi menarik adalah aset yang berharga,” tulis Spicer. “Waktu senggang kami telah menjadi pencarian tanpa akhir untuk mengumpulkan cita rasa sempurna dari teman, pengalaman, dan objek menarik untuk dibagikan melalui umpan media sosial kami.”

Swift telah berhasil melakukan ini sambil tetap tetap otentik dan jujur pada dirinya sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Ikuti taktik Marvel

Ini adalah taktik serupa yang digunakan oleh franchise superhero Marvel yang sangat sukses, seperti di Thor, ketika Dr. Selvig merujuk SHIELD dari The Avengers. Penggemar sering mencari referensi ini di Google, berusaha untuk lebih memahami.

“Memanggil kembali Taylor ke lagu-lagu masa lalu adalah langkah yang cerdas. Ini adalah pengingat bagi penggemar lamanya bahwa dia bukan pemula dan dia sudah ada untuk sementara waktu,” kata Sehdev.

“Untuk menemukan jawaban, mereka mencari petunjuk dalam karya seniman masa lalu, yang meningkatkan aliran dan penjualan untuk rilisan lama, memasarkannya ke publik dengan cara baru. Ini mengarah pada pertumbuhan basis penggemar artis,” tulis Ausdal. “Saat penggemar bekerja sama untuk memilah petunjuk, kegembiraan tentang artis menyebar ke orang-orang yang awalnya tidak dikenal.”

Dengan menggunakan taktik ini, Swift melatih para penggemarnya untuk mencari makna tersembunyi di balik setiap penampilannya atau juga di sosial medianya.

 

4 dari 4 halaman

Merchandising dan kemitraan bisnis

Merchandise Swift biasanya berupa kaus dan gantungan kunci biasa.

Dia baru-baru ini mengungkapkan tentang empat edisi vinyl terpisah dari Midnights membentuk sebuah jam. Detail ini menggetarkan penggemar dan mungkin akan mendorong penjualan album lebih tinggi karena mereka menuntut untuk membeli keempat edisi tersebut.

Di masa lalu, dia merilis semuanya mulai dari handuk piring hingga anting opal yang mempromosikan album dan lagunya. Para penggemar memuji kualitas dan desain karya-karyanya yang dengan cepat terjual habis.

Perhatiannya terhadap detail meluas ke kemitraan bisnis strategis, kata pakar pemasaran dan karier Christoper Ming.

“Tentu, bekerja dengan merek seperti Apple Music, Elizabeth Arden, dan Diet Coke terasa seperti tidak perlu dipikirkan lagi,” tulis Ming. “Tetapi dibutuhkan sejumlah kecerdasan pemasaran untuk membuat kampanye dengan NCAA Football, United Postal Service, dan karya Papa John. Namun mereka semua melakukannya.”

Swift dan timnya, terutama humas Tree Paine, kemungkinan besar telah berhasil membuat Midnights sukses besar.

Hampir dua dekade dalam karier musiknya, strategi pemasaran Swift yang cerdas kemungkinan akan memperkuat kesuksesan barunya di tahun-tahun mendatang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.