Sukses

Pupuk Indonesia Bantu Sertifikasi dan Biayai Pendidikan 578 Guru

PT Pupuk Indonesia (Persero) memberikan bantuan kepada para 578 guru untuk kegiatan Pelatihan Pendidikan Profesi Guru dan penggantian biaya ujian sertifikasi.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka bakti BUMN kepada profesi guru, PT Pupuk Indonesia (Persero) memberikan bantuan kepada para 578 guru untuk kegiatan Pelatihan Pendidikan Profesi Guru dan penggantian biaya ujian sertifikasi. Kegiatan ini dilakukan oleh Pupuk Indonesia di Provinsi Lampung.

Senior Vice President (SVP) Umum dan TJSL Pupuk Indonesia, Yana Nurahmad Haerudin mengatakan bahwa bantuan yang diberikan perusahaan kepada 578 guru ini merupakan komitmen Bersama Kementerian BUMN tentang Sertifikasi Guru. Pada program ini, terdapat dua kegiatan besar yaitu Pelatihan Pendidikan Profesi Guru dan penggantian biaya ujian sertifikasi.

“Pupuk Indonesia menjalankan program tersebut khusus di Provinsi Lampung, dengan rincian pelatihan ujian sertifikasi guru dengan estimasi peserta 200-500 guru. Lalu penggantian biaya ujian ulang dengan estimasi 301 peserta guru,” ungkap Yana, Rabu (12/10/2022).

Yana menjelaskan bahwa program pelatihan Pendidikan profesi guru serta  penggantian biaya ujian sertifikasi berkolaborasi dengan 8 (delapan) BUMN lain, dan PT Pupuk Indonesia mendapat tanggung jawab sebagai PIC provinsi Lampung.

Adapun kriteria profesi guru yang bisa mendapatkan program ini adalah para guru yang telah memiliki pengalaman mengajar dan belum memiliki sertifikat.

Mengenai jadwal pelaksanaan program, Yana mengungkapkan pelatihan Pendidikan profesi guru dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 Oktober 2022 sebagai kegiatan persiapan bagi peserta ujian sertifikasi guru yang akan dilaksanakan oleh Kemendikbud RI tanggal 15-17 Oktober 2022, Sedangkan untuk kegiatan penggantian biaya ujian sertifikasi akan dilaksanakan secara serentak pada Hari Guru, yaitu 25 November 2022.

“Sebaran guru-guru yang dituju dalam program ini adalah guru PAUD, SD, SMP, SMA/SMK serta guru Sekolah Luar Biasa (SLB),” jelasnya.

Program Bakti BUMN untuk guru dilaksanakan di lima provinsi secara serentak di Provinsi Maluku, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Jawa Barat,  Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Lampung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pupuk Indonesia Punya Strategi Ciptakan SDM Berkualitas Global

PT Pupuk Indonesia (Persero) berkomitmen untuk melaksanakan transformasi sumber daya manusia (SDM) atau human capital demi menjadi perusahaan berkelas dunia. Hal ini akan membawa Pupuk Indonesia menjadi perusahaan top global yang sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta BUMN untuk bertransformasi dan berinovasi.

Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia, Tina T Kemala Intan, mengatakan bahwa Pupuk Indonesia melakukan transformasi human capital dengan menerapkan tiga inisiatif strategis.

Pertama, memperkuat organisasi melalui strategi talenta yang lebih baik. Kedua, memperkuat talent sourcing, keberagaman, rasa keterikatan terhadap perusahaan, dan afiliasi karyawan. Ketiga, menciptakan budaya perusahaan yang kolaboratif dan berkinerja tinggi.

Pupuk Indonesia, dikatakan Tina dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkelas dunia diawali dengan memperkuat strategi pemilihan talenta yang meliputi pemilihan karyawan yang berkinerja unggul, penerapan nilai-nilai utama AKHLAK, memiliki kompetensi serta learning agility yang dipersyaratkan untuk menghadapi tantangan ke depan. Selanjutnya para talenta unggul (top talent) diterjunkan ke berbagai proyek strategis yang terbukti memiliki dampak positif terhadap EBITDA.

Selain strategi di atas, Pupuk Indonesia juga mendorong pegawai melakukan inovasi yang tidak hanya bersifat continuous improvement namun juga breakthrough secara masif di seluruh Pupuk Indonesia Grup. Berbagai inovasi tersebut memberikan dampak yang signifikan bagi kinerja Pupuk Indonesia Grup.

Pupuk Indonesia juga terus berkomitmen untuk meningkatkan jumlah dan kualitas talenta unggul dengan melakukan percepatan dalam menghasilkan kader-kader unggul, mendorong keberagaman dan inklusivitas dengan mencetak lebih banyak para pemimpin muda dan para pemimpin perempuan.

3 dari 3 halaman

Program Lainnya

Program strategis lainnya adalah meningkatkan kemampuan kepemimpinan para leader di bidang pengelolaan dan pengembangan SDM bagi unitnya. Mengingat tugas para leader tidak hanya mengejar target namun yang juga penting adalah mengembangkan kapabilitas timnya.

“Tidak hanya itu, Pupuk Indonesia juga melakukan transformasi pada sistem dan proses bisnis serta digitalisasi dalam pengelolaan dan pengembangan SDM-nya menjadi single platform secara bertahap namun serentak di seluruh Pupuk Indonesia Grup. Tahap berikutnya dalam transformasi SDM ini mengintegrasikan Human Capital Information System (HCIS). Hal ini sejalan dengan transformasi digital di Pupuk Indonesia,” ujar Tina.

Dampak dari peningkatan kinerja sebagai hasil transformasi perusahaan, tentunya juga dirasakan oleh pegawai berupa meningkatnya kesejahteraan.

Transformasi Pupuk Indonesia tidak hanya berhenti di situ, sebagai salah satu BUMN besar tentunya harus menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan dan terus bertumbuh serta diharapkan menjadi salah satu world class company.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.