Sukses

Terkuak, 4 Alasan Karyawan Tetap Bertahan Meski Punya Bos Toxic

Mungkin beberapa individu sering mempertanyakan jika bos toxic atau beracun begitu mengerikan, lantas mengapa para karyawan masih bertahan?

Liputan6.com, Jakarta Saking menurut dengan bos, seorang karyawan biasanya tidak menyadari bahwa sang atasan itu toxic atau beracun. Mungkin beberapa individu sering mempertanyakan jika bos toxic atau beracun begitu mengerikan, lantas mengapa para karyawan masih bertahan?.

Dari sisi psikolog, ternyata ada empat alasan hal itu bisa terjadi. Hal itu tentu berkaitan dengan cara pikiran Anda bekerja, kata seorang psikolog organisasi di Claremont McKenna College Ronald Riggio.

Riggio tahu karena telah menghabiskan hampir tiga dekade meneliti dan mengajarkan topik tersebut, sambil menjadi konsultan melayani para kliennya untuk organisasi. Dia mengatakan banyak bos yang buruk tidak layak untuk memimpin karena mereka sering narsis, tidak benar-benar peduli pada karyawan, dan akan melakukan apa saja untuk mendapatkan hasil terbaik, sekalipun dengan mengorbankan orang lain atau moral dasar.

Namun, banyak pula dari sosok manajer atau bos yang seperti itu justru memiliki pengagum dan memegang posisi kekuasaan, dari dunia bisnis hingga politik, kata Riggio. Ambil contoh pemimpin dunia di 57 negara saat ini dipimpin oleh diktator yang digambarkan Riggio sebagai tidak etis, tidak stabil, atau tidak kompeten.

Seseorang tidak selalu tahu bahwa mereka akan memiliki bos yang toxic ketika sedang wawancara kerja, tetapi begitu mereka sudah diterima, mereka dapat tetap setia kepada manajer yang buruk itu selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Terutama karena mereka memiliki gagasan yang salah tentang seperti apa kepemimpinan yang baik itu atau karena mereka mencoba menuai keuntungan pribadi dari hubungan itu, kata Riggio.

“Seringkali kecenderungan manusiawi kita sendiri; kami menjaga mereka tetap berkuasa, ”kata Riggio seperti melansir CNBC, Rabu  (12/10/2022). Jadi, berikut ini empat alasan spesifik utama menurut Riggio terkait alasan seseorang orang tetap bertahan mengikuti pemimpin yang buruk atau toxic.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bingung membedakan antara kesombongan dan narsisme

Kekuatan dan kepercayaan diri menjadi kualitas kepemimpinan yang terpenting. Akan tetapi, seseorang terkadang keliru menganggap kesombongan dan narsisme sebagai kekuatan, kata Riggio.

Sebuah studi Universitas Amsterdam pada tahun 2011 secara acak menugaskan seorang pemimpin ke kelompok peserta yang berbeda, meminta setiap tim menyelesaikan tugas kelompok dan menilai pemimpinnya. Peserta menilai pemimpin yang paling narsis sebagai yang paling efektif, bahkan jika pemimpin tersebut benar-benar menghambat komunikasi dan merusak kinerja kelompok mereka.

Narsisme yang buruk meyakinkan mereka bahwa bos selalu benar, jadi mereka menolak bantuan dari orang lain dan tidak belajar dari kesalahan mereka, kata Riggio.

“Kami tertarik pada orang-orang yang tampak kompeten — seperti mereka dapat mengambil alih dan menangani peran kepemimpinan,” jelasnya. “Tapi mereka bisa menjadi narsisis, dan hal-hal bisa menjadi tidak terkendali.”

2. Jatuh ke dalam ‘kemalasan kognitif’

Jika Anda pernah memiliki bos yang buruk, Anda mungkin berpikir, “Saya tidak ingin melalui upaya mencari tahu bagaimana menangani situasi ini. Kedengarannya melelahkan.”

Sebaliknya, Anda menemukan cara untuk meyakinkan diri sendiri bahwa bos Anda sebenarnya baik-baik saja. Riggio menyebut perasaan itu “kemalasan kognitif”.

“Kami menjadi malas dan menerima hal-hal apa adanya,” katanya.

Ketika bos yang buruk melakukan sesuatu yang salah, karyawan sering memberi “izin” alih-alih meminta pertanggungjawaban karena mereka berpikir bos itu berkuasa di atas aturan. Namun, itu justru termasuk bos yang buruk karena terlibat dalam perilaku yang lebih buruk tanpa konsekuensi.

Selain itu, para karyawan juga cenderung mempercayai orang lain yang serupa dengan bos, kata Riggio. Jika rekan kerja tampaknya mendukung bos yang jahat, Anda mungkin merasa harus mengikuti kawanan daripada mengambil sikap lain. Sementara bos Anda bisa tetap berkuasa tanpa dipertanyakan.

 

3 dari 3 halaman

3. Menyamakan hasil baik dengan kepemimpinan baik

Menurut Anda, bos Anda mungkin termasuk manajer yang toxic. Sementara bagi orang lain, bos itu mungkin seseorang yang mampu memberikan hasil yang berharga, seperti peningkatan laba atau kesepakatan penjualan yang sukses.

“Bagi para pemimpin itu, tujuan membenarkan cara,” kata Riggio. “Jika mereka tampak efektif, orang tidak akan mempertanyakan bagaimana mereka sampai di sana.”

Bos yang buruk mungkin tampak mudah untuk mendapatkan hasil yang baik, tetapi sering kali melibatkan “kerusakan tambahan”, seperti menciptakan tempat kerja yang toxic dengan memperlakukan karyawan dengan buruk atau membuat keputusan yang tidak etis, kata Riggio.

Penelitian dari Society for Human Resource Management menunjukkan bahwa tempat kerja yang toxic pada akhirnya memiliki efek negatif pada laba bisnis, terutama mengingat biaya pergantian jika sifat-sifat beracun tersebut pada akhirnya meyakinkan pekerja untuk pergi .

4. Menikmati kekuatan asosiasi

Atasan sering memegang kekuasaan dalam sebuah perusahaan atau kelompok. Riggio mengatakan beberapa orang mengaktifkan dan membantu atribut terburuk manajer dengan harapan mendapatkan imbalan atas loyalitas, seperti promosi atau kenaikan gaji.

“Pemimpin yang buruk menarik orang-orang yang mengelilingi mereka karena mereka suka terhubung dengan orang yang kuat,” jelasnya.

Riggio mendukung seseorang untuk mengenali kecenderungan psikologis ini, sehingga mereka dapat mengenali ketika mereka mengikuti bos yang toxic. Selain itu, hal ini juga membantu memahami seperti apa bos yang baik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.