Sukses

Jelang Uji Coba, Menko Luhut Bakal Tinjau Kereta Cepat Jakarta-Bandung Pekan Depan

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan atau Menko Luhut akan meninjau pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pekan depan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan atau Menko Luhut akan meninjau pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pekan depan. Langkah ini dilakukan menyusul rencana uji coba yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping.

"Saya Selasa (pekan depan) ninjau kesana (Kereta Cepat Jakarta-Bandung)," kata dia saat ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (7/10/2022).

Untuk diketahui, pada 1 Oktober 2022 lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga telah melakukan kunjungan ke proyek KCJB. Dia mengecek area stasiun di Tegalluar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Hingga saat ini progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah mencapai 88 persen. Proyek transportasi ini diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2023.

Kendati megaproyek ini masih menemui beberapa kendala. Salah satunya adanya pembengkakan biaya atau cost overrun.

Namun, Menko Luhut belum berbicara banyak soal besaran bengkakan biaya tersebut. Soal ini, besaran cost overrun bakal dikeluarkan oleh Komite Kereta Cepar Jakarta-Bandung yang dipimpin Menko Luhut.

"Ya nanti dengan keputusannya tanggal 16," kata dia singkat.

Menurut catatan Liputan6.com, pembengkakan biaya sementara berada di angka USD 1,176 miliar. Selanjutnya, akan diputuskan angka final oleh Komite KCJB setelah adanya rapat komite.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Ditinjau Menhub

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terus dikebut jelang pelaksanaan showcase G20. Untuk memastikan hal tersebut Menhub melakukan kunjungan kerja ke sejumlah area proyek KCJB pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Kunjungan kerja dilakukan di Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung. Di Stasiun Tegalluar Menhub Budi Karya Sumadi melihat kesiapan area stasiun.

"Apa yang saya lakukan hari ini adalah memastikan bahwa kunjungan Pak Presiden dengan Presiden Xi Jinping bisa dilaksanakan dan apa yang sudah dipersiapkan oleh PT KCIC bisa berjalan dengan baik," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (2/10/2022).

Di Stasiun Padalarang, Budi Karya Sumadi memastikan proses integrasi kereta api cepat Jakarta-Bandung dengan kereta api feeder yang disediakan PT KAI.

Perjalanan dari Stasiun Halim Jakarta menuju Stasiun Padalarang diketahui memakan waktu 30 menit. Kemudian perjalanan lanjutan dengan menggunakan KA Feeder menuju Stasiun Bandung dengan waktu perjalanan 22 menit.

"Pada acara G20, Presiden Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping akan menggunakan Kereta CIT atau kereta inspeksi dan melihat langsung teknologi kereta CIT," ujar Presiden Direktur PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi.

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan 15 Km

Selain itu, rombongan presiden nantinya akan melakukan perjalanan sepanjang 15 km dengan kecepatan sementara dibatasi sampai dengan 80 km per jam dari area Kopo, Bandung hingga Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

"Gelaran G20 ini menjadi salah satu fokus kami saat ini. Di sisi lain kami juga terus melakukan percepatan pembangunan dan penyelesaian agar proyek KCJB ini bisa selesai sesuai dengan target," ujarnya.

Dwiyana pun meminta dukungan masyarakat agar pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung bisa berjalan lancar.

"Kami mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar proyek ini bisa berjalan dengan baik dan bisa beroperasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.