Sukses

Forum P20 Diwarnai Aksi Kecam ke Rusia

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina diduga menjadi salah satu penyebab tidak adanya kesepakatan bersama dalam pertemuan Parlemen 20 (P20).

Liputan6.com, Jakarta Ketegangan antara Rusia dan Ukraina diduga menjadi salah satu penyebab tidak adanya kesepakatan bersama dalam pertemuan Parlemen 20 (P20).

Anggota Komisi I DPR-RI, Fadli Zon mengatakan banyak kesepakatan-kesepakatan yang dicapai tapi ada yang tidak disepakati terkait perang Rusia dan Ukraina.

"Kesepakatan-kesepakatan yang dicapai cukup banyak tapi ada yang tidak disepakati terkait dengan perang Rusia dan Ukraina," kata Fadli Zon kepada wartawan di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

Fadli menuturkan selama 2 hari pelaksanaan forum P20, negara-negara Eropa memberikan kecaman kepada Rusia. Mengingat geopolitik ini disebabkan invasi yang dilancarkan Rusia kepada Ukraina pada Februari lalu.

"Kita lihat dalam dua hari ini pernyataan-pernyataan dari sejumlah negara uni eropa termasuk Inggris itu juga tentu saja mereka ingin ada satu keinginan untuk kecaman yang keras kepada pihak Rusia," tutur Fadli.

Namun Rusia yang dihadiri langsung oleh Ketua Parlemen, Valentina Matviyenko menentang adanya kecaman yang diarahkan kepada negaranya. Apalagi dikaitkan dengan sejarah 2014 dan terkait referendum sebagai kehendak dari masyarakat.

"Jadi ada dua pandangan yang totally different atau ekstrim," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hargai Hukum Internasional

Menanggapi ketegangan tersebut, Fadli mengatakan Indonesia menghargai hukum internasional yang berlaku. Sebab Indonesia menganut politik bebas aktif.

Sehingga dalam konteks ini, Indonesia yang juga menjadi pemimpin Presidensi G20 justru ingin menjadi juru damai dari pihak-pihak yang bersitegang. Bahkan, Politikus Partai Gerindra ini menyebut Rusia sudah menawarkan diri untuk berdiskusi.

"Kita sebenarnya ingin menjadi bridge builder. Kita ingin menjadi jembatan. Ingin memfasilitasi tapi kelihatannya belum ketemu," kata Fadli.

 

3 dari 3 halaman

Tawaran Rusia Ditolak

Hanya saja, ajakan dari Rusia tidak disambut dengan baik Ukraina dan negara-negara Eropa. Alhasil ketegangan tersebut masih terus berlanjut.

"Dari pihak Rusianya ingin menawarkan langsung kan kemarin. Ayo mumpung kita duduk, kenapa kita tidak bicara? Tapi kelihatannya belum bisa dari pihak Ukraina maupun Uni Eropa," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.