100 Tahun Eka Tjipta: dari UMKM dan Terus Membantu UMKM

Oleh Liputan6.com pada 07 Okt 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 07 Okt 2022, 14:45 WIB
Peringatan 100 tahun hari kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. (Dok Sinar Mas)
Perbesar
Peringatan 100 tahun hari kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. (Dok Sinar Mas)

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan hidup Eka Tjipta Widjaja yang merupakan pendiri Sinar Mas menjadi memori yang membekas dihati bagi seluruh karyawan dan pihak-pihak yang terbantukan. Karya yang sudah ditorehkan dan visi Eka Tjipta menjadi pegangan bagi seluruh perusahaan Grup Sinar Mas dalam menjalankan bisnis berkelanjutan.

Untuk memperingati perjalanan 100 tahun Eka Tjipta Widjaja maka diadakanlah acara Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja. Sinar mas hingga saat ini masih mengedepankan nilai nilai integritas, sikap positif, komitmen, perbaikan berkelanjutan, inovasi, dan loyalitas.

Berbagai kegiatan termasuk bakti sosial mengiringi 100 tahun Eka Tjipta Widjaja, dimana semangat gotong royong dan berbagi melekat pada sosok Eka Tjipta .

Ketua Umum Eka Tjipta Foundation Hong Tjhin mengatakan, Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja mulai dari menanam 100 pohon lebih, operasi 280 pasien katarak, hernia, bibir sumbing dan juga donor darah hampir 100 titik.

“Kita sudah memesan 100 souvenir yang akan kami bagikan sebagai diplomasi dari nilai-nilai Sinar Mas, sehingga Pak Herman selaku pengrajin souvenir ini sudah mendapat dampak dan manfaatnya bermitra dengan keluarga besar Sinar Mas,” Kata Hong Tjhin, Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja, Jumat (7/10/2022).

Nanti kedepannya Eka Tjipta dan Sinar Mas akan terus bahu-membahu meningkatkan kemampuan UMKM binaan Sinar Mas. “3 Oktober yang lalu Presiden Jokowi sudah meresmikan launching gerakan nasional kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas” ungkapnya.

"Pak Eka Tjipta selalu mengingatkan dan menanamkan kepada kita nilai integritas dan kerja kerja keras untuk 100 tahun kedepan dan melestarikan nilai- nilai Sinarmas," kata dia. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Nilai-Nilai Eka Tjipta Widjaja

Peringatan 100 tahun hari kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. (Dok Sinar Mas)
Perbesar
Peringatan 100 tahun hari kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. (Dok Sinar Mas)

Sinar Mas yang dulu berasal dari UMKM tak lupa dari asalnya. Banyak suka duka, susah senang dilalui Eka Tjipta Widjaja bersama sepedanya membawa Sinar Mas dari nol menjadi mahakarya. Hal ini yang tak lepas dari nilai luhur yang menjadi kompas dan pedoman bagi keluarga besar Sinar Mas.

Komisaris Sinar Mas Franky Oesman Widjaja (Oei Cong Lian), juga mengatakan pada syukuran 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja ini telah menciptakan nilai-nilai, pondasi, navigator yang bisa membawa Sinarmas hingga hari ini.

“Dalam suatu bernegara kita berterima kasih sekali kepada karyawan, direksi, komisaris, sinar visor semua sudah membawa Sinarmas pada hari ini, ini yang patut kita syukuri, dan tentu sosial politik kita yang aman dan tentram” ungkap Franky Oesman Widjaja.

Ia menyingkap 2 tahun Covid pemerintah juga melakukan penangan yang baik terutama pada sektor perusahaan, pertanian tidak stop atau diberhentikan, menjadi keberuntungan pada ekspor Sinarmas masih stabil.

“Pertumbuhan kita hingga sekarang, kemarin 3 oktober kemarin yang diresmikan pak Presiden Jokowi untuk mitra close club untuk UMKM naik kelas, terima kasih teman- teman yang sudah berpartisipasi di Sinarmas” ungkapnya.

 


Optimistis

Peringatan 100 tahun hari kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. (Dok Sinar Mas)
Perbesar
Peringatan 100 tahun hari kelahiran pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja. (Dok Sinar Mas)

Sinarmas optimis 2023 hingga 2025 memprediksi bahwa Indonesia berada di posisi ke-7 di dunia dalam segi ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

“Presiden Jokowi bilang ini bagus sekali, karena masyarakat kita sejahtera bukan dari segi ekonomi saja tapi juga mereka aman dan tentram sehingga negara kita bisa ke next level lagi semoga 2025 bisa berada di posisi 4 di dunia” ungkapnya.

Pondasi untuk mencapai tersebut kita memang harus gotong royong dan kokoh dalam pencapaian tersebut, dari pemerintah yang bagus, perusahaan yang ikut serta dan dukungan masyarakat Indonesia.

Infografis miliarder dunia
Perbesar
Jumlah miliarder dunia di setiap benua (liputan6,com/Deisy)
Infografis Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2018
Perbesar
Infografis Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2018. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya