Pelaku Industri Kian Bersaing Hasilkan Produk Energi Bersih

Oleh Liputan6.com pada 06 Okt 2022, 22:30 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 22:40 WIB
HEATECH INDONESIA, sebuah kegiatan pameran yang khusus terfokus pada teknologi pemanas, diluncurkan pertama kalinya di tahun 2019
Perbesar
HEATECH INDONESIA, sebuah kegiatan pameran yang khusus terfokus pada teknologi pemanas, diluncurkan pertama kalinya di tahun 2019

Liputan6.com, Jakarta Salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam mendorong laju perkembangan industri nasional adalah mendukung penerapan teknologi tepat guna yang dapat meningkatkan produktivitas dan sekaligus memanfaatkan sumber energi bersih, baru dan terbarukan.

Teknologi yang tepat akan membantu mengurangi down time dan bersamaan meningkatkan mutu produksi. Sementara pemanfaatan sumber energi yang bersih, baru dan terbarukan mendukung efisiensi energi serta berdampak aman bagi lingkungan.

Dari berbagai elemen industri, proses pemanasan untuk menghasilkan kalori bagi menunjang produksi merupakan komponen penting yang menjadi perhatian bagi pemerintah, kalangan industri dan pemangku kepentingan lainnya.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian dan Kementerian Ketenahakerjaan menggariskan kebijakan dan memberikan dukungan bagi kebutuhan industri dalam menggunakan teknologi pemanas yang aman dan efisien.

HEATECH INDONESIA, sebuah kegiatan pameran yang khusus terfokus pada teknologi pemanas, diluncurkan pertama kalinya di tahun 2019, dengan tujuan menjadi wadah bagi penyedia teknologi dan layanan, pembuat kebijakan serta pengguna untuk dapat saling berinteraksi dan bertukar pandangan sehingga menciptakan sinergi dalam menjawab tantangan industri nasional untuk bersaing secara global.

Didukung dengan program dan aktivitas seperti Bimbingan Teknis, Podcast, Seminar dan Demo Langsung, HEATECH INDONESIA membuka peluang untuk pertukaran informasi, update dan menghadirkan solusi – solusi inovatif.

Direktur PT Media Artha Sentosa Teddy Halim sebagai penyelenggara HEATECH INDONESIA mengatakan, pameran ini kembali menjumpai para pemangku kepentingan secara tatap muka langsung di 2022.

"Antusiasme pasar sangat nyata, dengan kehadiran peserta dari berbagai negara termasuk Jepang, India, Korea Selatan, dan negara tetangga kita Vietnam, Thailand, dan tentunya, dari negeri sendiri. Kami berharap HEATECH INDONESIA bersama dengan EXPO BOILER dan EXPO BIOMASS dapat membuka peluang bagi industri untuk saling belajar dan menemukan inovasi baru untuk meningkatkan produktivitas industri,” katanya, Kamis (6/10/2022).

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Dukungan Kemenperin

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita
Perbesar
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara Focus Group Discussion (FGD) B20 Side Event - Ready to eMove di Jakarta, Selasa (4/10). Saat ini sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi sepeda motor listrik dengan kapasitas satu juta unit kendaraan per tahun dan ditargetkan meningkat hingga dua juta unit hingga tahun depan. (Dok. Kemenperin)

Harapan dari kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, khususnya Direktorat Jenderal ILMATE, yang menghadirkan sebuah pavilion nasional di HEATECH INDONESIA.

“Kita dapat mencapai Indonesia Maju, Indonesia Tumbuh bersama sama, melalui kedaulatan industri nasional menuju daya saing global. HEATECH INDONESIA adalah jalur tepat bagi produk Indonesia untuk tampil dan meningkatkan kompetensi industri lokal,” kata Taufik Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI.

Terkait dengan kebutuhan teknologi pemanas, EXPO BIOMASS khusus menyoroti produk, inovasi dan solusi energi berbasis biomassa. Masyarakat Energi Biomassa Indonesia (MEBI) menghadirkan pavilion dan podcast untuk menampilkan solusi energi biomassa dan edukasinya.

 


Kembangkan Biomassa

Menko Luhut Resmikan PLTS di Bali untuk Perkuat G20 dalam Transisi Energi Terbarukan
Perbesar
Panel surya terpasang di Danone - Aqua Mambal, Badung, Bali, Rabu (31/8/2022). Panel surya yang baru saja diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ini guna mendukung energi hijau serta rangkaian memperkuat pelaksanaan G20 dalam transisi energi berkelanjutan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Umum MEBI Sumanggar Milton Pakpaha menjelaskan, Misi dari MEBI adalah untuk mengembangkan energi biomassa dalam mendukung ketahanan energi nasional dan perekonomian Indonesia secara berkelanjutan.

Partisipasi dan keterlibatan MEBI pada HEATECH INDONESIA inimerupakan salah satu wujud implementasi dari misi MEBI, khususnya bagi industri nasional.

"Kami berharap, pemahaman dan kesadaran akan manfaat energi biomassa dalam teknologi pemanas dapat terus bertumbuh dan penggunaan produk biomassa sebagai alternatif sumber energi dapat terus meningkat,” pungkasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya